Paduan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Minimalis

Back again to our blog para readers!

Dari judulnya saja sudah jelas, bahwa artikel kali ini untuk menjelaskan ke kamu terkait paduan warna cat rumah yang bagus dan minimalis. Pemilihan warna cat tentunya tidak boleh asal, agar hasilnya menawan dan sesuai dengan ekspektasi kamu. Indah dan menawannya rumah kerap kali dinilai dari segi warna cat dinding rumah sehingga pemilihan warna cat adalah hal yang sangat penting.

Mengganti warna cat dinding pada rumah bukan hanya untuk memperbaharui suatu tampilan rumah, melainkan juga bisa menghadirkan suasana baru dalam rumah. Dan buat kamu para readers yang ingin mengganti warna cat dinding kamu yang sebelumnya polos menjadi dua warna berbeda. Kamu harus memperhatikan pemilihan warnanya dengan seksama. Jangan sampai kamu salah dalam pemilihan warnanya, karena pemilihan yang salah dapat menjadikan warna rumahmu menjadi kurang atraktif.

Warna Cat Rumah

Buat kamu yang masih bingung dalam memadukan warna cat rumah yang bagus dan minimalis, berikut tips untuk kamu dalam memadukan warna cat rumah yang bagus dan minimalis:

Manfaatkan dengan Baik Cakram Warna

Dari ketiga warna cat dasar, yakni merah, kuning, dan biru, akan diperoleh warna-warna sekunder, tersier, serta turunannya. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan warna yang serasi dan harmonis ialah dengan memilih warna-warna yang bersebelahan. Namun, jika kamu berkeinginan untuk memperoleh warna yang cukup kontras tapi tetap serasi dan tidak terlihat norak, warna yang berseberangan, maupun warna yang membentuk sudut 90o dapat saling melengkapi dan menghasilkan kombinasi perpaduan yang harmonis.

Skema Warna Cat
Sumber https://insideoutstyleblog.com/

Sesuaikan dengan Dimensi Ruang

Untuk kamu para readers yang memiliki ruang yang cukup sempit pada rumahmu, warna putih, kuning muda serta coklat muda bisa menjadi alternatif kamu dalam pemilihan warna cat. Karena ketiga warna tersebut dapat membuat rumahmu akan terasa lebih luas. Namun, bukan berarti warna rumah kamu terbatas. Warna gelap dapat tetap kamu aplikasikan pada furniture rumah kamu, tapi dengan porsi yang sesuai.

Baca Juga : 15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

Tentukan Konsep bagi Setiap Ruang

Rumah bergaya minimalis tidak selamanya harus monoton, kamu bisa memadukan konsep pop art dan kontemporer pada konsep desain rumah kamu. Hal terpenting yang harus kamu tanmankan ialah setiap ruang yang terdapat dalam rumah harus didesain sebaik mungkin untuk memberikan kenyamanan yang terhakiki sesuai dengan fungsinya.

Warna Cat Pada Kamar Anak
Sumber https://www.dwell.com/

Biasanya untuk kamar tidur anak, perpaduan warna terang sangatlah baik. Untuk memberikan kesan kecerian bagi si buah hati. Sedangkan untuk kamar tidur bagi mereka yang sudah dewasa, biasanya dikonsepkan dengan warna yang sedikit lebih gelap namun alami, untuk memberikan kesan kenyamanan setelah lelah beraktifitas seharian sehingga memberikan kesan kenyamanan saat beristirahat.

Warna Cat Pada Kamar Orang Dewasa
Sumber https://archlux.net/

Point of Interest

Setiap ruang harus memiliki ciri khas serta karakteristiknya tersendiri (point of interest). Sehingga setiap ruang memiliki jati dirinya tersendiri. Tentu hal tersebut menjadikan perpaduan warna menjadi hal terpenting yang tidak boleh terlewatkan.

Baca Juga : 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

Warna Cat Berbeda Sebagai Pembatas Ruang 

Setiap ruang memiliki fungsinya tersendiri. Setiap ruang dengan ruang lainnya tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada ruang dengan konsep open plan, menjadikan beberapa ruang tergabung dalam satu ruang sekaligus sehingga warna yang berbeda dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membatasi fungsi setiap ruang.

Warna Cat Berbeda Sebagai Pembatas Ruang
Sumber https://www.archiscene.net/

Nah buat kamu para readers yang masih bingung dalam menentukan perpaduan warna cat rumah, berikut beberapa rekomendasi perpaduan cat agar rumahmu dapat terlihat elegan dan minimalis:

Hijau Mint dan Abu-Abu Pucat

Hijau mint + abu-abu pucat sangat indah untuk dikombinasikan. Kesan alamiah akan langsung terasa di ruangan dengan perpaduan kedua warna tersebut. Agar lebih fresh, kamu dapat mengubah warna perabotmu menjadi warna putih.

Ungu dan Merah Tua

Siapa bilang warna bold sukar untuk disatukan? Warna merah tua serta ungu yang dominan ternyata dapat menjadi perpaduan warna menarik apabila dipulaskan pada satu ruangan yang sama. Agar ruangan tidak terkesan berat, tipsnya ialah menggunakan warna merah pada dinding dan warna ungu pada langit-langit/ plafond rumah. Dijamin ruanganmu dapat menarik perhatian karna keunikannya.

Putih dan Kuning

Jika kamu ingin menghadirkan suasana yang baru pada ruangan yang lebih segar serta berbeda, langsung saja mengganti cat rumahmu  dengan warna yang dapat mencuri perhatian, yakni perpaduan antara warna kuning dan putih. Kedua warna tersebut dapat menghasilkan kesan ceria dan terang. Apalagi jika ruanganmu didukung dengan banyaknya bukaan untuk pencahayaan alami.

Peach dan Hitam

Peach dan warna hitam juga dapat menjadi alternatif buat kamu dalam menghadirkan kesan minimalis. Warna peach yang cukup terang, apabila dipadukan dengan warna hitam pekat dapat menghadirkan kesan formal yang sangat rekomended untuk ruang kerjamu.

Teal dan Tembaga

Jika kamu suka dengan warna laut, teal dan tembaga bisa menjadi alternative warna kamu, karena kedua warna tersebut dapat menghasilkan kesan laut lepas pada ruanganmu. Agar tidak terkesan padat, kamu dapat mengaplikasikan warna teal di seluruh dinding dan warna cat tembaga hanya pada furniture kamu.

Merah Cerah dan Kuning Cerah

Memadukan merah cerah dengan warna kuning cerah, bisa menghadirkan kesan kehangatan dan kesan kekeluargaan pada sebuah ruangan. Agar tidak terlalu menyentrik, seimbangkan perpaduan warna kuning cerah dan warna merah cerah dengan warna putih. 

Oranye dan Hijau

Kamu ingin bermain dalam memadukan warna? Tapi sulit? Alternatif kali ini bisa kamu coba. Perpaduan antara warna oranye serta hijau dapat menjadi alternatif kombinasi perpaduan warna cat rumah yang bagus dan minimalis. Kesan damai dan nyaman serta tenang akan dapat langsung kamu rasakan saat memadukan kedua warna tersebut.

Hijau Mint dan Pink Pucat

Kedua warna pucat memang kadang menghasilkan kesan ruangan yang ringan pula. Namun warna ini dapat kamu manfaatkan untuk ruangan yang memiliki perabotan atau furniture yang cukup padat, sehingga ruangan kamu tidak akan terasa sesak.  

Kuning dan Ungu

Jika kamu ragu, kamu bisa mencoba memadukan warna kuning dan ungu pada satu ruangan, kedua warna tersebut dapat menghasilkan tampilan ruangan yang memukau. Kedua warna kontras tersebut sangat cocok bagi kamu yang menginginkan nuansa kamar yang gelap namun tetap bersinar.

Lavender dan Hijau Zaitun

Saran perpaduan warna berikutnya ialah kombinasi dan perpaduan antara warna lavender dan hijau zaitun. Kedua warna tersebut memang paling jarang digunakan sebagai warna cat, namun kamu bisa mencobanya, karna kedua warna tersebut apabila digabungkan akan menajdi sebuah perpaduan yang menyatu dan memikat perhatian dikarenakan keunikan dan keindahannya.

Jika kamu bingung bagaimana memadupadankan warna cat rumah sesuai nuansa yang kamu inginkan, atau ingin agar desain warna dan tema rumah kamu jadi lebih bagus dan berkelas, kamu bisa menghubungi kami disini (Chat Whatsapp Only) untuk mendapatkan jasa desain rumah baik itu eksterior maupun interior. Dijamin dengan harga sangat terjangkau, kamu akan puas dengan desain yang kami berikan.

Nah buat kamu para readers, itulah berbagai tips buat kamu dalam memadukan warna cat rumah agar terlihat bagus dan minimalis. Untuk menciptakan paduan warna rumah yang bagus dan minimalis tidaklah terbatas yah.

Jangan lupa memanfaatkan cakram warna dalam menentukan perpaduan warnamu, dan usahakan setiap warna yang kamu gunakan sesuai dengan porsinya sehingga menghasilkan perpaduan warna yang serasi serta harmonis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *