8 Kelebihan dan Kekurangan Dari Wallpaper Dinding

Wallpaper Dinding

Baca Juga : 6 Penyebab Tembok Retak dan Cara Memperbaikinya

Kadang wallpaper dikatakan sebagai bahan pelapis dinding yang memakan biaya yang cukup mahal dalam pengaplikasiannya. Ya walapaun pada faktanya, wallpaper dinding sendiri memiliki beragam jenis bahan dengan harga yang bervariasi. Dan apabila dibandingkan dengan material pelapis dinding lainnya seperti hpl, tentu pemilihan wallpaper menjadi alternatif yang dapat menekan biaya yang akan di keluarkan. Jadi mahal atau tidaknya, bisa dikatakan sebagai suatu hal yang relatif.

Banyaknya variasi motif serta tekstur dari wallpaper dinding, menjadikan material ini sebagai material pelapis dinding yang sangat popular dikalangan client. Namun, tidak semua ruangan dapat diaplikasikan dengan semua jenis dari wallpaper. Jadi kamu harus bisa menempatkan jenis wallpaper dinding sesuai dengan fungsi dari ruangan yang akan kamu dekorasi.

Namun, sebelum kamu menggunakan wallpaper dinding sebagai dekorasi interior ruanganmu. Kamu perlu untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dari wallpaper dinding itu sendiri. Maka dari itu, artikel kali ini akan menyajikan 8 kelebihan serta kekurangan dari wallpaper dinding yang perlu untuk kamu ketahui, Yuk simak Bersama!

Wallpaper Dinding

Kelebihan

1. Menutupi Keretakan Pada Dinding

Terkadang dinding ruangan memiliki tekstur yang tidak merata, bahkan seringkali dijumpai retakan pada dinding yang dapat menimbulkan kesan minus pada estetika ruangan tersebut. Namun, untuk kamu yang mengalami permasalahan seperti yang diatas. Kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menjadikan wallpaper dinding sebagai solusi cerdas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Walapun kamu bisa saja menggunakan cat untuk menutupi keretakan yang ada, namun pengaplikasian cat tidak akan menutup keretakan pada dinding secara rapi.

2. Mengefisienkan Waktu

Jika kamu mendekor dinding yg ruanganmu dengan cara mengecatnya, makan akan ada beberapa tahap yang perlu kamu lakukan. Mulai dari proses pengecetan dengan cat dasar, kemudian cat utama hingga ke proses finishing. Jika kamu memilih metode pengecatan, maka kamu perlu menyediakan waktu yang cukup luang untuk melakukannya.

Hal tersbeut tentu berbeda apabila kamu menggunakan wallpaper dinding sebagai dekorasi dinding ruanganmu. Kamu hanya perlu membersihkan dinding yang akan kamu aplikasikan dengan wallpaper, kemudian menempelkan walpaper tersebut langsung kepada dinding ruanganmu. Selain itu, pengaplikasian dari wallpaper tidak akan mengotori furniture yang berada di sekitar dinding tersebut. Sehingga dapat mengefisienkan waktu yang kamu miliki.

Baca Juga : 15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

3. Menghemat Budget

Selain dapat menghemat waktu yang kamu miliki, pengaplikasian wallpaper juga dapat mengehemat budget yang akan kamu keluarkan. Jika sebelumnya kamu harus menyewa tukang bangunan untuk proses pengecatan dinding ruanganmu. Maka kamu tidak perlu lagi mnegeluarkan biaya tersebut untuk pemasangan wallpaper pada dinding ruanganmu. Tentunya hal ini dikarenakan proses pemasangannya yang cukup simple dan praktis. Sehingga kamu dapat menekan biaya yang akan kamu keluarkan dengan tidak menggunakan jasa tukang untuk hal tersebut.

4. Mudah Untuk Diperbaiki

Wallpaper dinding tentu berbeda dengan cat dinding, apabila terjadi pengelupasan atau kerusakan lainnya pada cat dinding ruanganmu, maka kamu perlu mengatasi hal tersebut dengan mengecatnya kembali secara keseluruhan. Ini dikarenakan, jika kamu hanya mengecatnya pada salah satu sisinya saja, maka akan menimbulkan belang (perbedaan warna) yang tentunya akan mengurangi nilai estetika pada ruangan yang kamu miliki.

Namun hal tersebut akan berbeada apabila kamu menggunakan wallpaper dinding. Jika terjadi kerusakan pada sisi wallpaper, kamu hanya perlu mengganti sisi itu saja dengan wallpaper yang baru tanpa perlu menggantinya secara keseluruhan.

5. Mudah Untuk Dibersihkan

Jika terdapat kotoran yang menempel pada area cat dinding, maka kamu harus melakukan pengecatan kembali. Namun apabila kamu menggunakan wallpaper, maka kamu dapat dengan mudah membersihkannya dengan menggunakan lap bersih ataupun kemoceng.

6. Menampilakan Kesan Mewah

Yang menjadikan wallpaper semakin menarik ialah pengaplikasain dari wallpaper dapat membuat ruangan terlihat lebih mewah serta menarik.

7. Dapat Bertahan Lama

Jika kamu memasang wallpaper dengan tepat dan rapi, maka wallpaper yang melapisi dinding ruanganmu akan dapat bertahan dalam kurung waktu yang cukup lama, yakni dapat bertahan hingga 15 tahun. Jika dengan penggunaan cat dinding membuat kamu perlu untuk mengecat ulang tiap kali warnanya mengalami pemudaran, maka kamu tidak perlu khawatir jika kamu memilih untuk menggunakan wallpaper. Hal ini dikarenakan wallpaper tidak akan mengalami pemudaran seiring berjalannya waktu.

8. Memberikan Motif Yang Lebih Rapi

Salah satu kelebihan dari wallpaper dinding selanjutnya ialah dapat memberikan motif yang lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan cat dinding.

kerusakan Wallpaper Dinding

Baca Juga : Trend Material! Material Lantai, Dinding, serta Plafond Modern Terkini 2020

Kekurangan 

1. Mudah Rusak

Walaupun wallpaper memiliki daya tahan yang cukup lama dibandingkan dengan cat dinding. Wallpaper dapat dengan mudah mengalami kelupasan, terutama pada ruangan serta dinding yang lembap. Hal ini dikarenakan perekat dari wallpaper dinding tidak dapat merekat sempurna pada dinding yang mengalami kelembapan.

2. Mudah berjamur

Kekurangan dari wallpaper dinding selanjutnya ialah, wallpaper tidak dapat bertahan pada ruangan yang sering tertutup (pengap). Karena apabila wallpaper di tempel pada dinding ruangan tersebut, maka wallpaper akan mudah ditumbuhi oleh jamur. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk menggunakan wallpaper pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Namun, untuk kamu yang tetap berkeinginan untuk menggunakan wallpaper pada ruangan tertutup dengan pasokan udara yang terbatas . Kamu masih bisa menggunakan bantuan air conditioning (AC) untuk membuat udara didalam ruanganmu tetap sejuk. Sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada dinding ruangan.

3. Dapat Menimbulkan Bekas Bila Tidak Dikelupas Dengan Baik

Jika kamu telah memutuskan untuk mengganti desain wallpaper dinding ruangan dengan sebuah desain yang baru. Pastikan untuk membuka wallpaper sebelumnya dengan hati-hati. Dikarenakan apabila kamu membukanya dengan sembarangan cara, maka dinding kamu akan mendapatkan bekas pengelupasan dari wallpaper sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya kamu memanggil orang yang telah professional di bidangnya untuk membantu kamu melepaskan wallpaper yang ada. Mereka tentu akan menggunakan perkakas dan teknik yang khusus agar wallpaper dapat dikelupas dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi kamu.

4. Perlu Perawatan Rutin

Tidak sama halnya dengan dinding yang apabila telah terlihat kusam dan kurang menarik lagi, kamu hanya perlu mengecatnya kembali. Namun bila kamu menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding ruangan, maka kamu harus rajin untuk membersihkannya secara rutin.  Walaupun teknik membersihkannya lebih mudah dibandingkan dengan melakukan pengecatan ulang. Namun frekuensi perawatannya cukup padat, karena kamu harus rajin membersihkannya agar tidak ada kotoran serta noda yang dapat menempel di wallpaper dinding ruangan.

5. Perlu Persiapan Ekstra

Berbeda dengan konsep pengecatan rumah yang hanya memerlukan alat berupa kuas serta cat saja, proses pemasangan wallpaper membutuhkan persiapan yang cukup ekstra terutama untuk kamu yang sedang menggantinya dari wallpaper lama. Mengganti wallpaper yang ada sebelumnya tentu membutuhkan alat-alat yang cukup kompleks. Waktu yang diperlukan bahkan lebih lama apabila dibandingkan dengan melakukan proses pengecatan dengan cat dinding.

6. Berdampak buruk pada kesehatan

Mungkin masih banyak diantara kamu yang belum mengetahui tentang hal ini. Salah satu dari jenis wallpaper ialah wallpaper solvent based. Wallpaper solvent based adalah salah satu jenis dari wallpaper dinding yang menggunakan pewarna dengan bahan dasar thiner, tentunya kandungan yang terdapat dalam thiner tersebut dapat menempel pada permukaan wallpaper dan dapat menimbulkan bau thiner pada ruangan kamu setelah wallpaper tersebut dipasang. Kandungan dari bahan Thiner tersebut tentu akan menimbulkan polusi pada udara didalam ruangan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

7. Tidak dapat dikreasikan

Wallpaper tentu berbeda dengan cat dinding, yang apabila kamu bosan, kamu bisa menambahkan pola lukisan diatas permukaan dinding sebelumnya untuk melahirkan suasana interior ruangan yang lebih menyenangkan. Wallpaper tidak dapat dikreasikan dengan menambahkan pola cat diatas permukaanya. Sehingga, apabila kamu merasa bosan dengan motif yang ada, kamu perlu menggantinya kembali secara utuh.

8. Tidak Dianjurkan Untuk  Digunakan Pada Eksterior Rumah

Nah, untuk kamu yang senang dengan variasi tampilan dari wallpaper dinding. kamu harus bersabar. Karena, wallpaper dinding tidak direkomendasikan untuk digunakan pada eksterior bangunan. Hal ini dikarenakan, wallpaper dinding tidak tahan terhadap berbagai cuaca. Sehingga apabila kamu nekat untuk menggunakannya pada luar bangunan, maka wallpaper tersebut akan mudah rusak dan terkelupas, sehingga tidak lagi menampilkan sisi keindahannya.

Author : Ramadhani Haq al Badri, 2020.

Baca Juga : Paduan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *