10 Tips dan Cara Mencari Tukang Bangunan yang Bagus

Mempunyai rumah yang indah dengan desain yang sesuai selera adalah impian hampir setiap orang.  Ketika kamu memutuskan untuk membangun sebuah rumah, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Jika ingin mewujudkan hasil desain rumah impian sesuai dengan ekspektasi, salah satu yang mempengaruhi adalah kinerja tukang bangunan. Tukang bangunan lah yang akan membantu kamu mewujudkan semua konsep bangunan yang diinginkan. Tanpa tukang rumah impian kamu tak bisa terwujudkan. Maka dari itu, penting sekali bekerja sama dengan tukang bangunan yang memiliki kinerja dan komunikasi yang baik. Apakah kamu saat ini bingung bagaimana cara mendapatkan tukang bangunan yang bagus?

tukang bangunan
Unsplash.com/josue isai ramos figueroa

Sebelum menjelaskan apa saja tips dan cara mendapatkan tukang bangunan yang bagus dan sesuai dengan yang kamu cari, berikut ini perhatikan dan kenali terlebih dahulu ciri-ciri tukang bangunan yang bagus.

Ciri-ciri Tukang Bangunan

tukang bangunan
Unsplash.com/Guilherme Cunha

Pentingnya sikap kejujuran

Sikap jujur adalah sebuah sikap yang sangat penting ditanamkan dalam diri seorang tukang bangunan. Sebab jika tidak jujur dalam bekerja, maka desain yang kamu idam-idamkan hasilnya bisa jauh dari ekspektasi. Hal pertama yang harus kamu perhatikan pertama yaitu kejujuran seorang tukang bangunan. Jika tukang bangunan yang bekerja dalam sebuah proyek bersikap jujur, dijamin setiap pekerjaan proyek bisa berjalan lancar dan sesuai perencanaan. Maka dari itu, tukang bangunan yang baik dan bagus adalah mereka yang jujur dalam bekerja.

Pemahaman yang baik

Ketika kamu berbicara dengan seseorang pasti kamu selalu mengharapkan orang yang diajak berbicara bisa paham dengan mudah. Nah, sama hal nya dengan memilih tukang bangunan. Tukang bangunan yang memiliki tingkat pemahaman yang tinggi sangat bagus dan membuat pekerjaan cepat terselesaikan dengan baik. Tukang bangunan dengan pemahaman yang cepat terlihat ketika mereka diajak untuk berbicara ataupun berdiskusi mengenai proyek tersebut. Sangat bagus sekali jika mereka langsung bisa menjelaskan secara detail dan masuk akal ketika ditanyai pendapat mengenai kontruksi, seperti material, struktur dan lainnya.

Selalu bertanggung jawab

Penting sekali untuk memilih tukang bangunan yang memiliki sikap bertanggung jawab. Bertanggung jawab yang dimaksud yaitu terhadap kualitas pekerjaan, waktu pengerjaan yang tepat, adanya progress dalam bekerja, dan tukang bangunan yang bertanggung jawab terhadap material atau bahan bangunan yang terdapat di lokasi pekerjaan.

Tukang bangunan cepat tanggap

Tukang bangunan yang selalu cepat dalam merespon ketika dihubungi atau berkomunikasi adalah sesuatu yang diperlukan dalam mewujudkan pekerjaan bangunan. Apabila terjadi keadaan darurat atau mendesak dalam pekerjaan di lokasi, tukang bangunan harus cepat tanggap jika dihubungi sehingga penanganannya bisa cepat terselesaikan.

Baca Juga: Perbedaan Tukang Harian dan Borongan di Tahun 2020

10 Tips Menemukan Tukang Bangunan yang Bagus

tukang bangunan
Unsplash.com/Callum Hill

Berikut ini merupakan 10 tips yang bisa membantu kamu dalam mencari dan mendapatkan tukang bangunan yang bagus dan tepat.

1. Tukang Bangunan Rekomendasi dari Arsitek

Memilih tukang bangunan yang bagus bisa dilakukan dengan berdiskusi dengan desainer rumah atau arsitek kamu. Rekomendasi arsitek bisa jadi bagus dan tepat karena mereka tahu kinerja tukang bangunan yang pernah bekerja sama dengannya. Informasi dari arsitek mengenai kinerja tukang bangunan bisa menambah informasi untuk memilih yang tepat.  Hal ini disebabkan karena arsitek dan tukang bangunan sering bekerja sama dalam sebuah proyek pembangunan, sehingga arsitek tahu kekurangan dan kelebihan beberapa tukang bangunan.

2. Tukang Bangunan Rekomendasi Keluarga dan Teman

Selain rekomendasi dari seorang arsitek, informasi mengenai tukang bangunan yang bagus bisa didapatkan dari keluarga, dan teman bahkan tetangga kamu. Carilah beberapa teman atau keluarga yang telah membangun rumah sebelumnya, kemudian berdiskusi apakah ada diantara mereka yang memiliki beberapa rekomendasi tukang bangunan yang bagus. Tetapi kamu harus tetap berhati-hati, disarankan untuk bertanya kepada keluarga atau teman yang kamu percayai sepenuhnya agar mereka tidak memanfaatkanmu atau menjerumuskan kamu pada sesuatu yang buruk.

3. Riset Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Tukang Bangunan

Setelah kamu mengumpulkan beberapa tukang bangunan berdasarkan rekomendasi dari beberapa teman, anggota keluarga, bahkan dari arsitek. Sebelum memilih, lebih baik memeriksa berbagai referensi dan rekam jejak  atau pengalaman tukang bangunan tersebut. Cari tahu informasi dari klien-klien sebelumnya yang telah memakai jasa mereka. Diskusikan apakah tukang bangunan mereka bagus dalam bekerja atau malah sebaliknya, kamu harus mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan tukang bangunan tersebut. Setelah mengumpulkan referensi, kemudian pilih beberapa tukang bangunan kamu yang sesuai kebutuhan.

4. Menentukan Waktu Proses Pengerjaan               

Waktu adalah hal yang terpenting dalam mengerjakan sebuah proyek bangunan. Sehingga kamu perlu memahami jangka waktu pembangunan rumah. Maka dari itu, kamu harus memastikan waktu pembangunan rumah. Lebih baik menetapkan deadline penyelesaian kemudian menjelaskannya kepada tukang bangunan yang ingin kamu pilih. Seperti biasanya, tukang bangunan akan mendiskusikan rata-rata pembayaran yang disesuaikan dengan waktu kerja sekaligus juga perhitungan untuk membeli barang atau bahan konstruksi. Usahakan untuk saling berkomunikasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman antara klien dan tukang bangunan mengenai hal ini.

5. Melihat Hasil Pekerjaan Tukang Bangunan Sebelumnya

Menentukan pilihan tukang bangunan yang baik dan bagus bisa kamu lihat dari hasil pekerjaan tukang bangunan sebelumnya. Seperti bangunan atau rumah jenis apa saja yang pernah mereka kerjakan sebelumnya. Kamu bisa melihat beberapa portfolio atau bangunan hasil kerja tukang bangunan tersebut  dan menentukan apakah cocok dengan selera kamu. Jangan lupa bertanya dengan klien sebelumnya, apakah kinerja tukang bangunan termasuk bagus atau malah memiliki banyak kelemahan.

6. Menentukan Anggaran

Tukang bangunan yang bagus adalah tukang dengan akurasi anggaran yang telah disetujui  oleh pemilik rumah. Proses pembangunan harus fleksibilitas dengan beberapa perubahan, maka dari itu tukang bangunan harus memiliki bukti yang terdokumentasi untuk disetujui oleh pemilik rumah.

7. Membuat Schedule / Timeline

Penetapan jangka waktu tertentu dalam proses pembangunan sebuah proyek penting untuk melihat progress dari pengerjaan tersebut. Maka dari itu, sebaiknya buat timeline untuk menilai kemajuan pekerjaan tukang bangunan. Biasanya waktu pengerjaan pembangunan tergantung dari kontrak, ketersediaan material bangunan, dan jumlah tukang bangunan yang bekerja.

8. Menentukan Kontrak Kerja Tukang Bangunan

Membuat pekerjaan bangunan memiliki progress yang baik dan cepat yaitu direkomendasikan untuk membuat kontrak kerja tukang bangunan yang telah ditentukan. Adanya kontrak kerja membuat kerjasama dengan tukang bangunan bisa terjalin dengan baik. Terdapat dua jenis kontrak diantara tukang bangunan dengan pemilik rumah yaitu kontrak kerja sistem harian dan sistem borongan. Masing-masing keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan.

9. Jasa Tukang Bangunan yang Profesional

Memilih seorang tukang yang bekerja secara profesional adalah hal yang baik agar hasil pembangunan sesuai dengan perencanaan awal. Memilih yang profesional berarti kita menghindari atau mengantisipasi terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan dalam proses pengerjaan bangunan akibat salah memilih jasa tukang yang salah dan tidak tepat.

10. Tukang Bangunan yang Memiliki Insuransi

Tanyakan pada tukang bangunan apakah mereka memiliki insuransi. Hal ini penting untuk dipastikan sebelum memilih mereka untuk bekerja dalam proyek pembangunanmu. Seorang tukang bangunan harus melindungi diri dari kerusakan properti dan tanggung jawab pribadi juga masyarakat. Hal ini melindungi kamu dan masyarakat umum jika terjadi sebuah kecelakaan ataupun cedera.

Baca Juga: Apa Itu Pengertian Kontraktor dan Apa Saja Tugasnya?

Demikianlah beberapa tips dan cara mencari tukang bangunan yang bagus dan tepat untuk proses pengerjaan bangunan. Semoga dengan informasi-informasi di atas bisa menjadi referensi bagi kamu yang merencanakan untuk membangunan sebuah rumah atau gedung. Semoga kamu mendapatkan tukang bangunan yang tepat dan bagus ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *