10 Tips Cara Membuat Ruangan Kamar Mandi Wangi dan Tahan Lama

Kamar mandi wangi dan tahan lama adalah dambaan setiap orang. Namun, kamar mandi adalah area yang identik mudah menimbulkan bau dan kebersihannya kurang terjaga. Hal ini dikarenakan area kamar mandi selalu berkaitan dengan air yang dapat menimbulkan lembab dan memudahkan jamur dan kuman untuk tumbuh dengan cepat. Dilansir dari American Society for Microbiology, bakteri yang dapat tumbuh di kamar mandi diantaranya : Bakteri tinja; Influenza; Streptococcus, E. coli; Hepatitis; Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA); Salmonella; Shigella dan Norovirus.

Jika kamar mandi tidak dibersihkan secara rutin maka penggunanya akan merasa tidak nyaman dan dapat mempengaruhi kesehatan penggunanya. Berikut tips cara membuat ruangan kamar mandi wangi dan tahan lama dalam rumah anda.

Bersihkan Sudut Kamar Mandi

kompas.com

Ketika membersihkan kamar mandi, kadang kita melupakan untuk membersihkan bagian-bagian tertentu yang tidak terlihat seperti bagian belakang toilet. Bagian-bagian ini jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Cara membersihkan area ini cukup menggunakan sikat dan disinfektan atau menggunakan cairan pembersih. Basahi terlebih dahulu sikat menggunakan cairan pembersih kemudian sikat area tersebut. Setelah itu, lap menggunakan kain agar area tersebut menjadi kering dan tidak lembab. Dengan membersihkan kamar mandi secara menyeluruh maka bakteri tidak akan tumbuh dan menyebar kemudian menyebabkan bau dan kerak dalam kamar mandi.

Gunakan Pembersih Lantai

kamar mandi wangi
ambpi.com

Salah satu sumber bau yang kurang sedap dan kotor dalam toilet adalah lantai. Lantai sebagai tempat berpijak dan berlalu lalang serta selalu dengan kondisi basah akan mudah menimbulkan bau dan kotor. Kondisi ini juga menyebabkan lantai kamar mandi mudah berjamur, berkerak dan berlumut. Oleh karena itu, kebersihan lantai kamar mandi harus senantiasa dijaga kebersihannya bahkan perlu dibersihkan setiap hari. Salah satu cara untuk membersihkan lantai kamar mandi yaitu menggunakan pembersih lantai sehingga kebersihan lantai bisa lebih maksimal. Pembersih lantai biasanya dilengkapi dengan berbagai aroma sehingga dapat memberikan keharuman pada kamar mandi. Rekomendasi pembersih lantai dari admin, bisa klik disini.

Gunakan Kamper

sajiansedap.grid.id

Kamper sangat bermanfaat untuk mengurangi bau dalam kamar mandi karena mampu menyerap bau tidak sedap. Selain berfungsi sebagai pengharum, kamper juga dapat menyerap kelembaban berlebih dalam kamar mandi sehingga kamar mandi tidak akan mudah berjamur, berkerak dan berlumut akibat lembab yang berlebih. Cara penggunaan kamper yaitu dengan menempatkannya pada sudut-sudut tertentu atau dapat digantung pada dinding. Dengan penggunaan kamper dapat membuat kamar mandi anda menjadi lebih harum dan segar.

Gunakan Pengharum Ruangan

productnation.co

Untuk menciptakan kamar mandi wangi, salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan pengharum ruangan. Dengan menggunakan pengharum ruangan, bau kamar mandi akan tertutupi. Sekarang ini, pengharum kamar mandi memiliki banyak aroma pilihan sehingga pengguna dapat menyesuiakan dengan seleranya masing-masing. Tips dari admin ketika memilih pengharum ruangan kamar mandi yaitu pilih yang mengandung bahan pembasmih kuman agar kuman dan bakteri dalam kamar mandi dapat dibasmi. Pengharum ruangan yang dapat digunakan dapat berupa pengharum semprot atau bersifat seperti kamper. Rekomendasi pengharum kamar mandi dari admin, bisa klik disini.

Ganti Handuk Secara Berkala

jakmall.com

Kain yang lembab merupakan salah satu sumber bau tidak sedap. Selain itu, kain yang lembab juga dapat menjadi salah satu tempat bersarangnya jamur dan bakteri. Penggunaan handuk pada kamar mandi yang tidak diganti secara berkala akan mempengaruhi kebersihan. Oleh karena itu, handuk sangat penting untuk diganti secara berkala. Handuk sebaiknya dicuci setiap 3-4 kali pemakaian dan diganti dengan yang baru setiap dua tahun sekali. Meneteskan essensial oil pada handuk dalam kamar mandi juga dapat dilakukan agar ketika handuk diambil saat ingin digunakan, wangi dari essensial oil akan menyerbak dan membuat kamar mandi jadi harum. Rekomendasi handuk dari admin, bisa klik disini.

Gunakan Reed Diffuser agar Kamar Mandi Wangi

aliexpress.com

Tips lainnya agar kamar mandi wangi selain langkah diatas yaitu menggunakan reed diffuser. Reed diffuser adalah pengharum ruangan yang menggunakan sumbu rotan untuk menyebarkan aroma minyak wewangian ke udara. Reed diffuser dinilai lebih alami dan penggunaannya lebih simpel dibanding pengharum ruangan semprot dan elektrik. Selain itu, reed diffuser juga memiliki bentuk yang lebih elegan dan artistik sehingga dapat menambah nilai estetika kamar mandi.

Bersihkan Gorden Shower

interiordesign.id

Untuk mewujudkan kamar mandi wangi, sumber bau yang ada harus dibersihkan. Salah satu benda yang dapat menjadi sumber bau adalah gorden shower pada kamar mandi. Jika gorden shower tidak dibersihkan secara berkala maka akan menjadi sumber bau dan jamur. Untuk membersihkan gorden shower cukup dicuci menggunakan detergen kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu dapat disemprot atau direndam dengan cairan disinfektan agar kuman dan bakteri yang menempel pada gorden shower dapat hilang.

Gunakan Cuka Sebagai Pembersih Kerak

berkeluarga.id

Kerak pada kamar mandi merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemui pada kamar mandi. Selain dapat mengurangi kebersihan kamar mandi, kerak juga dapat menjadi sarang bakteri dan kuman. Salah satu cara untuk membersihkan kerak pada kamar mandi yaitu menggunakan cuka. Cuka memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengangkat kerak pada keramik. Selain itu, cuka dapat membrikan kesegaran dalam kamar mandi.

Manfaatkan Tanaman Hias

kompas.com

Tanaman memiliki manfaat sebagai penyaring udara, menetralkan bau dan menyeimbangkan kelembaban. Dengan menempatkan tanaman dalam kamar mandi maka bau yang ada akan disaring oleh tanaman. Selain sebagai penyaring udara dan menyeimbangkan kelembaban, tanaman pada kamar mandi akan menciptakan suasana teduh dan menenangkan sehingga membuat penggunanya merasa nyaman. Penggunaan tanaman juga akan menambah nilai estetika pada kamar mandi. Contoh tanaman yang dapat menyaring bau didalam ruangan adalah lidah mertua dan sirih gading.

Bersihkan Barang-Barang dalam Kamar Mandi

lazada.com

Barang-barang yang ada dalam kamar mandi jika tidak dijaga kebersihannya akan memudahkan bakteri penyebab jamur dan bau mudah berkembang. Barang-barang tersebut contohnya sikat WC dan tempat atau botol sabun. Hal ini terutama pada tempat sabun ataupun shampo yang umumnya setelah digunakan akan membuat isinya tercecer dan meninggalkan licin pada tempatnya. Jika tidak dibersihkan, tempat ini akan menjadi lembab dan licin sehingga mudah ditimbuhi kerak ataupun lumut. Selain barang-barang, pembersihan gagang pintu ataupun jendela pada kamar mandi juga perlu dibersihka. Pembersihan barang-barang ini perlu dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan bau dan menjadikan kamar mandi jadi wangi.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan agar ruangan kamar mandi wangi dan tahan lama. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dalam menciptakan kamar mandi yang wangi dan bebas dari bau tidak sedap serta bakteri sehingga lebih nyaman digunakan. Jangan lupa baca artikel lainnya.

Baca juga artikel : 50+ Desain dan Dekorasi Kamar Tidur Sempit yang Estetis

Leave a Reply

Your email address will not be published.