10 Tips Ampuh Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efisien

Rumah memang merupakan bangunan yang sulit untuk rapih dan bersih dalam waktu yang lama. Walaupun kadang terlihat cukup rapi serta bersih, kamu perlu untuk tetap membersihkannya setiap hari, karena banyaknya kuman yang tidak terlihat yang dapat menempel pada furniture-furniture rumahmu walaupun sekilas terlihat bersih. Untuk menghindari debu serta noda yang menempel terlalu lama, karena noda dan debu yang menempel dengan waktu yang lama akan sulit untuk dibersihkan.

Saat ini, sudah banyak sekali jasa professional cleaner yang mudah kamu dapatkan melalui aplikasi, yang siap membantu kamu membersihkan rumah hunianmu kapanpun dan dimanapun kamu berada. Menggunakannya untuk membersihkan area rumah sebanyak hitungan jari dala sebulannya, merupakan hal yang wajar.

Namun, menggunakan jasa professional cleaner dapat menguras budget kamu sedemikian rupa. Sehingga biaya pengeluaran kamu akan membengkak dikarenakan penggunaan jasa professional cleaner. Mungkin mayoritas dari orang – orang akan berpendapat bahwa suatu aktivitas membersihkan rumah merupakan hal yang membosankan serta melelahkan.

Namun, apabila kamu meninggalkan jauh-jauh pola pikir seperti itu, kegiatan yang kamu jalani pun akan menjadi sesuatu aktivitas yang menyenangkan untukmu.

Sedangkan untuk kamu yang masih bingung dan memerlukan tips untuk membersihkan rumah idamanmu dengan cara yang cepat, serta efisian, berikut kami hadirkan 10 tips ampuh untuk membersihkan rumah kamu dengan cepat dan juga efisien !!

Baca Juga : 15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

1. Menghapus Noda pada Keran Air

membersihkan rumah

Kran air ataupun wastafel pada umumnya dipenuhi dengan gumpalan noda kuning ataupun hitam yang cukup membandel. Namun kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan bantuan lemon ataupun jeruk mandarin dengan menggosokkannya secara langsung pada noda yang ada.

Aroma dari jeruk serta lemon yang menyegarkan memiliki dampak yang positif terhadap kesehatan, dikarenakan kedua buah tersebut bebas dari kandungan bahan kimia. Sedangkan untuk noda yang membandel, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi.

Pasta gigi memiliki kekuatan dua kali lipat lebih kuat daripada lemon untuk membersihkan noda bandel yang melekat.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Toilet

Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Toilet

Soda mungkin merupakan minuman yang kurang baik bagi kesehatan. Namun, soda sangat cocok digunakan untuk membersihkan noda pada toilet. Cukup tuangkan soda ke dalam kloset toilet kemudian diamkan selama kurang lebih 3 jam. Noda pada toilet kamu akan bersih seketika.

Jika kamu butuh yang lebih kuat dari soda, kamu bisa mencoba untuk menggunakan pembersih gigi palsu saat malam hari, dan tunggulah reaksinya di pagi hari. Toilet kamu akan terlihat seperti baru lagi.

3. Memberikan Perawatan Ekstra Terhadap Furniture Yang Terbuat Dari Kayu

Memberikan Perawatan Ekstra Terhadap Furniture Yang Terbuat Dari Kayu

Jika kamu sedang membersihkan rumah berupa furniture yang terbuat dari kayu dengan air, tidak jarang hal tersebut dapat menimbulkan bekas pada furniture kamu, karena kayu sangat mudah dalam menyerap air.

Maka dari itu, kamu dapat mencoba pembersih khusus untuk perabot kayu agar furniture kamu yang terbuat dari kayu dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, untuk perawatan jangka pendek, kamu bias menggunakan kain lembut yang kering untuk menghapus debu-debu yang menempel pada kayu.

4. Menghilangkan Debu dan Kotoran yang Memandel

Menghilangkan Debu dan Kotoran yang Memandel

Apabila kamu sedang membersihkan debu serta kotoran disekitar lampu dengan cara menyekanya menggunakan air, maka kotorannya tidak akan hilang seketika, bahkan debu akan jatuh berserakan di lantai rumahmu, sehingga yang tadinya ingin membersihkan malah menimbulkan masalah baru yang membuat pekerjaanmu semakin banyak.

Untuk hasil yang maksimal, kamu cukup menutup badan lampu dengan tisu, kemudian semprotkan deterjen, lalu bersihkan setelah kurang lebih 10 menit. Bahkan saat kamu akan mengganti lampu, debu serta kotorannya dapat hilang dalam seketika, dan pekerjaan kamu dapat terselesaikan dengan efisien.

5. Membersihkan Rumah dengan Sarung Tangan untuk Membersihkan Tirai

Yang perlu kamu ketahui, semprotan debu bisa membuat daerah sekitarnya menjadi kotor. Maka dari itu, saat kamu membersihkan tirai, lebih baik kamu menyemprotkan spray pembersih ke sarung tangan milikmu, kemudian membersihkannya dengan sarung tangan yang telah kamu semprotkan spray sebelumnya.  

Baca Juga : 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

6. Membersihkan Saluran yang Bau

Untuk kamu yang memiliki saluran air yang menimbulkan bau kurang sedap.Kamu cukup mencampurkan baking soda serta cuka dengan takaran perbandingan 1:1, kemudian tambahkan air panas serta sabun cuci, kemudian tuang langsung ke saluran kamu yang menimbulkan bau kurang sedap.

Kamu juga dapat secara rutin menuangkan 3 liter air panas ke saluran yang tersumbat. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang efektif dalam membersihkan saluran, tanpa harus memanggil tukang air untuk memperbaikinya.

7. Membersihkan Kulkas

Membersihkan kulkas secara rutin merupakan satu hal yang sangat penting yang tidak boleh kamu abaikan. Kamu harus selalu memperhatikan bahwa kulkas kamu selalu dalam keadaan higienis serta terhindar dari sarang kuman dan penyakit.

Kamu dapat membersihkan area dalam kulkas dengan  menggunakan lap yang sudah kamu beri campuran air serta cuka ( dengan perbandingan 1:1). Selain itu, Kamu juga dapat menuangkan campuran air serta soju khas dari Korea Selatan ke dalam botol spray, kemudian menggunakannya kapanpun kamu butuhkan untuk membersihkan isi dalam dari kulkas kamu.

8. Membersihkan microwave  

Microwave merupakan salah satu furniture yang sangat sering digunakan, sehingga tidak heran apabila perabot tersebut tergolong kedalam jenis perabot rumah yang mudah kotor dikarenakan terkena cipratan dari adonan ataupun kue yang sedang dipanaskan.

Kamu bias membersihkan microwave kamu tanpa harus menggunakan tangan kamu secara langsung. Cukup tuangkanlah perasan 2 buah lemon ke dalam segelas air, kemudian nyalakan microwave selama kurang lebih 2 hingga 3 menit. Atau, kamu juga bisa menggunakan teh barley sebagai pengganti cairan air untuk hasil yang jauh lebih efektif.

9. Membersihkan Karpet Dengan Baking Soda

Karpet merupakan material yang tidak terlepas dari sebuah ruangan yang bersifat formal. Karpet yang berdebu tentu harus kamu  bersihkan setiap harinya untuk menghindari penyakit pernapasan serta untuk melindungi kesehatan kulit kamu.

Akan lebih mudah serta ekonomis apabila kamu membersihkannya menggunakan deterjen alami setiap hari, dibanding kamu harus membawanya ke tempat laundry setiap bulan.

Kamu cukup menaburkan bubuk baking soda ke area karpet, kemudian kamu diamkan selama kurang lebih setengah hari, kemudian menyedotnya dengan menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu serta bau yang melekat pada karpet hunianmu.

10. Membersihkan Rak Sepatu

Rak sepatu pada umumnya memang menjadi perabot yang kadang menghasilkan bau yang kurang sedap pula. Namun, kamu dapat menghilangkannya dengan menempatkan kopi di dalam sepatu yang kamu rasa lembap dan menjadi pemicu munculnya bau pada rak sepatu milikmu. Hal tersebut juga dapat mempersingkat waktu kamu dalam membersihkan sepatu sebelum kamu gunakan.

Nah, itulah 10 tips ampuh untuk membersihakan rumah dengan cepat serta efisien. Ajdi buat kamu yang mencari ide dalam membersihkan rumah hunianmu, kamu bisa menjadikan berbagai refernsi tips diatas untuk kamu gunakan dalam membersihkan rumah hunian milikmu. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *