10 Inspirasi Desain Rumah Tahan dari Banjir Beserta Konsepnya

Hai sobat Suryani Studio lovers! artikel kali ini akan membahas seputar desain rumah tahan dari banjir beserta konsepnya!

Banjir merupakan peristiwa yang disebabkan oleh aliran air yang berlebihan yang kemudian merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa sendiri menjelaskan bahwa banjir merupakan situasi perendaman sementara akibat air yang menggenang pada daratan yang biasanya tidak terendam oleh air.

Banjir yang terjadi tentu menimbulkan berbagai keresahan bagi setiap orang. Kamu tentu bakalan merasakan resah berkepanjangan apabila rumah kamu menjadi salah satu korban dari kebanjiran. Bukan hanya rugi material namun kamu juga dapat mengalami kerugian materi.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir Dalam Waktu Singkat

Maka dari itu, kamu perlu melakukan sebuah mitigasi awal dengan merencanakan sebuah rumah dengan desain yang dapat tahan dari bencana banjir.

Bingung dengan konsepnya ? kamu tenang saja, karena Suryani Studio sudah merangkumnya dalam 10 desain rumah yang dapat tahan terhadap situasi banjir. Untuk lebih jelasnya, yuks simak pembahasannya berikut ini !

1. Desain Rumah Tahan Dari Banjir Dengan Konsep Terapung

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desain yang pertama adalah Desain Rumah Dengan Konsep Terapung. Rumah terapung bisa kamu temukan di sekitaran perairan baik itu pantai maupun sungai. Rumah terapung dulunya sering digunakan sebagai tempat untuk tambak ikan-ikan dilaut serta sebagai tempat untuk beristirahat para nelayan.

Namun, rumah terapung saat ini sudah bisa kita jadikan sebagai konsep rumah yang dapat tahan terhadap banjir, dikarenakan modellingnya yang dapat terapung di atas permukaan air. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi akan bencana banjir. 

Contoh desain Rumah pada gambar diatas merupakan contoh desain yang berlandaskan dek kayu yang dapat terayun-ayun diatas permukaan air.

2. Desain Rumah Tahan Dari Banjir Dengan Konsep Tradisional

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desain kali ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu. Yaps, desain dengan konsep rumah tradisional yang dapat bertahan diatas permukaan air. Sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai inspirasi dalam mendesain rumah yang dapat tahan terhadap bencana banjir.

Modelling dari rumah pada gambar diatas tentu akan mengingatkan kamu pada salah satu jenis dari rumah adat di pelosok Indonesia. Bukan hal buruk tentunya untuk kamu mengeksplor pengetahuan kamu akan struktur bangunan tradisional.

Memadukannya dengan unsur modernitas untuk menghasilkan desain-desain terbaru yang inovatif terkait rumah tahan terhadap banjir dengan tetap menganut konsep tradisional.  

3. Desain Rumah Tahan Dari Banjir dengan Konsep Rumah Panggung di Atas Beton

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desain rumah selanjutnya ialah desain rumah panggung yang tentunya bisa kamu temukan di beberapa daerah di Indonesia. Kelebihan dari desain rumah ini ialah dapat terhindar apabila terjadi banjir, dikarenakan sipemilik rumah telah mendesain dengan mempelajari ketinggian air saat banjir melanda di daerah tersebut.

Sehingga saat banjir datang, rumah tidak akan tergenang oleh air. Selain itu, kelebihan lain dari desain rumah panggung ialah dapat tahan terhadap goncangan gempa bumi, hal ini dikarenakan pondasinya terletak diatas permukaan tanah (tidak tertanam).

Serta, rumah menggunakan struktur sambung, sehingga saat terjadi goncangan, rumah hanya akan mengalami goyangan ringan saja.

4. Desain Rumah Tahan Dari Banjir dengan Konsep Tonggak beton

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desain keseluruhan dari Rumah ini ialah terbuat dari material kayu yang kemudian didirikan diatas tonggak beton, sehingga dijuluki sebagai rumah tonggak beton. Tonggak beton merupakan struktur yang tidak mudah goyah oleh terpaan arus saat banjir dating.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Lantai Kayu

Rumah dengan konsep tonggak beton ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang menetap disuatu daerah yang sering mengalami banjir dengan ketinggian 20 hingga 60 cm dari permukaan tanah.

5. Desain Rumah Tahan Dari Banjir dengan Konsep Ruang banjir di Lantai Bawah

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Sebelumnya, kamu sudah pernah lihat rumah dengan konsep seperti pada gambar diatas? Rumah dengan desain seperti ini memang masih sangat jarang ditemukan. Rumah ini memiliki konstruksi beton serta konstruksi kayu pada lantai atas.

Dinding beton pada lantai bawah berfungsi sebagai penompan untuk bangunan yang berada diatasnya. Saat banjir datang, area pada lantai bawah akan dipenuhi oleh air yang kemudian dapat mengurangi tekanan pada dinding.

Sehingga, desain ini akan sangat rekomended untuk diterapkan pada area yang sering mengalami banjir hingga ketinggian 1 meter.

6. Desain Rumah dengan Konsep Pilar Beton yang Tampil Menawan

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desain selanjutnya ialah Desain Rumah dengan Konsep Pilar Beton yang Tampil Menawan. Desain ini sangat pas buat kamu yang ingin desain rumah tahan terhadap banjir namun tetap kece dan menawan.

Rumah tersebut didirikan di atas pilar beton, sehingga sering dinamakan sebagai rumah pilar beton. Pilar beton tersebut kemudian dilapisi dengan lapisan dinding yang bermotif sesuai dengan selera kamu.

Biasanya mereka yang lain sering menggunakan motif persegi Panjang, agar tidak terlihat mencolok dari area sekitarnya. Pelapis untuk pilar beton tersebut tentunya merupakan material yang dapat tahan terhadap air.

7. Desain Rumah dengan Konsep Rumah berlapis logam

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Selain bencana banjir, tsunami serta gempa bumi juga merupakan bencana yang dapat mengancam keselamatan jiwa dan juga harta benda yang dimiliki. Desain rumah pada gambar diatas merupakan salah satu desain rumah yang berada di Jepang.

Rumah tersebut dibangun sebagai bentuk upaya dalam mengantisipasi bencana berbahaya yang dapat menghampiri sewaktu-waktu. Rumah tersebut dibangun di atas struktur beton yang solid untuk menjamin nilai kekuatannya apabila terjadi pergerakan tanah.

Sedangkan, dinding rumah tersebut terdiri dari dua jenis material, yakni material kayu untuk interior serta material logam untuk eksterior bangunan. Hal ini dilakukan karena material logam memiliki kekuatan terhadap arus air yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis material lainnya.

Jendela kaca yang didesain pada bagian bawah, hanya ada beberapa saja, hal ini dikarenakan kaca dapat pecah ketika diterpa oleh arus air yang deras.

8. Desain Rumah dengan Konsep Perpaduan Antara Beton dan Kayu

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Desan rumah selanjutnya yang dapat tahan terhadap banjir ialah desain rumah dengan mengaplikasikan perpaduan antara unsur beton serta kayu. Deasin ini merupakan desain dengan memfurnishkan dinding kayu dengan warna yang lebih cenderung seimbang dengan warna dari struktur beton.

Sebagai contoh, warna abu-abu kusam seperti pada gambar diatas. Kolom yang kosong pada area dibawah rumah akan menjadi area yang terendam banjir. Dan kamu tentunya dapat mengawasi nya dari dalam rumah melalui jendela kaca besar.

9. Desain Rumah dengan Konsep Rumah Eropa

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Rumah seperti pada gambar diatas juga merupakan bangunan yang dibangun di atas permukaan struktur beton. Bedanya dari desain-desain sebelumnya, struktur beton pada desain ini tidak terlalu tinggi serta terletak pada area di tengah, bawah bangunan.

Selain itu, Teras di depan rumah juga dapat berfungsi untuk menyembunyikan struktur beton dari sudut pandangan.

10. Desain Rumah dengan Konsep Aman serta Nyaman

Desain Rumah Tahan dari Banjir
Sumber: homify.co.id

Referensi desain yang terakhir ialah, desain rumah dengan konsep minimalis yang aman serta nyaman. Yakni desain rumah yang lebih menitikberatkan desain untuk kenyamanan dari penghuni dibandingkan dengan tampilan gaya. Desain yang dibuat akan diusahakan dapat memenuhi segala kebutuhan akan ruang gerak penghuni.

Selain membuat rumah di atas permukaan struktur beton yang tentu lebih tinggi dari permukaan tanah, kamu juga dapat memagari halamanmu dengan pagar beton, sebagai upaya untuk mencegah masuknya air ke dalam properti pribadi.

Agar air dapat lekas surut, kamu bisa membuat beberapa lubang di beberapa titik, hal ini difungsikan sebagai area untuk memperlancar aliran air, agar dapat segera surut ke saluran pembuangan.

Nah, dari 10 desain diatas, kira-kira yang mananih yang menjadi desain favorit kamu ? 

Jangan lupa tulis jawaban kamu di kolom komentar di bawah ini yah ! semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *