13 Cara Ampuh Agar Ruang Kamar dan Rumah Kedap Suara, Jamin Aman Bising dari Luar!

Rumah kedap suara merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kenyamanan suatu hunian. Bising pada rumah biasanya berasal dari jalan raya, aktivitas masyarakat sekitar, dan lain sebagainya. Jika keadaan suatu ruangan bising, maka dapat mengganggu kualitas istirahat penggunanya. Selain itu, aktivitas atau kegiatan yang dilakukan akan terganggu. Ruangan kedap suara juga dapat mempengaruhi kondisi fisik penggunanya karena mampu mereduksi kadar hormon stres pada tubuh seseorang. Oleh karena itu, suasana hening sangat penting diciptakan dalam rumah maupun kamar kita. Berikut tips cara ampuh agar ruang kamar dan rumah kita jadi kedap suara :

Pemasangan Door Seal pada Pintu Rumah Kedap Suara

Sumber : aliexpress.com

Door seal adalah penutup celah yang digunakan pada pintu. Suara yang berasal dari luar akan mengalir masuk melalui celah-celah yang ada salah satunya pada celah pintu. Oleh karena itu, pemasangan door seal diperlukan pada setiap celah agar suara dari luar tidak dapat masuk ke dalam kamar atau rumah. Bahan door seal yang paling efektif sebagai peredam suara adalah karet.

Pemasangan Window Seal pada Jendela

Pemasangan Window Seal pada Jendela rumah kedap suara
Sumber : powerpronto.com

Selain pada celah pintu, suara juga dapat masuk melalui celah di jendela. Oleh karena itu, celah pada jendela perlu di tutup agar suara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan dan menyebabkan kebisingan. Celah pada jendela dapat ditutup menggunakan window seal. Selain untuk meredam suara, penggunaan window seal juga dapat mencegah debu atau serangga masuk ke dalam rumah.

Gunakan Tirai Kedap Suara

Sumber : aliexpress.com

Pemasangan tirai yang kedap suara dapat meredam bunyi yang berasal dari luar. Tirai ini berbahan dasar polyester, suede atau velvet dengan efek soundproofing. Sifat bahan yang tebal dan berpori menyebabkan suara dari luar akan terserap pada kain sehingga dapat mengurangi intensitas suara yang masuk. Selain berfungsi sebagai peredam suara, tirai ini juga berfungsi mengurangi cahaya matahari yang berlebihan masuk ke dalam rumah dan dapat menambah nilai estetika pada rumah.

Gunakan Karpet Berbahan Tebal pada Lantai

Sumber : fajargroup.com

Salah satu sifat suara adalah mudah memantul pada permukaan benda yang keras seperti lantai, dinding dan langit-langit. Salah satu cara untuk meredam hal ini adalah dengan menggunakan karpet yang tebal pada lantai agar suara dapat diredam. Jenis karpet yang dapat meredam suara salah satunya berbahan glasswool. Bahan ini merupakan peredam suara yang terbuat dari fiberglass yang bertekstur seperti wol atau bulu domba.

Pasang Vinyl pada Lantai

Sumber : kompas.com

Lantai yang umumnya dilapisi dengan ubin sangat mudah memantulkan suara karena permukaannya yang keras dan licin. Selain menggunakan karpet yang tebal, penggunaan vinyl pada lantai juga dapat meredam suara dalam ruangan dan membuat kamar dan rumah kedap suara. Hal ini disebabkan karena material vinyl bersifat lebih empuk sehingga suara diserap dan tidak dipantulkan. Dengan menerapkan vinyl pada rumah atau ruangan maka akan memberikan kenyamanan ketika berpijak diatasnya.

Pasang Wallpaper Kedap Suara

blibli.com

Selain menambah nilai estetika pad rumah, penggunaan wallpaper pada dinding dapat mereduksi suara yang masuk dalam ruangan. Jenis wallpaper yang dimaksud yaitu wallpaper tiga dimensi berbahan busa polietilen tebal. Dengan sifat bahannya yang berserat, membuat suara yang bocor akan terserap oleh wallpaper kedap suara. Penggunaan wallpaper kedap suara pada dinding meruapakan salah satu cara yang tepat untuk menciptakan rumah kedap suara.

Pasang Styrofoam pada Dinding

Sumber : depositphotos.com

Penggunaan syrofoam pada dinding merupakan salah satu cara untuk mencegah pemantulan bunyi pada bidang keras di rumah seperti dinding. Didalam styrofoam, terdapat ruang hampa pada pori-porinya sehingga dapat menahan gelombang-gelombang suara. Dengan sifat ini, penggunaan styrofoam dapat menjadi salah satu langkah yang dapat diterapkan pada rumah atau kamar agar rumah kedap suara.

Gunakan Gypsum pada Plafond

Sumber : bangizaltoy.com

Salah satu sumber kebocoran suara pada rumah atau kamar berasal dari langit-langit rumah. Untuk mencegah pemantulan suara pada langit-langit rumah, dapat dilakukan penambahan gypsum pada plafond. Gypsum memiliki bahan campuran salah satunya polymer yang dapat meredam suara. Dengan pemasangan gypsum pada plafond dapat meredam suara yang bocor dari langit-langit dan membuat suasana rumah kedap suara.

Pasang panel Akustik

Sumber : peredamsuara-akustik.com

Ruangan yang membutuhkan tingkat kekedapan suara yang tinggi biasanya menerapkan penggunaan panel akustik. Panel jenis ini dapat meredam suara dengan frekuensi tinggi, degung dan gema pada ruangan. Panel akustik umumnya digunakan pada ruangan auditorium, studio musik, tempat karaoke, gedung serbaguna, ruang rapat, dan lain-lain.

Aplikasikan Cat Peredam

Sumber : Orami.co.id

Salah satu cara untuk membuat rumah kedap suara adalah penggunaan cat peredam pada dinding. Cat dinding ini berbeda dengan cat dinding pada umunya yang dapat mereduksi suara 30% dari cat biasa. Sistem kerja dari cat ini yaitu menyerap suara kemudian di pantulkan kembali sehingga suara dari luar tidak masuk ke dalam ruangan. Cat peredam ini dapat diaplikasikan pada dinding luar dan atap rumah. Dinding luar dicat agar dapat meredam suara bising dari kendaraan sedangkan atap rumah di cat agar dapat meredam suara hujan.

Manfaatkan Rak Buku

Sumber : kompas.com

Selain langkah-langkah diatas, penggunaan rak buku pada ruangan dapat mengurangi kebisingan pada ruangan. Dengan adanya rak buku dapat menambah ketebalan dinding sehingga suara yang berasal dari luar harus melewati beberapa penghalang yang dapat mengurangi frekuensi suara masuk pada rumah. Namun harus diperhatikan, susunan buku pada rak harus rapat dan tidak renggang agar dapat mereduksi suara dengan optimal dan membuat rumah kedap suara.

Gunakan Tanaman

Sumber : ibadgarden.com


Selain berfungsi sebagai penyaring udara dan pemberi kesan teduh pada rumah atau kamar, penggunaan tanaman juga dapat mengurangi bising dan menciptakan rumah kedap suara. Kombinasi tanah yang berpori dan tanaman merupakan salah satu hal yang efektif dalam meredam bising. Tanaman dapat menyerap gelombang suara melalui daun, cabang, batang, dan kulit pohon serta mengubah energi suara menjadi energi kimia untuk proses fisiologis. Untuk memanfaatkan tanaman sebagai penyaring bising secara optimal, tanaman sebaiknya ditanam disekeliling rumah. Salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam sebagai pereduksi bising yaitu Begonia Rex. Tanaman ini mampu menyerap 97% energi suara yang ada.

Baca Juga : 50+ Desain dan Dekorasi Teras Rumah Kecil Minimalis dan Elegan

Pasang Pajangan/Lukisan

Sumber : artikel.rumah123.com

Siapa yang mengira keberadaan suatu pajangan seperti lukisan dapat berfungsi sebagai peredam suara. Lukisan dapat dipasang pada permukaan dinding yang masih kosong. Permukaan dinding yang keras menjadi tempat yang paling baik untuk memantulkan suara, sehingga dengan menutupi permukaan dinding dengan lukisan dapat mereduksi suara masuk ke dalam ruangan dan menciptakan rumah kedap suara.

Itulah beberapa cara dan tips agar ruang kamar dan rumah kedap suara. Semoga bisa membantu anda dalam menciptakan ruangan yang tenang sehingga anda bisa lebih nyaman dalam beraktivitas didalam rumah. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.