10 Inspirasi Ruang Pojok Baca Rumah yang Bikin Betah

Halo sobat Suryani Studio! Artikel kali ini akan menyangkut seputar ruang pojok baca!

Kamu punya hobi untuk membaca buku? Dan juga mengoleksi berbagai jenis buku dirumah kamu? Biasanya nih, kamu bakalan kerepotan untuk merawat tiap buku yang kamu miliki. Jangankan merawat, merapikan setelah membacanya pun kadang diantara kamu masih ada yang malas untuk melakukannya.

Bukan hanya karena malas saja, tetapi kadang hal tersebut didasari akibat tidak adanya space ruangan untuk kamu menyimpan berbagai koleksi buku dan dapat membacanya dengan nyaman diruang tersebut.

Maka dari itu, kamu bisa banget membuat sebuah ruangan yang dikhususkan untuk menyimpan berbagai koleksi buku bacaanmu, sekaligus menjadi area kamu ketika ingin kembali membacanya. Tidak perlu ruang yang begitu luas kok. Kamu masih bisa memiliki ruang pojok baca di rumah kamu walaupun dengan luasan yang terbatas.

Penasaran dengan desainnya? Yuk simak artikel berikut ini, Suryani Studio sudah merangkumnya loh dalam 10 inspirasi desain ruang pojok baca rumah, yang tentunya dapat memudahkan kamu dalam mendesain.

1. Ruang Pojok Baca dengan Fasilitas Kursi Malas

Ruang Pojok Baca

Ruangan dengan desain sederhana namun memiliki sebuah kursi malas, akan sangat bermanfaat bagi pembacanya. Dengan hadirnya kursi malas tersebut, akan menimbulkan kesan kenyamanan saat membaca buku-buku yang ada diruangan kamu.

Kursi malas ini dapat membuat otot-otot pada tubuhmu tidak menegang saat kamu membaca buku-buku yang ada. Kamu juga bisa loh melengkapi desain ruanganmu dengan menambahkan standing lamp dengan ukuran yang lumayan besar untuk membantu pencahayaan saat kamu membaca disuasana yang sedikit gelap.

2. Ruang Pojok Baca Dengan Tema Sesuai Kepribadian

Ruang Pojok Baca

Apakah kamu penggemar warna pastel ?

Jika iya, maka kebetulan sekali nih, desain diatas sangat recommended deh buat kamu. Selain furniture-nya yang tertata rapi, perpaduan warnanya pun sangatlah terlihat manis dan menyenangkan. Tentunya kamu bakalan betah deh untuk membaca dalam waktu yang lama di area tersebut.

Baca Juga: Paduan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Minimalis

Karena warna kepribadian kamu dapat dijadikan sebagai konsep ataupun tema dari ruang pojok baca yang kamu miliki. Karena warna/ tema yang berasal dari apa yang kamu sukai, tentu dapat meningkatkan moodbooster yang kamu miliki untuk melaksanakan aktivitas.

3. Ruang Pojok Buku dengan Kursi Gantung yang Nyaman

Ruang Pojok Baca

Desain interior dari ruang pojok baca selanjutnya ialah desain yang memadukan rak buku pojok dengan kursi gantung. Jika dilihat, ruang pojok baca tersebut cukup sempit. Namun dengan pengadaan rak buku yang berwarna putih serta ayunan yang berwarna putih pula, mengakibatkan ruangan tersebut tidak terasa membatasi pergerakan kita.

Sehingga perasaan kita merasakan ruangan yang cukup untuk menampung kegiatan yang akan dilakukan. Penggunaan kursi gantung juga tentu dapat menghemat pemakaian ruang yang ada. Sehingga betul-betul area tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

4. Ruang Pojok Baca yang Kreatif dengan Gaya Retro

Ruang Pojok Baca

Siapa sangka, Perpaduan antara penggunaan warna yang cerah namun terkesan old dengan modelling lampu untuk membaca yang cukup unik, serta sentuhan aksen pada bawah meja baca, dapat membuat penampilan ruang pojok baca kamu akan terlihat semakin unik dan kreatif dengan sentuhan nuansa retronya.

Ciri khas dari gaya retro ialah sifatnya yang terkesan atraktif serta warna yang ditampilkan memiliki unsur-unsur yang berbaur kejadulan, dengan maksud untuk menampilkan sentuhan klasik sekaligus dapat memunculkan kenangan yang indah pada masa lalu.

5. Ruang Pojok Buku dengan Perpaduan Hammock, dan Tangga.

Ruang Pojok Baca

Ada kalanya, desain dari sebuah pojok baca tidak mesti hanya terletak di pojok ruangan saja. Kamu juga dapat loh memanfaatkan beberapa area yang terlihat kosong di atas ruangan yang kamu miliki saat ini.

Kamu bisa melihat foto diatas, dimana seseorang pria dengan santainya sedang membaca sebuah buku diatas hammock yang mereka buat. dengan memanfaatakn aksen tangga untuk memudahkan dalam mengakses hammock. Sehingga segala luasan dari bangunan dapat kamu manfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Baca Juga: 10 Desain Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil Sederhana

6. Desain Ruang Pojok Baca Outdoor

Ruang Pojok Baca

Untuk kamu yang merasa bosan dengan suasana membaca didalam ruangan, kamu bisa menerapkan konsep green building seperti gambar diatas pada bangunanmu.

Perpaduan material kayu, rotan, rumput serta dinding dari susunan batu-batu akan menghadirkan suasana yang lebih alamiah yang dapat membuat kamu semakin semangat untuk membaca.

7. Ruang Pojok Baca dengan Tema Glamorous

Ruang Pojok Baca

Siapa nih yang suka dengan tema Glamorous? Tidak sedikit loh diantara kalian yang menyukai desain-desain bergaya elegant dan glamor. Desain dengan tema ini dapat membuat tampilan ruangan baca kamu menjadi lebih elegant dan mempesona.

Membuat tampilan ruang pojok baca sesuai dengan desain favorit kamu tentu dapat membuat minat kamu semakin tinggi untuk bersantai diarea tersebut sambil membaca buku-buku koleksimu.

8. Ruang Pojok Baca dengan Tema Scandinavian

Ruang Pojok Baca

Jika sebelumnya ada desain ruang pojok baca dengan tema glamor, kali ini adalah desain ruang pojok baca dengan tema scandanavian. Tema Scandinavian sendiri merupakan gaya desain yang memiliki karakter tampilan yang lebih bersih serta identik dengan penampilan yang memadukan dua unsur.

Yakni putih dan kayu. kamu tidak perlu repot berfikir cara untuk menciptakan suasana scandanavian pada ruanganmu. Karena kamu hanya perlu menyediakan bahan berupa cat putih untuk dinding ruanganmu, serta furniture dengan material kayu untuk menampilkan kesan scandanaviannya.

9. Ruang Pojok Baca dengan Desain Teepee

Ruang Pojok Baca

Desain untuk ruang pojok baca tidak selamanya harus menggunakan kursi dan meja untuk membaca. Kamu juga bisa menggunakan teepee atau tenda buatan sendiri  untuk dijadikan sebagai area bersantai dan membaca buku-buku. Hal ini tentu akan membuat suasana baru dapat tercipta untukmu.  

10. Ruang Pojok Baca dengan Desain Childish

Ruang Pojok Baca

Buat kamu yang sudah punya baby, desain satu ini sangat recommended untuk kamu terapkan di pojok rumahmu. Selain simple, desain ruang pojok baca tersebut dapat membuat si buah hati dengan sedirinya akan tertarik untuk membaca buku yang telah kamu sediakan, tanpa repot-repot lagi memaksanya untuk membaca buku.

Karena area tersebut telah kamu desain dengan senyaman mungkin yang akan membuat sibuah hati akan merasa lebih betah tinggal di area tersebut untuk membaca buku-buku.

Nah itulah 10 desain ruang pojok baca rumah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi kamu dalam mendesain. Selain tampilannya yang kece dan memukau, desain tersebut juga dapat membuat kamu merasa betah dan nyaman untuk tetap berdiam di area tersebut sambil membaca buku-buku yang kamu miliki.

Ingat yah, ruangan yang sempit bukanlah hal yang dapat membatasi kamu dalam menentukan desain suatu ruangan agar dapat menjadi lebih kreatif serta inovatif.

Kira-kira dari point 1 sampai 10, yang mana nih yang menjadi desain favorit kamu? Jangan lupa jawab di kolom komentar di bawah ini yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *