7 Manfaat dan Keunggulan Kasur Latex Beserta Rekomendasinya!

Kasur latex adalah kasur yang terdiri dari bahan latex. Menurut wikipedia, lateks adalah getah kental, sering kali mirip susu, yang dihasilkan banyak tumbuhan dan membeku ketika terkena udara bebas. Selain tumbuhan, sebagian hifa jamur dapat menghasilkan cairan kental seperti lateks. Pada tumbuhan, lateks diproduksi pada sel-sel yang disebut pembuluh lateks. Material ini berasal dari dasar getah pohon karet yang diolah sehingga menjadi balok kasuryang bersifat padat. Secara alami, permukaan latex akan mengembang meskipun tanpa membutuhkan gulungan logam ataupun pegas.

Salah satu kenggulan kasur latex dari jenis kasur lainnya yaitu kasur latex memiliki sirkulasi udara yang lebih baik sehingga ketika digunakan lebih sejuk. Jadi ketika kasur ini digunakan, maka kita tidak akan merasakan panas dan gerah karena panas akan diserap oleh latex.

Kasur latex memiliki beberapa jenis yaitu :

  • Synthetic Latex

Jenis kasur latex ini memiliki permukaan yang lembut dengan lubang-lubang kecil. Harga kasur latex jenis ini lebih murah dibanding jenis lainnya karena hanya terdiri dari 20 persen latex alam dan 80 persen bahan sintesis. Namun, jenis ini memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding dengan jenis kasur latex lainnya.

  • Natural Latex

Kasur latex natural memiliki ciri khas lubang yang lebih besar dan memiliki warna kuning pucat. Jenis natural latex lebih banyak dipilih oleh banyak orang karena lebih tahan lama. Kualitas jenis ini juga lebih baik dalam mencegah tumbuhnya bakteri dan antialergi. Hal ini dikarenakan jenis natural latex mengandung 80 persen latex alam.

  • Bio Latex

Jenis kasur latex ini lebih baik dibanding jenis lainnya dikarenakan mengandung 90 persen latex alami. Ciri khas yang menonjol dari jenis ini yaitu memiliki lubang yang lebih besar dan berwarna kuning keemasan. Bio latex juga memiliki tingkat keempukan yang tinggi sehingga lebih nyaman digunakan.

Berikut penjelasan mengenai manfaat dan keunggulan yang dimiliki kasur latex :

Kasur Latex Lebih Awet dan Tahan Lama

sp-gallery.com

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan pembeli ketika ingin membeli kasur adalah tingkat keawetan kasur tersebut. Semakin awet suatu kasur maka akan semakin menarik minat pembeli. Kasur latex adalah salah satu jenis kasur yang memiliki tingkat keawetan yang lama dibanding kasur lainnya. Namun, lama keawetan kasur latex kembali dipengaruhi oleh kandungan bahan latex alaminya. Semakin banyak kandungan latexnya, maka kasur akan lebih tahan lama selama beberapa tahun bahkan sampai belasan tahun dengan kualitas yang sama. Jenis kasur latex yang memiliki tingkat keawetan yang tinggi yaitu bio latex.

Permukaan Kasur Lebih Sejuk

yukotainoac.com

Semua jenis kasur latex berciri khas memiliki lubang dipermukaan sehingga kasur ini lebih elastis dan sejuk. Dari lubang-lubang ini udara sangat mudah mengalir sehingga sirkulasinya dapat berjalan baik. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik membuat jenis kasur latex lebih sejuk dan tidak gerah ketika digunakan dibanding dengan kasur lain. Jika sirkulasi udara baik maka akan membuat penggunanya lebih nyaman ketika menggunakannya.

Lebih Nyaman Digunakan

persmaunwar.com

Salah satu kelebihan dari kasur latex adalah lebih nyaman digunakan. Hal ini dipengaruhi oleh bahan yang digunakan sehingga struktur kasur latex menjadi tidak mudah menyusut ketika digunakan. Kasur latex juga memiliki beberapa pilihan jenis yang mempunyai kekerasan yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tidur anda. Oleh karena itu, pengguna akan lebih nyaman ketika menggunakan kasur latex.

Anti Jamur

kompas.com

Selain memiliki keunggulan yang telah dibahas diatas, kasur latex juga memiliki kelebihan lain yaitu anti jamur. Kasur latex bisa tahan dari jamur dikarenakan kasur latex berbahan latex alami yang berasal dari getah. Getah inilah yang menyebabkan jamur tidak akan mudah berkembang dan tumbuh pada kasur sehingga kasur akan lebih tahan lama.

Anti Tungau dan Kutu

halodoc.com

Selain anti jamur, kasur jenis ini juga bebas kutu dan tungau. Kasur yang berbahan dasar latex alami tidak mudah diserang dan dan tidak disukai oleh tungau dan kutu sehingga kasur ini akan lebih sehat dan higienis.

Anti Alergi

kasur latex
health.grid.com

Sebagaimana sifatnya yang anti jamur dan tungau, kasur ini juga anti terhadap alergi. Jamur dan tungau yang tidak bisa berkembang dengan baik akan menyebabkan kasur lebih bersih sehingga ketika digunakan tidak akan menyebabkan alergi bagi para penggunanya.

Antisipasi Gerak

lottemart.co.id

Ketika anda menggunakan kasur jenis ini, gerakan yang berlebih akan diredam. Saat orang lain bergerak berlebihan dikasur yang sama, maka anda tidak akan terlalu merasakan gerakan tersebut dibanding ketika anda menggunakan kasur yang lain sehingga anda bisa tidur lebih nyaman.

Sebelum membeli kasur, berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda :

  1. Sesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan dan luas kamar anda.
  2. Perhatikan tingkat kekerasan kasur
  3. Pilih ketebalan kasur yang sesuai dengan kebiasaan anda
  4. Pertimbangkan kasur lipat atau topper

Setelah mengetahui manfaat dan hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kasur, berikut akan dibahas mengenai rekomendasi kasur yang dapat menjadi pertimbangan anda.

  • Latex orthopedic

Jenis kasur ini sangat sesuai dengan anda yang memiliki bobot badan lebih berat. Selain itu kasur ini sangat cocok digunakan oleh penderita sakit punggung. Namun jika anda menyukai kasur yang lebih empuk, kasur ini mungkin tidak sesuai dengan anda. Rekomendasi kasur latex orthopedic dari admin, dapat dilihat disini.

  • Latex Lipat Gulung

Untuk anda yang suka bepergian, kasur jenis ini sangat sesuai dengan anda karena dapat dilipat sehingga mudah dibawah kemana saja. Kelemahan dari kasur ini terletak dari harganya yang cukup mahal. Adapun rekomendasi admin untuk kasur lipat dapat dilihat disini.

  • Kasur Lipat 3 Full Latex

Produk ini memiliki ketebalan yang cukup tinggi untuk kasur lipat yaitu 7,5 cm. Kasur ini cocok digunakan diruang TV sambil menonton. Kelebihan lain dari kasur ini yaitu memiliki kekerasan medium soft sehingga lebih empuk. Rekomendasi dari admin untuk kasur lipat 3 full latex dapat diakses disini.

  • Master Greentea Latex

Kasur jenis ini bisa melawan virus dikarenakan dilengkapi teknologi virase yang mempu melawan virus hingga 99,97 persen. Jenis kasur ini dapat anda lihat disini.

  • Latex Maxi Eucalyptus Topper

Bagi yang menyukai aroma eucalyptus, kasur ini bisa menjadi pilihan anda. Kasur ini memiliki cover menggunakan kain beraroma eucalyptus yang menyegarkan dan membuat tidur nyenyak. Rekomendasi dari admin untuk kasur lipat latex maxi eucalyptus dapat diakses disini.

Itulah penjelasan mengenai kelebihan dan manfaat kasur latex serta rekomendasi yang dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat dan memudahkan anda dalam memilih jenis kasur yang akan digunakan. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya.

Baca juga artikel : 50+ Desain dan Dekorasi Kamar Tidur Sempit yang Estetis

Leave a Reply

Your email address will not be published.