7 Cara Plamir Tembok Rumah Sendiri dengan Rapi

Saat ini, kamu mungkin akan sering menjumpai tembok yang mengalami keretakan ataupun bahkan sudah tidak rata dibeberapa titik, baik itu tembok rumah maupun tembok pada tempat kamu bekerja. Hal itu mungkin terjadi karena kurangnya presepsi pengetahuan dalam menyelesaikan pekerjaan dinding.

Kalian harus tau, bahwa ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk membuat pekerjaan dinding rumahmu menjadi rapi dan kuat untuk jangka waktu yang lama. Salah satunya ialah pengaplikasian plamir tembok pada rumahmu sebelum melakukan pengecatan.

Langkah awal dalam melakukan pekerjaan finishing tembok ialah memastikan bahwa tembok tersebut telah siap untuk dicat. Pastikan permukaan tembok sudah rata. Bila ada lubang yang cukup besar, kamu perlu menutupinya terlebih dahulu. Tentunya dengan menggunakan plamir untuk membuat tembok rumahmu semakin rata dan rapi.

Cara Plamir Tembok Rumah

Mungkin beberapa dari kalian masih bingung dengan istilah plamir, Plamir adalah material yang digunakan untuk membuat lapisan pada dinding/ tembok sebelum melakukan pengecatan.

Selain itu, plamir juga memiliki fungsi untuk meratakan permukaan pada dinding, sehingga dinding/ tembok kamu tidak akan terlihat bergelombang ataupun kelihatan tidak rata. Adapun bentuk dari plamir tembok ini sendiri ialah menyerupai adonan yang tidak encer dan tidak pula kental.

Baca Juga: 6 Penyebab Tembok Retak dan Cara Memperbaikinya

Fungsi plamir tembok pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi dempul. Namun, dempul digunakan pada pengecatan body mobil. Sedangkan plamir digunakan pada tembok/ dinding.

Untuk kamu yang ingin memplamir tembok rumahmu tanpa bantuan dari tukang dan orang lainnya, kamu bisa kok melakukannya dengan usahamu sendiri.

Berikut cara untuk plamir tembok rumahmu sendiri dengan hasil yang rapi, yuk simak bersama!

1. Menyediakan Alat Serta Bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah menyediakan alat serta bahan yang kalian butuhkan untuk plamir tembok. Adapun bahan serta peralatan yang dibutuhkan ialah sebagai berikut:

  • 1 Kg Lem putih pvac, berfungsi sebagai bahan perekat
  • 0,5 Kg super cement
  • 1 Kg Semen putih, sebagai dasar untuk pembuatan plamir
  • 2 Kg Kalsium
  • 20 L Air bersih
  • Wadah, yang berfungsi sebagai tempat untuk mencampur bahan plamir
  • Wadah kecil, untuk menyimpan plamir yang akan digunakan
  • Kapi besar serta kecil yang berbahan pvc
  • Kain lap yang bersih
  • Kape, untuk mengaplikasikan plamir pada tembok
  • Kertas amplas yang tidak terlalu kasar

2. Membersihkan Tembok Rumah

Step selanjutnya ialah membersihkan permukaan tembok yang akan kamu aplikasikan dengan plamir, menggunakan kain lap yang sebelumnya sudah kamu persiapkan. Pastikan tidak ada lagi debu serta kotoran yang menempel. Karena hal tersebut akan mempengaruhi daya kerat plamir yang akan kamu aplikasikan pada tembok tersebut.

Selain itu, tembok yang sudah kamu plamir juga akan terlihat bergelombang dan tidak rata, apabila terdapat debu serta kotoran pada tembok. Dan untuk tembok yang sebelumnya sudah dicat, sebaiknya kamu mengupas cat yang lama terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan plamir, hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Mencampur Bahan untuk Plamir

Cara Plamir Tembok Rumah 2

Selanjutnya ialah mencampur bahan plamir. Campurkan 0,5 kg super cement dengan air 20 liter kemudian aduk hingga betul-betul tercampur, lalu ambil 3 L campuran sebelumnya lalu tuang kedalam wadah yang sudah disiapkan. Masukkan semen putih 1 kg, Kalsium, serta Lem Putih. Kemudian aduk hingga benear-benar tercampur rata.

Baca Juga: 15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

Setelah jadi, ambil plamir secukupnya, kemudian pindahkan ke wadah kecil untuk kamu genggam saat akan memplamir tembok rumahmu. Namun, jika kamu tidak ingin repot, kamu juga bisa menggunakan jenis plamir instan yang sudah banyak disediakan di toko-toko bangunan. Namun, harganya tentu sedikit lebih mahal dibandingkan dengan plamir yang kamu buat dengan sendirinya.  

4. Mengaplikasikan Campuran Plamir dengan Kape

Cara Plamir Tembok Rumah

Ini merupakan proses paling inti, yakni mengaplikasikan plamir ke tembok itu sendiri. Tuangkan plamir tembok pada wadah. Lalu gunakanlah kape, kape merupakan alat yang digunakan untuk mengerik cat kering dan biasanya digunakan untuk mengaplikasikan plamir pada dinding, dengan bagian utama berupa besi yang berbentuk alas segitiga.

Sebaiknya kemu melakukan proses plamir dari permukaan tembok yang paling atas , kemudian melanjutkannya ke posisi bawah, hal ini dilakukan agar hasil plamir pada tembok kamu lebih sempurna. Lakukan langkah penutupan pada tembok yang mengalami keretakan dan yang berlubang, hingga semuanya tertutupi secara rata dan rapi.

5. Mengeringkan Plamir Tembok

Setelah melakukan semua langkah di atas, pastikan permukaan tembok yang telah kamu aplikasikan plamir tersebut benar – benar kering dengan sempurna, biasanya kamu membutuhkan waktu sekitar 24 jam agar bisa mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal.

6. Mengamplas Plamir yang Telah Kering

Setelah palmir tembok rumahmu sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya ialah melakukan pengamplasan pada permukaan tembok, Gosokkan kertas amplas yang teksturnya tidak terlalu kasar pada permukaan tembok, hingga ppemrukaan tembok anda menjadi rata dan halus.

7. Pengecekan Hasil Akhir

Setelah semua tahap diatas telah kamu lakukan, selanjutnya ialah mengecek kembali tembok rumahmu, apakah terdapat lobang ataupun permukaan yang tidak rata pada permukaan tembok kamu.

Jika masih terdapat lubang ataupun pori-pori yang terlihat, maka kamu perlu menutupinya kembali dengan plamir hingga semuanya benar-benar terlihat bersih dan rapi. Setelah itu, kamu boleh memberikan sentuhan cat tembok untuk membuat rumahmu menjadi lebih indah dan berwarna.

Dengan proses plamir yang baik, proses pengecatan akan lebih mudah dilakukan serta akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Hal ini dikarenakan proses plamir membuat warna pada cairan cat akan keluar di tembok rumah dan akan menjadi lebih terang serta aestetik.

Jadi sebelum melakukan proses cat, kamu harus benar-benar memastikan proses plamir tembokmu benar-benar sesuai tahapan dan mengahsilkan hasil yang rapi.

Di atas merupakan beberapa langkah untuk memplamir tembok rumah dengan rapi, mulai dari proses pembersihan, menyiapkan keperluan plamir, proses plamir hingga pengecekan hasil akhir, dan juga pengecatan. Dengan melakukan langkah tersebut dengan teratur, kamu bisa menghasilkan kualitas tembok yang baik dan memuaskan sesuai apa yang kamu ekspektasikan.

Baca Juga: 7 Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah, Serta Cara Mengatasinya

Sekedar informasi untuk kalian semua. Bahwa dalam pengaplikasian plamir ke tembok rumah, sebaiknya di gunakan atau aplikasikan hanya pada tembok interior atau tembok dalam rumah, hal ini dikarenakan plamir memang lebih cocok digunakan untuk tembok interior rumah. Sedangkan untuk tembok eksterior rumah, kamu cukup menggunakan lapisan acian unruk membuatnya terlihat lebih rapi.

Nah cukup simple-kan cara untuk plamir tembok rumah, kamu bahkan bisa mengaplikasikannya sendiri dirumah tanpa menggunakan jasa tukang yang tentunya bakal menguras isi dompetmu.

Sekali lagi, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, sampai jumpa di next article, tentunya dengan topik serta pembahasan yang tidak kalah menarik dari artikel saat ini! See yaa!

Author : Ramadhani Haq al Badri, 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *