10 Mitos Rumah Populer Beserta Penjelasan dan Solusinya

10 Mitos Rumah Populer Beserta Penjelasan dan Solusinya

Di zaman yang sudah modern ini, mitos atau takhayul masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Mitos lahir dari sebuah cerita leluhur yang turun temurun, dan dijadikan sebagai kepercayaan bagi beberapa orang untuk menghindari hal negatif terjadi. Apakah salah satu dari kamu percaya dengan mitos?

Artikel ini akan membahas mengenai mitos rumah. Pernahkah kamu mendengar soal mitos rumah? Di Indonesia sendiri, mitos rumah masih populer di kalangan masyarakat. Sebagian orang bergantung pada mitos saat berencana ingin membeli rumah. Segalanya akan diperhatikan mulai dari segi orientasi rumah, lokasi, tata ruang, nomor rumah dan sebagainya. Hal ini mereka jadikan syarat untuk membantu mereka terhindar dari kesialan dan mendapatkan hunian yang nyaman tanpa gangguan.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja mitos atau takhayul rumah yang sering disinggung masyarakat, berikut daftar mitos beserta solusinya:

Rumah Tusuk Sate

Nah, di antara mitos rumah lainnya, rumah tusuk sate ini menjadi mitos paling sering dibahas oleh kalangan masyarakat. Jangan salah paham dengan namanya ya! Disebut rumah tusuk sate bukan berarti rumah yang dipenuhi tusuk sate. Rumah tusuk sate adalah rumah yang posisinya berada pas ditengah depan pertigaan jalan.

Berdasarkan mitos yang beredar, bahwa posisi rumah seperti ini akan menimbulkan terjadinya hal-hal negatif. Diantaranya yatu sering terjadi pertengkaran antar penghuni rumah, ekonomi menurun, dan penghuni akan sering sakit.

Penjelasannya adalah timbulnya penyakit dan pertengkaran disebabkan oleh hawa panas karena posisi rumah membuat cahaya matahari dan jalan yang terekspos langsung. Sehingga, membuat sirkulasi udara tidak baik dan menyebabkan panas dan berdebu.

Selain itu, posisi rumah yang rawan kecelakaan sehingga diprediksi akan sering terjadi tabrakan akibat berada dekat dengan jalan. Maka dari itu, orang mengatakan ekonomi terhambat akibat perbaikan kerusakan.

Berdasarkan permasalahan diatas, solusinya adalah menambahkan kanopi agar cahaya matahari tidak langsung mengenai dinding. Untuk menghindari polusi debu dari jalan, sebaiknya posisi pintu dan jendela dialihkan ke samping. Kamu juga bisa menambahkan taman, kolam hiasan atau pagar di depan rumah sebagai pembatas dari jalan.

Rumah Menghadap Arah Timur

Orientasi bangunan seringkali dijadikan alasan terciptanya mitos rumah. Seperti arah rumah menghadap ke timur. Rumah yang mengarah ke timur diketahui dari posisi pintu utama.

Hal ini dianggap sebagai penyebab munculnya aura negatif bagi pengguninya yang membawa malapetaka. Seperti penghuni jadi sering sakit, rezeki terhambat bahkan menjadi tempat persembunyian makhluk gaib. Duh! Secara logika, penyebab penghuni sakit karena terkena paparan sinar matahari berlebihan.

Nah, kamu yang rumahnya terlanjur menghadap ke timur, solusinya adalah membuat halaman atau taman yang rapi di area depan rumah dengan perbanyak tanaman hijau menciptakan suasana segar dan asri dan meletakkan pot tanaman depan pintu masuk.

Baca Juga: 10 Desain Rooftop Garden Instragamable di Rumah Untuk Nongkrong Asyik

Rumah Luwang Mayit atau Lorong Sempit

Mitos rumah yang satu ini muncul dari kepercayaan masyarakat Jawa. Luwang mayit artinya liang kubur. Waduh serem ya! Rumah Luwang Mayit berarti ruangan yang memiliki ukuran hanya 2m x 1m. Terlalu kecil dan sempit sehingga disebut luwang mayit.

Umumnya, ruangan ini merupakan lorong kecil sebagai sirkulasi ruang yang letaknya di tengah menjadi pemisah antar ruangan satu dengan yang lainnya dengan posisi diapit tembok pada tiga sisi sehingga menciptakan lorong buntu.

Hal ini menyebabkan timbulnya mitos bahwa penghuni tidak akan betah, karena lorong buntu seperti itu akan terasa pengap dan tidak nyaman. Bagi kamu yang memiliki ruangan seperti ini di rumah, solusinya adalah kamu bisa menyulap lorong sempit tersebut menjadi sebuah galeri kecil dengan menambahkan lukisan dan foto menarik.

Agar tak tampak suram, kamu bisa menghias dindingnya dengan dicat berpola menarik dan memakai warna cat yang cerah. Untuk menambahkan kesegaran pada ruangan, beri tanaman khusus indoor agar terlihat asri dan sehat. Yakin deh! Kamu bakal tambah betah tinggal di rumah.

Rumah Sudut atau Hook

Rumah hook sering kita temui di perumahan atau sekitar jalan. Bagi yang belum tahu, rumah hook adalah rumah yang kaplingnya diapit dua jalan sehingga memiliki dua sisi terbuka dengan posisi berada di sudut jalan. Posisi rumah seperti inilah yang dianggap sebagian orang akan membawa sial seperti menghambat karir penghuninya dan sering terlibat keributan rumah tangga. Dikatakan bahwa penghuni akan selingkuh dan beristri lebih dari satu.

Jangan panik dulu ya! Ini hanya mitos belaka, tidak sepenuhnya benar karena kepercayaan tergantung dari setiap orang. Hanya saja masalah untuk rumah seperti ini terletak pada tempat yang paling sudut biasanya gelap. Apalagi jika sudut ruangan tersebut terhalang oleh tembok.

Selain itu, posisi yang memberi banyak celah tidak baik untuk dibuatkan pintu masuk karena kemungkinan akan memberi peluang bagi maling untuk beraksi.

Untuk solusinya adalah menciptakan ruang terbuka pada sudut yang merupakan area gelap dengan ruang hijau terbuka berada disudut akan terasa segar dan tidak gelap. Serta pagar yang digunakan yaitu pagar dengan proteksi yang baik.

Rumah dengan Pintu Depan dan Belakang Sejajar

Berdasarkan mitos yang beredar, rumah dengan pintu depan dan belakang yang sejajar dalam satu garis lurus disebut memiliki aura negatif dan membawa sial bagi penghuninya. Hal ini sering dikaitkan dengan kondisi keuangan, tak dapat menghemat dan selalu boros.

Sedangkan menurut Feng Shui, pintu yang sejajar seperti itu membuat energi positif yang masuk langsung keluar melalui pintu belakang. Hal ini membuat sirkulasi udara yang masuk tidak merata dan membuat suasana rumah kurang baik.

Baca Juga: 20 Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis yang Keren

Kelemahan seperti itu masih bisa diatasi dengan cara menempatkan sekat di antara dua pintu yang berhadapan. Berupa partisi, lemari, atau rak penyimpanan sehingga sirkulasi udara dapat membaik dan hunian menjadi nyaman ditempati.

Rumah dengan Angka 4 dan 13

Ada apa dengan angka 4 dan 13? Muncul sebuah kepercayaan bahwa angka ini keramat dan berakibat buruk. Berbagai pendapat mengatakan kalau angka 4 menyebabkan jabatan turun dan pekerjaan berantakan sedangkan angka 13 pembawa sial sehingga sebagian orang yang percaya akan hal ini merasa enggan dengan nomor rumah tersebut dan menggantinya menjadi 12b.

Rumah dengan Kamar Mandi Lurus Menghadap Pintu Utama

Selain ekterior, mitos juga sampai ke bagian interior rumah seperti pada penataan ruangnya. Yaitu perletakan kamar mandi yang berhadapan dengan pintu masuk. Banyak yang mengatakan, pintu utama yang berhubungan langsung dengan pintu kamar mandi menandakan keberuntungan pemilik rumah kurang baik.

Mengapa? Sebab hal ini berpengaruh pada energi dan aura positif yang masuk dan langsung lenyap akibat terbilas air toilet. Berdasarkan aturan Feng Shui sendiri, energi positif yang masuk melalui pintu utama ke sektor tengah rumah tercemar hawa kotor dari kamar mandi.

Nah, solusinya adalah pastikan pintu kamar mandi selalu tertutup. Tambahkan elemen seperti lemari atau rak yang bisa menghalangi pandangan kamar mandi dari pintu masuk. Kemudian tambahkan juga dekorasi berupa hiasan, lilin, atau tanaman pembersih udara di dalam toilet. Serta pastikan ventilasi kamar mandi tidak mengarah ke area pintu masuk.

Rumah dengan Tangga Menghadap Pintu Depan

Tangga yang menghadap pintu masuk katanya bisa mengganggu rezeki penghuninya. Nah, berikut penjelasannya. Dalam ilmu Feng Shui sendiri, ini menyebabkan keamanan penghuni dari luar rumah akan terganggu karena itu disebut berbahaya dan bisa memengaruhi retaknya hubungan keluarga dan karir penghuni bisa terseret.

Secara logika, letak tangga seperti ini bisa menyebabkan privasi penghuni yang seharusnya tidak diketahui orang luar malah diketahui oleh pengunjung atau tamu sehingga, tangga sebaiknya tidak berada di ruang tamu.

Apabila keberadaan tangga masih terlihat dari ruang tamu, bisa diatasi dengan memberi sekat di ruang tamu untuk menghalang pandangan langsung ke arah tangga.

Rumah dengan Posisi Kamar di Atas Garasi

Salah satu mitos lainnya yaitu permasalahan tata letak kamar tidur. Kamar tidur yang berada tepat di atas garasi bisa mengurangi keberuntungan dan bisa mengundang kecelakaan di jalan raya bagi penghuni rumah tersebut. Hmm hubungannya apa ya?

Penjelasannya adalah posisi kamar tidur seperti itu membuat keadaan ruang memiliki getaran dan pengaruh asap knalpot mobil atau motor dan itu menyebabkan polusi udara tersebar ke ruangan, dan bisa memengaruhi psikologi penghuni karena udara yang buruk membuat semangat dan pola pikir terhambat sehingga berakibat aktivitas pekerjaan jadi buruk. Rezeki pun surut.

Solusinya adalah tidak menempatkan kamar tidur di atas garasi. Sebaiknya ruangan dialihfungsikan menjadi ruang ganti atau tempat penyimpanan. Jika sudah terlanjur, maka sebaiknya jangan menempatkan kendaraan atau benda yang menyebabkan getaran ruang garasi. Bisa juga memasangkan panel akustik untuk mengurangi suara berisik dan getaran dari ruang garasi dan beri tanaman hias pembersih udara di kamar.

Rumah dengan Material Batu Bata

Bahasan mitos rumah yang terakhir ini berhubungan dengan material. Beda dari mitos sebelumnya, terdapat pendapat bahwa rumah yang dibangun dengan material bata merah bisa ditimpa kesialan bagi penghuninya.

Kepercayaan ini muncul dari salah satu desa di Indonesia. Sebuah cerita nenek moyang yang memengaruhi warga setempat tersebut tidak berani menyamakan rumahnya dengan bangunan punden dari Nyai Ageng Bakaran. Ditakutkan akan ditimpa musibah, karena punden tersebut dianggap keramat.

Solusinya adalah kamu bisa mengganti bata merah dengan material lainnya seperti batako, bata ringan, atau kayu. Kamu yang kurang tahu tentang mitos rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *