Trend Material! Material Lantai, Dinding, serta Plafond Modern Terkini 2020

Rumah merupakan sebuah bangunan yang ingin dimiliki oleh setiap orang, tidak heran apabila banyak orang menginginkan sebuah rumah hunian sesuai impiannya. Kamu juga pasti memiliki desain rumah impian untuk masa depanmu.

Dan buat kamu yang sedang ingin mendesain sebuah rumah dengan material modern dan terkini, namun masih bingung untuk mencarinya. Berikut beberapa material modern lantai, dinding serta plafond yang modern dan terkini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi desain kamu, simak artikel berikut ini.

Material Lantai, dinding, Plafond Modern

Material Lantai

Homogeneous Tile (HT)

Penutup lantai homogeneous tile (HT) merupakan material terbaru saat ini, bahkan material ini diklaim sebagai material yang lebih kuat serta kokoh dari material lantai keramik. seperti namanya “homogeneous”, struktur dari material ini hanya terdiri atas satu lapisan. Beda halnya dengan keramik lantai yang terdiri atas dua lapisan, yakni lapisan  tanah liat dan glasur.

Baca Juga : 15 Model Keramik Lantai Rumah yang Elegan

Berbicara mengenai kekuatannya, homogeneous tile (HT) jauh lebih unggul. Hal ini dikarenakan oleh bahan pembuat HT yang lebih banyak mengaplikasikan hard material, seperti halnya  silica serta feldspar. Material lantai tersebut memiliki daya kekuatan tekan berkisar 450 kg/cm2. Sedangkan keramik lantai hanya berkisar 300 kg/cm2.

Homogeneous tile juga lebih unggul terkait  daya serapnya. Homogeneous tile teruji sebagai material lantai terbaru yang memiliki daya serap air yang cukup kecil, yakni di bawah 0,5% , hal tersebut dikarenakan HT diproduksi melalui proses pembakaran yang mencapai suhu 1230℃. Sedangkan keramik di atas 10%. Tidak heran apabila  HT memiliki tingkat kekuatan yang cukup kuat serta tahan akan goresan.

Selain itu, Daya serap air yang lebih kecil tersebutlah  yang menjadikan HT diklaim lebih mudah dalam proses perawatannya, dikarenakan noda tidak  akan mudah menempel. Homogeneous Tile  sendiri dibedakan atas dua tipe, yakni polished dan unpolished.

Material Lantai Modern Glazed Polished Indogress

Glazed polished merupakan karya terbaru dari Indogress & Decogress yang memiliki beragam keunggulan. Seperti halnya kilap yang mencapai angka 95% ketika diuji coba dengan menggunakan alat pengukur kilap. Glazed polished juga tahan terhadap goresan, serta tersedia dalam beragam ukuran dengan dimensi  terbesar ialah berukuran  1m x 1m.

Produk tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia dengan dimensi mencapai angka 1m x 1m.  Glazed polished memiliki daya serap air yang kurang dari 0,5 persen. Produk ini juga memiliki pori-pori yang kecil sehingga dapat membuat lantai ini semakin kuat serta tahan lama.

Material Dinding

Hydroceramic Material

Hydroceramic material merupakan konstruksi dinding yang terbaru dan inovatif, disebut juga dengan istilah batu bata pendingin (hydroceramic). Dinding bangunan dengan material hydrokeramik mempunyai kelebihan yakni dapat mendinginkan suhu ruangan hingga mencapai 6℃, mirip dengan pengaplikasian  penyejuk udara (Air Conditioning) pada suatu ruangan.

Beberapa pihak bahkan menganggap inovasi hydrokeramic ini mampu untuk menggantikan fungsi dari penyejuk udara dimasa yang akan dating, sehingga dapat menghemat biaya pengoperasian sebuah bangunan. Di Singapura, material ini bahkan sudah mulai dikembangkan sebagai upaya menciptakan green buildings.

Material Hydrokeramik pertama kali dicetus oleh IAAC (Institue For Advanced Architecture of Catalinoa in Barcelona). Teknologi material hydrokeramik memanfaatkan substansi yang disebut dengan istilah ‘Hydrogel’ yang mampu menyerap air.

Lapisan dari material hydrokeramik terdiri atas:

  • Lapisan dasar, terbuat dengan bahan tanah liat (clay). Lapisan dasar berbentuk lubang konikal yang berfungsi untuk memberikan akses air serta udara dari hydrogel.
  • Lapisan Kedua. Lapisan ini memiliki fungsi untuk menyalurkan cairan ke hydrogel.
  • Lapisan luar, lapisan ini terbuat dari bahan tanah liat. Lapisan ini mempunyai luas yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan lapisan dasar.

Secara teknis, apabila udara di sekitar hydrogel mulai terasa panas, maka butiran hydrogel yang terkandung dalam dinding hydrokeramik akan menguapkan air yang sebelumnya terkandung didalamnya. Dengan demikian, ruangan akan terasa  sejuk. Fungsinya hamper mirip dengan  penyejuk udara pada ruangan, hanya saja material ini dapat digunakanakan tanpa menggunakan aliran listrik, sehingga lebih ramah lingkungan.

Terra Cool Si

Terra cool si ini hampir mirip dengan material Hydroceramic, namun terra cool si lebih praktis saja, dan juga lebih ekonomis. Selain itu, terra cool si menawarkan berbagai keuntungan. Jika kamu belum mengetahui material bangunan yang dapat menjadikan lapisan dinding kamu menjadi lebih indah sekaligus lebih nyaman, maka kamu harus mengenal jenis material bangunan satu ini.

Fungsi utamanya ialah untuk melindungi  lapisan luar dari dinding. Dengan teknologinya yang cukup canggih dari Jepang. Terra cool si yang  merupakan coating keramik ini dapat dengan mudah meredam panas yang akan membuat udara diruanganmu semakin sejuk. Bukan hanya itu saja, keunggulan lainnya adalah kamu dapat mampu menghemat penggunaan energi AC di dalam rumahmu.

Maka tidak heran apabila pemilihan bahan bangunan ini telah banyak diaplikasikan  pada bangunan maupun rumah di perkotaan. Penampakannya bahkan mampu membantu untuk memperindah dekorasi eksterior dari rumah kamu. Karena coating keramik untuk dinding mempunyai beragam pilihan desain dan warna. Dengan demikian, kamu bisa menentukan tampilan rumah sesuai keinginanmu.

Misalnya kamu menyukai motif alam, maka kamu dapat memilih jenis pelapis dinding bermotifkan alam. Material ini tersedia dalam berbagai warna dan juga motif yang dapat membuat rumah kamu nampak lebih elegan dan mewah sehingga menambah nilai estetika dari bangunanmu.

Diluar negeri, pelapis dinding ini telah banyak dikenal dan diaplikasikan pada bangunan, terutama pada kota besar, dikarenkan tidak  hanya mampu untuk meredam panas, tetapi juga mampu meredam suara bising dari jalan raya yang biasanya menimbulkan kebisingan yang tidak membuat nyaman.

Dengan segala keunggulannya, jenis material dinding  ini juga termasuk dalam salah satu kategori material pilihan yang dapat mengehmat budget yang kamu miliki. Maka tidak heran apabila banyak kontraktor merekomendasikan  jenis pelapis dinding ini.

Baca Juga : 6 Penyebab Tembok Retak dan Cara Memperbaikinya

Material Plafond

Petrafon

Petrafon Plafond merupakan merk produk plafon serta partisi inovasi terkini yang ramah akan lingkungan, berbahan dasar Poly Vynil Chloride (PVC) menjadi solusi modern untuk memenuhi kebutuhan plafon serta partisi rumah kamu dengan berbagai pilihan alternatif desain dan juga warna.

Tipe Premium merupakan pilihan produk terbaru dengan struktur PVC yang jauh lebih kuat serta elastis. Mengaplikasikan sistem “knock-down” menjadikankan pengerjaan pemasangan pvc plafon menjadi mudah serta efisien.

Nah itulah beberapa material lantai, dinding serta plafond yang saat ini sedang trendi dan digunakan oleh banyak orang. Baik itu didalam negrei maupun diluar negeri.

Jadi, buat kamu yang sedang bingung untuk mencari material bangunan rumah impianmu ataupun bangunan lainnya, kamu bisa menjadikan material-material diatas sebagai alternative desainmu, dikarenakan selain modern dan kekinian.

Material-material diatas juga merupakan material yang kreatif serta inovatif yang dapat membuat bangunan kamu menjadi lebih ekonomis serta ramah lingkungan. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *