13 Tips Lemari Tidak Berjamur, Super Ampuh dan Permanen!

Lemari tidak berjamur dan tahan lama adalah dambaan setiap orang. Apalagi, lemari kayu merupakan salah satu furniture yang paling banyak diminati oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan lemari kayu memiliki nilai estetika yang lebih bagus dan memiliki banyak variatif. Namun dibalik kelebihan penggunaan lemari kayu, terdapat kekurangan yaitu mudah terkena serangan jamur. Serangan jamur tersebut diakibatkan oleh kondisi lemari yang lembab. Hal ini tentu sangat merugikan.

Pertama, tumbuhnya jamur dapat mengurangi masa penggunaan lemari atau membuat lemari menjadi cepat rusak. Kedua, lemari yang berjamur berpotensi merusak barang-barang didalamnya. Ketiga, dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit kulit, infeksi, iritasi dan untuk beberapa orang dapat menyebabkan alergi, batuk dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan langkah untuk menghilangkan dan mencegah lemari agar tahan terhadap serangan jamur. Berikut tips agar lemari tidak berjamur dijamin ampuh dan permanen.

Gunakan Kamper di Dalam Lemari

penggunaan kamper agar lemari tidak berjamur
sehatq.com

Salah satu cara agar lemari tidak berjamur yaitu dengan menggunakan kamper dalam lemari. Ada banyak manfaat penggunaan kamper yaitu dapat mengurangi kelembapan. Kamper diletakkan di dalam lemari untuk mencegah udara lembab yang menimbulkan bau tidak sedap atau apek pada pakaian sehingga dapat memberikan kesegaran dan keharuman dalam lemari. Selain itu, penggunaan kamper juga dapat menghalau serangga seperti semut, kecoa dan cicak.

Lapisi Lemari dengan Cat Pernis

Hargacat.com

Jamur yang terdapat dilemari tentunya akan sangat mengganggu bagi pemiliknya. Salah satu cara untuk mencegah jamur pada lemari yaitu dengan melapisi lemari dengan cat pernis. Sebelum melapisi lemari dengan cat pernis, bersihkan terlebih dahulu jamur yang terdapat pada lemari menggunakan kain kering. Setelah itu lapisi lemari dengan cat pernis menggunakan kuas. Dengan melapisi lemari dengan cat pernis akan mencegah pertumbuhan jamur sehingga lemari tidak berjamur. Rekomendasi cat pernis dari admin, bisa klik disini.

Oleskan Alkohol agar Lemari Tidak Berjamur

Lazada.com

Langkah selanjutnya agar lemari tidak berjamur yaitu dengan mengoleskan alkohol dengan kadar 70%. Penggunaan alkohol ini dinilai ampuh untuk membuat jamur menghilang dan mencegah jamur untuk muncul kembali. Cara mengaplikasikan alkohol ini cukup mudah, pertama siapkan kain lap kering kemudian teteskan alkohol diatas permukaannya. Setelah itu, lap semua permukaan lemari terutama yang telah ditumbuhi jamur. Pastikan lemari benar-benar kering setelah diolesi alkohol sebelum dipakai kembali. Selanjutnya lemari siap untuk dipakai.

Pasang Dehumidifier

Jakartanotebook.com

Penyebab utama munculnya jamur pada lemari adalah suhu udara yang lembab. Untuk mencegah udara lembab pada lemari dapat digunakan Dehumidifier. Dehumidifier merupakan alat elektronik yang berfungsi menyerap udara yang mengandung uap air berlebih sehingga menyebabkan lemari menjadi lembab. Uap air tersebut kemudian dialirkan melalui pipa-pipa pendinginan yang menyebabkan terjadinya proses pengembunan atau disebut dehidrasi. Dengan kondisi udara yang tidak lembab menyebabkan lemari tidak berjamur. Rekomendasi Dehumidifier dari admin, bisa klik disini.

Gunakan Jeruk Nipis dan Garam

Rukita.co

Tips selanjutnya untuk menghilangkan jamur pada lemari yaitu dengan memanfaatkan jeruk nipis dan garam. Jeruk nipis memilki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat dijadikan bahan penghilang jamur pada lemari. Selain itu, lemari juga memiliki kandungan sitrun yang mampu merusak jaringan pada jamur sehingga jamur akan mati. Cara mengaplikasikan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan jamur pada lemari yaitu dengan memeras terlebih dahulu air jeruk nipis kemudian dicampur dengan garam. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut pada lemari dan gosok menggunakan sikat gigi. Setelah itu keringkan lemari menggunakan sinar matahari langsung atau kipas angin.

Pastikan Sirkulasi Udara Berjalan Lancar

Kompas.com

Sirkulasi udara yang tidak lancar akan menyebabkan tingkat kelembaban yang tinggi sehingga jamur akan lebih mudah tumbuh. Untuk membuat sirkulasi udara lebih baik, pastikan setiap ruangan memiliki bukaan yang cukup untuk masuk dan keluarnya udara. Penggunaan kipas angin atau AC juga dapat menjadi salah satu cara menjaga kelembaban ruangan jika dalam ruangan tersebut tidak memungkinkan udara alami mengalir kedalam ruangan.

Gunakan Alas Lemari

Biggo.com

Selain langkah diatas, cara untuk mencegah lemari tidak berjamur yaitu dengan menggunakan alas pada lemari untuk memberi jarak antar lemari dengan lantai. Lantai yang memiliki suhu yang dingin dan menyerap lembab jika bersentuhan langsung dengan lemari maka akan memicu tumbuhnya jamur. Oleh karena itu diperlukan alas untuk memberi jarak. Rekomendasi alas lemari dari admin, bisa klik disini.

Pasang Lampu pada Lemari

Aliexpress.com

Selain suhu yang lembab, pencahayaan yang minim pada lemari juga berpengaruh pada perkembangan jamur. Oleh karena itu untuk mencegah tumbuhnya jamur pada lemari lakukan pemasangan lampu untuk memberikan penerangan yang maksimal. Penggunaan lampu juga dapat mengurangi kelembaban pada lemari dari sinar yang dipancarkan. Dengan memasang lampu pada lemari diharapkan dapat mencegah munculnya jamur pada lemari.

Jangan Meletakkan Lemari Menempel pada Dinding

Parapuan.com

Selain memberikan jarak antara lemari dengan lantai, lemari juga perlu diberikan jarak dengan dinding. Dinding memiliki sifat yang sama dengan lanati yaitu memiliki suhu yang dingin dan menyerap lembab, apalagi dinding yang berbatasan dengan luar bangunan akan lebih mudah menyerap air dan udara dari luar rumah. Oleh karena itu dinding harus diatur agar tidak bersentuhan langsung dengan dinding sehingga kelembaban dinding tidak diteruskan pada lemari yang dapat memicu perkembangan jamur.

Gunakan Cuka Putih

Parapuan.co

Cuka memiliki kandungan yang sama dengan jeruk nipis yaitu memiliki keasaman yang tinggi sehingga dapat membersihkan jamur yang ada. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mencampurkan cuka dengan air dengan perbandingan 50 : 50. Setelah itu, campuran air dan cuka disemprotkan pada lemari. Diamkan beberapa saat kemudian gosok menggunakan sikat gigi atau kain lap kering. Tunggu sampai lemari benar-benar kering sebelum digunakan.

Lapisi Plastik

blibli.com

Tips selanjutnya agar lemari tidak berjamur yaitu dengan menggunakan plastik atau koran sebagai alas di dalam lemari. Hal ini dilakukan agar pakaian atau benda-benda yang disimpan dalam lemari tidak bersentuhan langsung dengan lemari sehingga dapat menjaga kebersihan lemari dan mencegah tumbuhnya jamur. Namun, penggunaan plastik atau koran ini harus diganti secara berkala.

Gunakan Obat Anti Jamur

catkayu.com

Obat anti jamur merupakan salah satu tips untuk membuat lemari tidak berjamur. Cara mengaplikasikannya kurang lebih sama dengan pengaplikasian alkohol yaitu dengan menyemprotkan obat anti jamur pada lemari kemudian dilap menggunakan kain yang kering. Setelah disemprot dan dilap menggunakan kain kering, keringkan lemari menggunakan sinar matahari langsung atau menggunakan kipas. Setelah itu lemari siap digunakan.

Jaga Kebersihan Lemari Secara Berkala

Idea.grid.id

Dari tips yang telah disebutkan diatas, hal terpenting untuk mencegah lemari berjamur adalah dengan menjaga kebersihan lemari secara berkala. Keluarkan pakaian atau benda dalam lemari terlebih dahulu setelah itu bersihkan lemari dari debu menggunakan kemoceng kemudian lap menggunakan kain yang bersih. Tunggu sampai lemari benar-benar kering sebelum pakaian atau benda diletakkan kembali didalamnya.


Itulah beberapa tips agar lemari tidak berjamur. Semoga bermanfaat bagi pembaca untuk membersihkan dan mencegah lemari anda dari jamur yang meresehkan. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya.

Baca Juga : 50+ Dekorasi Kamar Pengantin Sederhana Tapi Elegan Seperti di Hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.