Gypsum Adalah… Berikut 15+ Kelebihan dan Kekurangan Gypsum

Gypsum Adalah
Sumber: www.unsplash.com/Henry Co

Tanpa material dan bahan bangunan, rumah impian kamu tidak akan bisa terwujud. Pada industri bangunan dan konstruksi, gypsum dimanfaatkan sebagai pelapis dinding dan plafon untuk melengkapi interior dalam ruangan.

Kamu mungkin penasaran sebenarnya gypsum itu apa sih?

Gypsum adalah jenis mineral sulfat yang terdiri dari kalsium sulfat dihidrat dengan tekstur seperti kapur dan sifatnya sangat ringan biasanya berbentuk kristal. Secara umum, gypsum ini digunakan sebagai bahan dasar dalam cetakan dinding (wall moulding), patung, dan plesteran.

Hadirnya gypsum dalam beberapa tahun terakhir di bidang kontruksi, bertujuan untuk mempercepat kinerja konstruksi dan kualitas yang lebih tinggi menyeimbangkan dengan teknologi saat ini. Nah, jika kamu ingin atau sedang merencanakan untuk membangun rumah dan sedang mencari tahu apakah bahan material gypsum cocok jadi pilihan kamu. Berikut ini adalah penjelasan infomasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari gypsum.

Kelebihan Gypsum

Instalasi Gypsum
Instalasi Gypsum pada Plafon & Dinding

Material Gypsum Bernilai Ekonomis

Material gypsum tersedia dengan berbagai ukuran dan jenis untuk dinding dan plafon. Harganya yang relatif murah menjadi salah satu tolok ukur masyarakat lebih suka dan memilih untuk memakai bahan gypsum ini dibandingkan dengan material lain. Selain itu biaya tenaga kerja untuk pemasangan gypsum untuk bangunan terbilang rendah.

Gypsum Termasuk Ramah Lingkungan

Gypsum dikenal sebagai material ramah lingkungan. Mengapa demikian? Karena material gypsum yang telah digunakan dan dibuang tidak akan tercemar, sebab sisa-sisanya akan langsung melebur ke tanah. Beberapa produk gypsum telah memenuhi standar produksi yang terbukti jelas dan aman. Bahkan gypsum juga dapat menghemat energi, karena sifat gypsum yang cepat menyesuaikan suhu dalam ruangan dengan cepat. Selain itu, material gypsum juga bisa didaur ulang. Saat ini berbagai jenis produk gypsum yang baik bagi kesehatan dan lingkungan sudah tersebar kemana-mana. 

Gypsum Termasuk Material Pasaran

Harga yang relatif murah membuat bahan gypsum ini pasaran dan mudah didapatkan di toko bangunan terdekat.

Material Gypsum Tahan Api

Pengaplikasian gypsum terbukti sebagai bahan bangunan tahan terhadap api sehingga aman dari bahaya akibat kebakaran. Karakteristik bahan gypsum dapat melepaskan uap ketika dihadapkan dengan panas yang tinggi, karena sifat tersebut bahan gypsum dapat memperlambat perpindahan panas dan penyebaran api.

Bahan Gypsum Memiliki Banyak Motif

Adanya cetakan khusus untuk estetika interior menciptakan banyak motif dan ukiran unik dari gypsum. Papan gypsum yang memiliki bermacam motif inilah yang sangat digemari di bidang properti, karena dapat memberi kesan modern klasik dan indah untuk interior rumah. Pada umumnya, motif gypsum yang paling populer yaitu motif floral dan geometri. Kamu bisa memilih motif sesuka hati sesuai dengan konsep rumah kamu.

Instalasi Material Gypsum Mudah

Proses pemasangan papan dinding berbahan gypsum saat ini jauh lebih mudah dan cepat. Hal ini disebabkan oleh bahannya tersedia dengan berbagai ukuran sehingga bisa menutupi area dinding dan langit-langit lebih luas dibandingkan material lain.  Gypsum mudah dipotong dengan gergaji maupun pisau. Selama proses instalasi gypsum, perkakas yang digunakan hanya sedikit karena dapat dipasang dengan berbagai jenis penguat seperti paku, staples, dan sekrup.

Perawatan Mudah dan Tidak Ribet

Ketertarikan akan bahan gypsum ini juga disebabkan karena perawatannya yang mudah dan tidak ribet. Dengan modal sapu dan lap kamu bisa menghilangkan debu dan sarang laba-laba yang ada pada plafon maupun dinding yang berbahan gypsum. Sangat baik jika dilakukan secara rutin dan ingat hindari dari air. Jika terjadi kebocoran atau kerusakan parah kamu tidak perlu khawatir karena perbaikannya tidak ribet dan tidak perlu dibongkar total. Hanya dengan melakukan kompon ulang ke bagian yang retak, kerusakan pun bisa teratasi.

Material Gypsum Anti Rayap

Bahan dasar papan gypsum merupakan campuran kertas, kapur dan perekat. Nah, rayap suka memakan kertas gypsum. Mereka akan melubangi terlebih dahulu kapur lalu memakan serta kertas sehingga akan terjadi lubang pada dinding dan plafon. Bahan gypsum tidak akan dimakan oleh rayap jika keadaannya tidak lembab. Maka dari itu, hindari air dari bahan gypsum  dan tetap jaga dalam keadaan kering baik di plafon maupun dinding agar tidak bocor, rapuh dan berlubang akibat rayap.

Fleksibilitas dan Serbaguna

Segala bentuk persyaratan terhadap elemen desain arsitektur dapat dilewati dan digapai dengan mudah dengan material gypsum. Hal itu disebabkan kualitas utama gypsum seperti ketersediaan, perbaikan dan pengaplikasian yang mudah, harga ekonomi, serta kemampuan beradaptasi pada segala bentuk dekorasi membuat material ini lebih laku di bidang properti.

Gypsum Sebagai Peredam Suara

Pemasangan papan gypsum sebagai plafon ataupun dinding efektif membantu untuk mengontrol suara bising dari luar bangunan. Sangat cocok digunakan bagi kamu yang lokasi rumahnya berada di dekat area pabrik atau pinggir jalan. Dengan gypsum dapat mencegah suara kebisingan yang tidak diinginkan.

Tekstur Gypsum Rata dan Mulus

Finishing gypsum lebih merata dan mulus dibandingkan material lain sehingga dapat menciptakan bentuk yang lebih elegan dan artistik pada interior ruangan. Kelebihan gypsum selanjutnya yaitu permukaan yang lebih rapi dan bersih.

Baca Juga: Trend Material! Material Lantai, Dinding, Serta Plafon Modern Terkini 2020

Kelemahan Gypsum

Tembok Gypsum Rusak
Tekstur Tembok Retak

Tidak Tahan Air

Bahan gypsum ini tidak tahan dengan air, jika gypsum terkena air akan terjadi kelembaban ekstrim dan terus-menerus. Bahkan rayap sangat suka jika gypsum dalam keadaan lembab sehingga menyebabkan panel gyspsum jatuh bertaburan dan tumbuh jamur pada dinding ataupun plafon. Perlu diingat, jangan pernah mengaplikasikan material gypsum di area kamar mandi atau ruangan apapun itu yang bisa menimbulkan kelembaban.

Gypsum Lemah Terhadap Benturan

Kekurangan gypsum lainnya adalah tidak tahan dengan benturan. Tidak disarankan menggunakan bahan gypsum jika lokasi rumah berada di sekitar jalan dengan lalu lintas yang sangat padat. Sebab area tersebut rawan akan kecelakaan kendaraan sehingga potensi tabrakan pada bangunan sangat tinggi.

Gampang Bernoda dan Kusam

Jika gypsum terkena air dan menjadi basah juga lembab, permukaan gypsum cepat bernoda dan berjamur. Sehingga perlu hati-hati menempatkan plafon dan dinding dengan material gypsum di setiap ruangan.

Perawatan Gypsum Rutin dan Berkala

Sangat dibutuhkan perawatan yang rutin bagi kamu yang mengaplikasikan dinding atau plafon gypsum di rumah. Usahakan tidak tertinggal kotoran dan noda pada plafon atau dinding gypsum dalam waktu yang lama. Biasanya perawatan seperti ini akan membuat malas penghuni untuk membersihkannya secara rutin. Walaupun begitu jangan dibiarkan kotoran membandel ya! Rumah yang bersih akan membuat penghuni nyaman dan tenang.

Baca Juga: 6 Penyebab Tembok Retak dan Cara Memperbaiki

Tidak Tahan Beban Berat

Jika mengaplikasikan gypsum pada dinding maupun plafon, perlu diperhatikan apakah penyangganya sudah kuat khususnya bagi plafon. Sebab material gypsum ini rentan terjadi keretakan bahkan sampai roboh.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari material gypsum. Semoga kamu yang membaca artikel ini bisa terbantu dan ilmunya bertambah tentang gypsum. Sebelum memulai membangun rumah impian kamu, terlebih dahulu mencari tahu kekurangan dan kelebihan materialnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *