Kalsiboard Adalah. . . . Berikut 15+ Kelebihan dan Kekurangan Kalsiboard

Plafon rumah merupakan elemen terpenting yang perlu diperhatikan keamanan dan ketahanannya. Berbagai jenis material khusus plafon pun semakin lama semakin banyak jenis yang bermunculan. Hal ini kerap menimbulkan rasa kebingungan bagi masyarakat untuk memilih yang mana yang terbaik. Salah pilih material, tentu resikonya besar. Apakah kamu tahu kalsiboard? Kalsiboard menjadi salah satu material bangunan yang populer di kalangan masyarakat sebagai plafon rumah. Nah, dari sekian jenis material plafon, kamu perlu mempertimbangkan material yang satu ini yaitu kalsiboard.

plafon kalsiboard

Apa itu Kalsiboard?

Kalsiboard adalah sebuah material bangunan yang tercipta dari hasil campuran beberapa bahan, di antaranya semen, serat selulosa, pasir silika dan air. Material ini banyak digunakan sebagai pengganti dari gypsum board dan fiber cement board.

Kegunaan Kalsiboard

Kalsiboard ini digunakan sebagai partisi di dalam ruangan dan plafon. Sifat material iniĀ  yang tahan api dan lembab membuatnya cocok diaplikasikan pada area yang basah. Sehingga termasuk sangat luas dalam pengaplikasiannya, seperti beberapa gedung perkantoran, rumah sakit, pabrik, kedai kopi, sekolah dan lainnya telah menggunakan material kalsiboard.

Kemudian selain sebagai bahan plafon, material ini juga dapat digunakan untuk pelapis dinding eksterior, penyekat antar ruangan, penyekat pipa, billboard outdoor, dan partisi dinding pada toilet. Selain itu juga memiliki banyak sifat di antaranya ringan, tahan air, tidak tembus cahaya, dimensinya luas dan instalasinya mudah sehingga menjadikan dinding rumah menjadi terlihat baik dan bagus.

Kelebihan Material Kalsiboard

Adapun beberapa kelebihan dari material kalsiboard ini di antaranya:

1. Ketahanan terhadap api yang baik

Salah satu material plafon ini merupakan material yang memiliki sifat yang tidak mudah terbakar dalam kategori kelas A. Jika terjadi kebakaran, kalsiboard tidak akan terbakar dan juga tidak akan menghasilkan asap beracun.

2. Kalsiboard tahan terhadap air

Selain ketahanannya terhadap api, material ini juga memiliki ketahanan yang bagus terhadap air. Sehingga bisa diaplikasikan pada kamar mandi, pada kamar mandi dengan kelembaban yang tinggi pun masih bisa tahan.

3. Kekuatan tinggi

Material plafon ini mempunyai kekuatan tinggi sehingga membuat dinding yang kokoh, tidak mudah pecah dan rusak.

4. Sebagai penyekat suhu dan suara yang baik

Salah satu material yang sangat baik dalam menstabilkan suhu dan juga kedap suara. Sehingga mampu menciptakan kenyamanan dalam ruangan.

5. Material yang tahan lama

Kelebihan selanjutnya yaitu material ini termasuk yang tahan lama. Hal ini disebabkan kalsiboard kebal terhadap gangguan serangga dan semut. Selain itu juga tidak mudah berkarat sehingga membuatnya bertahan dalam waktu yang lama.

6. Instalasi Mudah dan Cepat

Selain itu kelebihannya adalah material yang sengaja dirancang dengan pemasangan yang cepat dan mudah. Sehingga mempermudah dalam membangun sebuah bangunan, khususnya pada bagian plafon. Bagian pinggir material ini yang tipis mempermudah proses instalasi. Permukaannya pun sama rata dengan lembaran papan, bahkan dapat kalsiboard dapat disambung tanpa mengaplikasikan kompon sama sekali loh.

7. Nol Persen Kandungan Asbes

Material yang mengandung asbes sangatlah berbahaya untuk kesehatan, dapat menyebabkan kanker paru-paru. Nah, untuk material ini sendiri tidak mengandung asbes sama sekali sehingga aman digunakan sebagai material plafon. Kamu bebas mengaplikasikannya di dalam ruangan manapun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena material ini aman bagi kesehatan.

Baca Juga; Gypsum Adalah. . . . Berikut 15+ Kelebihan dan Kekurangan Gypsum

8. Spesifikasi Kalsiboard Jelas

Spesifikasi pada material sangat penting untuk diperhatikan. Membangun sebuah bangunan tentunya memerlukan kejelasan yang tepat untuk disesuaikan dengan perencanaan bangunan. Mulai dari ukuran, jenis dan ketahanannya. Material ini memiliki kelebihan juga dalam spesifikasi. Kamu bisa memilihnya dalam bentuk pabrikasi sesuai dengan kebutuhan ukuran dan jenis bangunan yang ingin dibuat.

9. Memiliki Sifat Yang Lentur

Berbeda dengan material lainnya, kalsiboard ini memiliki sifat bahan yang lentur. Sifat elastisitasnya yang bagus ini, membuat kreatifitas tukang bangunan lebih unik dan tidak kaku. Bukan hanya bentuk yang datar, material ini pun dapat dibentuk melengkung tanpa mengurangi ketahanan dan kekuatannya.

10. Perawatan tanpa ribet

Jika kamu salah satu orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan plafon, kamu cocok menggunakan material ini. Perawatannya pun tidak sulit kok. Jika terjadi kebocoran, kamu cukup mengampelasnya sampai noda hilang, kemudian mengecat ulang permukaan plafon. Selain itu, perawatan sehari-harinya cukup menggunakan sapu khusus plafon saja. Mudah kan?

Kekurangan Material Kalsiboard

Selain memiliki beberapa kelebihan, material ini juga tentunya memiliki kelemahan. Berikut beberapa kelemahannya.

1. Tingkat Penyusutan Tinggi

Salah satu kekurangan material ini yaitu memiliki penyusutan yang tinggi. Hal ini tentunya mengganggu bangunan saat musim kemarau ataupun musim hujan. Saat musim hujan struktur material ini akan mengembang, sedangkan saat musim kemarau strukturnya akan menyusut. Sehingga keretakan pada bangunan seperti retak rambut bisa terjadi pada plafon. Solusinya adalah kamu bisa mengaplikasikan AC di dalam rumah.

2. Belum pasaran di indonesia

Kalsiboard ini belum menyebar luas di Indonesia karena masih termasuk material yang baru. Sehingga tidak semua toko bangunan di Indonesia yang menyediakan stok material bangunan ini. Apalagi di daerah pedesaan. Dominan penggunaannya masih dalam level perkotaan. Maka dari itu penyediaannya hanya bisa didapat di daerah perkotaan saja, dan di pedesaan masih sulit ditemukan.

3. Harga yang mahal

Harga adalah pertimbangan paling penting yang peru dipikirkan setelah kualitas. Material kalsiboard ini sendiri termasuk memiliki harga yang relatif mahal. Jika kamu berencana untuk membangun rumah dengan budget murah, tentu saja material ini tidak masuk dalam kategori. Kamu bisa mengeluarkan uang sekitar 57 ribu hanya untuk satu papan saja, dengan ukuran 1,2 x 2,4 m. Wah, perlu pikir yang matang ya guys.

4. Mudah jebol

Jika digunakan sebagai material dinding bagian luar akan kurang aman karena kalsiboard sifatnya mudah jebol. Kalsiboard hanya cocok digunakan sebagai material interior saja. Jadi, disarankan lebih baik kamu hindari penggunaannya untuk bagian luar guys. Hanya pada bagian interior seperti plafon ataupun penyekat ruangan saja ya.

5. Resiko retak dan pecah (sebagai dinding)

Terdapat resiko retak dan pecah jika diaplikasikan sebagai material dinding dalam. Sehingga kamu perlu hati-hati dalam proses instalasi kalsiboardnya ya.

6. Kurang bagus menyedap suara (sebagai dinding)

Material ini juga kurang bagus dalam mengedap suara dari dinding. Seperti suara sebelah ruangan dan suara bising di luar. Tetapi jika kamu terpaksa harus memakai kalsiboard sebagai dinding penyekat ruangan, tambahkan dengan glass woll. Hal ini dilakukan agar penyekat lebih dapat menyaring suara bising dari sekitar ruangan tersebut.

Baca Juga: Trend Material! Material Lantai, Dinding, serta Plafon Modern Terkini 2020

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari material kalsiboard ya teman-teman. Sebelum mengaplikasikan material ini, terlebih dahulu pastikan mencari beberapa informasi terkait seperti artikel ini. Agar supaya projek bangunan atau perencanaan rumah kamu dapat mencapai hasil yang maksimal. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu dan memberi solusi bagi kamu yang ingin menggunakan kalsiboard dalam projek bangunan. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *