15 Inspirasi Kamar Tidur Kecil Yang Kekinian dan Terasa Luas

Saat ini, lahan semakin menyempit. Sementara jumlah penduduk semakin meningkat. Sehingga banyak sekali client yang membangun rumah dengan desain minimalis untuk memenuhi kebutuhan akan rumah tinggal di lahan yang terbatas.

Baca Juga: 15 Desain Rumah Kecil Unik yang Bisa Buat Kamu Terinspirasi

Hal ini pula yang membuat kita terkadang menyisihkan ruang yang sedikit sempit untuk kamar tidur. Agar rumah dapat memenuhi kebutuhan ruang walaupun dengan lahan yang terbatas.

Namun, kamu tidak perlu khawatir dalam menentukan desain untuk kamar tidur yang memiliki ukuran yang sempit. Ada berbagai hal yang dapat kamu lakukan agar tampilan kamar tidur yang sebelumnya sempit, dapat terlihat luas. Untuk kamu yang penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Desain Kamar Tidur Kecil dengan Nuansa Serba Putih

Desain Kamar Tidur Kecil dengan Nuansa Serba Putih

Hal ini mungkin sudah menjadi rahasia publik. Yap! Warna putih merupakan salah satu warna yang menjadi alternatif paling populer untuk membuat ruangan kamu terlihat semakin luas, walaupun berada di ruang yang cukup sempit. Kamu juga dapat menerapkan interior kamar yang serba putih mulai dari furniture, seprei hingga dinding dan juga pintu.

Agar tidak terlihat monoton, kamu dapat menggunakan beberapa furniture dengan warna yang berbeda. Contohnya, menggunakan furniture yang menggunakan material kayu. Serta menambahkan bantal yang berwarna pastel untuk membuat tempat tidurmu tidak terlihat pucat.

2. Memanfaatkan Area Di Bawah Tempat Tidur

Memanfaatkan Area Di Bawah Tempat Tidur

Kamar tidur kacil tentu dapat membuat pemiliknya merasa kewalahan dikarenakan keterbatasan akan ruang untuk penyimpanan. Salah satu solusi cerdas untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan memanfaatkan area bawah dari tempat tidur sebagai rak penyimpanan barang-barang.

Solusi untuk interior kamar berukuran kecil ini sangat cocok untuk para pelajar. Rak ini tentu akan bermanfaat sebagai rak penyimpanan pakaian, mainan, buku dan sebagainya. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan lemari yang tentunya dapat menyita banyak ruang dalam kamar tidur.

3. Gunakan Rak Melayang di Atas Tempat Tidur Agar Interior Kamar Tertata Rapi

Kamar tidur kecil

Jika kamu merasa bahwa interior dari kamar tidur kecil kamu sudah dipenuhi dengan furniture utama sehingga kamu sudah tidak memiliki area untuk menyimpan beberapa pajangan barang kesayangan. Kamu bisa menggunakan rak dinding yang  bisa kamu letakkan di atas tempat tidur sebagai solusi dari permasalahan diatas.

Kamu dapat memosisikannya pada dinding yang berada disebelah tempat tidur atau juga bisa memosisikannya pada bagian kepala tempat tidur untuk menggantikan peran dari headboadr. Hal ini tentu akan membuat furniture ruangan kamu semakin fungsional.

Saran untuk kamu ialah usahakan untuk memberikan jarak yang cukup antara ruang gerak dengan rak dinding tersebut. Agar ketika kamu bangun tidur, kamu tidak perlu lagi khawatir akan menyenggolnya.

4. Gunakan Sofa Bed Sebagai Pengganti Spring Bed

 Kamar tidur kecil

Untuk bisa merasakan tidur yang nyenyak, kamu tentu membutuhkan sebuah alas tidur yang nyaman serta empuk. Spring bed tentu bukan merupakan satu-satunya alas tidur yang empuk. Kamu dapat mengganti kehadiran dari sebuah spring bed dengan sofa bed yang tentunya memiliki alas yang tidak kalah empuknya.

Keunggulan dari sofa bed ini ialah ukurannya yang sedikit lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran single spring bed. Sehingga dapat memaksimalkan penggunaan area dari kamar tidur. Selain itu, sofa bed ini juga dapat difungsikan sebagai sofa sesuai dengan namanya.

Apabila kamu ingin duduk dan mengundang teman-temanmu untuk kerja kelompok di rumah bersama, sofa bed ini bisa kamu jadikan sebagai tempat teman-teman kamu duduk dan berkumpul bersama di kamar.

5. Menggunakan Material Cermin

 Kamar tidur kecil

Desain kamar tidur kecil selanjutnya ialah desain dengan pengaplikasian material cermin. Setiap orang tentu memerlukan material yang namanya cermin untuk merapikan diri dan memperbaiki penampilan di setiap harinya sebelum berpergian. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya cermin memiliki fungsi lain untuk interior ruangan?

Yaps! Cermin memiliki fungsi lain yakni sebagai material yang dapat membuat ruangan kamu terlihat lebih luas berkat pantulan gambar yang ditampilkannya. Cermin tersebut dapat kamu posisikan pada dinding bagian kepala dari tempat tidurmu atau bahkan pada pintu lemari pakaian kamu.

6. Memanfaatkan Ventilasi/ Bukaan Semaksimal Mungkin pada Kamar Tidur Kecil

 Kamar tidur kecil

Pemanfaatan dari cahaya mungkin terkesan sepele bagi beberapa orang. Namun, tahukah kamu bahwa pemanfaatan cahaya dari ventilasi dengan baik dapat membuat tampilan interior kamar tidur kecil kamu terkesan menjadi lebih luas.

Pemanfaatan cahaya alami dari matahari dengan membuat sebuah ventilasi yang berukuran cukup besar, dapat membuat ruanganmu seakan menyatu dengan alam, sehingga terkesan menjadi lebih luas.

Kamu juga dapat menggunakan sheer curtain untuk dapat mengontrol intensitas cahaya yang masuk kedalam ruanganmu.

7. Menggunakan Alternative Desain Mezzanine untuk Kamar Tidur Kecil

 Kamar tidur kecil

Biasanya mayoritas client meminta sebuah desain kamar tidur kecil yang dapat memiliki sebuah ruang untuk bekerja. Sehingga menjadikan hal ini sering dianggap sebagai tantangan oleh seorang arsitek untuk mendesainkan sebuah kamar dengan area yang sempit namun tetap mampu menyediakan area untuk bekerja.

Salah satu solusi cerdas yang dapat dilakukan ialah dengan membuat sebuah mezzanine yang akan dijadikan sebagai area untuk tempat tidur. Dan area dibawahkan dapat dialihfungsukan sebagai area untuk bekerja. Tips ini dapat membuat ruang tempat tidurmu seakan-akan memiliki dua kali lipat luasan dari luasan awalnya.

8. Menggunakan Lemari Yang Tepat

 Kamar tidur kecil

Desain kamar tidur kecil selanjutnya ialah menggunakan konsep lemari yang menjulang ke atas. Penggunaan lemari yang menjulang ke atas tentu dapat mengehemat ruangan kamu yang cukup sempit.

Dibandingkan dengan menggunakan lemari yang melebar ke samping, karena dapat membuat ruangan kamu semakin terasa sumpek. Tips juga, untuk kamu yang memiliki banyak pakaian, sebaiknya kamu menyimpannya dengan cara melipat.

Karena, menyimpan dengan cara menggantung dapat membuat lemari kamu cepat penuh dan sukar untuk menampung semua pakaian yang kamu miliki.

9. Desain Kamar Tidur Dengan Minim Dekorasi

 Kamar tidur kecil

Kamu bisa membuat tampilan ruangan kamu menjadi terlihat lebih luas dengan meminimalisirkan penggunaan aksesoris interior. Cukup menggunakan furniture utama seperti tempat tidur, lemari, meja  dan kursi kerja saja. Dengan penataan yang baik, kamar tidur kamu akan terlihat rapi serta menarik tanpa harus menggunakan dekorasi yang berlebihan.

10. Desain Kamar Tidur Kecil dengan Lemari yang Menyatu dengan Dinding

 Kamar tidur kecil

Desain kamar tidur kecil yang memiliki lemari yang menyatu dengan dinding dapat menjadi solusi cerdas untuk ruanganmu yang sempit. Desain ini akan membuat ruanganmu terlihat lebih simple dan nyaman, hal ini juga dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang yang sebelumnya hanya sebagai ruang negative saja.

Tips untuk kamu yang menggunakan desain ini ialah, sebaiknya kamu menambahkan sebuah lukisan untuk memberikan sentuhan warna yang berbeda dari suasana ruangan kamu.

11. Meja yang Simple dan Compact

 Kamar tidur kecil

Jika kamu memiliki sebuah kamar tidur kecil yang memiliki plafond rendah, sehingga sulit untuk menciptakan sebuah mezzanine pada ruanganmu, padahal kamu ingin memiliki ruang yang cukup pula untuk area kerja. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan meja kerja yang compact dan simple seperti pada gambar.

Kamu juga dapat mengakalinya dengan menggunakan meja dengan konsep rak gantung yang tentunya dapat menghemat penggunaan ruang pada kamar tidurmu. Sehingga kamar tidurmu dapat memenuhi segala kebutuhan ruang yang kamu perlukan, meskipun dengan luasan yang terbatas.

12. Desain Kamar Tidur dengan Penggunaan Warna yang Cerah

Kamar tidur kecil

Menurut sebuah penelitian, penggunaan warna yang cerah pada sebuah kamar tidur, dapat membuat dimensi ruang kamu terlihat semakin luas. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan warna cerah pada dinding ruangan. Karena hal ini akan sangat berefek dan mendominasi warna pada ruanganmu.

13. Menggunakan Wall Art Dengan Dimensi Yang Besar

Kamar tidur kecil

Pengaplikasian wall art dengan ukuran yang besar dapat menampilkan kesan luas untuk kamar tidur yang berukuran sempit. Hal ini dikarenakan wall art memberikan ilusi mata yang dapat mengendalikan pikiran bahwa kamar tersebut juga memiliki dimensi yang besar.

Namun kamu hanya boleh menggunakan wall art hanya pada satu dinding saja, dan tidak menggunakan detail yang berlebihan pada wall art yang kamu pilih. Sebaiknya juga kamu memosisikan wall art tersebut dimana tempat tidur kamu berada.

14. Pintu Geser Untuk Efisiensi Ruang

Kamar tidur kecil

Penggunaan pintu geser tentu dapat membantu kamu untuk membuat ruangan kamu terlihat lebih luas. Selain itu, pintu ini juga dapat membuat ruangan kamu terlihat lebih kekinian dan inspiring.

Tips untuk kamu, sebaiknya menggunakan desain pintu yang hampir mirip dengan pintu lemari kamu, sehingga terlihat lebih menarik.

15. Desain Dengan Pemilihan Wallpaper Yang Tepat

Kamar tidur kecil dengan wallpaper

Pemilihan wallpaper yang tepat tentu dapat membuat ruangan tidur kamu tampil luas dan semakin terlihat kekinian. Tips untuk kamu, gunakanlah wallpaper dengan motif yang besar untuk ruangan yang memiliki dimensi yang kecil. Agar kamu tidak terasa sesak dengan adanya wallpaper tersebut.

Baca Juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Dari Wallpaper Dinding

Nah itulah 15 desain kamar tidur kecil yang kekinian dan terasa luas. Kira-kira yang mana nih yang menjadi inspirasi desain buat kamu? Yuk komentar jawabanmu di kolom komentar di bawah ini!

Kamu juga bisa loh request artikel apa saja yang ingin kamu temukan dalam website Suryani Studio, caranya gampang, kamu hanya perlu komentar judul artikel yang kamu inginkan di kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *