10 Desain Tangga Minimalis Untuk Rumah Kecil Sederhana

Untuk kamu yang memiliki lahan yang sempit dengan kebutuhan ruang yang cukup banyak, biasanya kamu akan mengambil keputusan untuk meningkatkan jumlah lantai rumah yang kamu miliki. Namun, masalah berikutnya yang akan kamu hadapi ialah, sulitnya menemukan sebuah desain tangga yang akan menghubungkan lantai antar rumah.

Karena pada umumnya, tangga merupakan akses yang cukup mengambil ruang yang banyak didalam rumah.

Baca Juga: 15 Desain Rumah Murah dan Kecil

Maka dari itu, buat kamu yang masih bingung dalam menentukan sebuah model tangga untuk rumah minimalismu. Berikut ini akan disajikan khusus buat kamu, 10 desain tangga minimalis yang sangat recommended untuk rumah dengan lahan terbatas. Yuks simak bersama!

1. Desain Tangga dengan Konsep Terbuka

Desain Tangga Minimalis
Sumber: contemporist.com

Untuk rumah dengan lahan sempit, model tangga satu ini bisa menjadi inspirasi desain untuk kamu. Menerapkan warna putih yang minimalis dengan sentuhan aksen instalasi besi, tentu akan membuat tampilan tangga kamu semakin mempesona dan terlihat seperti instalasi dekorasi dari interior rumah milikmu.

Jangan lupa juga untuk menjadikan tapakan terakhir saat turun, sebagai furniture yang dapat kamu tempati duduk/ rehat sejenak. Kombinasi dari material light wood dengan warna putih merupakan kombinasi yang sangat recommended untuk kamu yang memiliki luas ruangan yang cukup terbatas.

2. Desain Tangga Mini Plus

Desain Tangga Minimalis

Design tangga kali ini merupakan rancangan dari perusahaan yang bernama Mister Step. Mister step sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang furniture. Tangga rumah Mini Plus ini merupakan salah satu solusi untuk untuk menghubungkan antar lantai atas ke lantai bawah, tanpa harus menyita banyak ruang.

Bentuk dari anak tangga juga unik. Jika kamu perhatikan secara seksama, kamu dapat melihat adanya gabungan dari bentuk setengah lingkaran dan persegi untuk satu anak tangga yang kemudian disusun dengan model berseling disetiap urutan anak tangganya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, dikarenakan dari hasil survey Mister Step, didapatkan hasil bahwa penggunanya tetap merasakan kenyamanan, walapun ukuran tangga rumah tersebut hanya 60,5cm.  

3. Desain Tangga Model Setengah Lingkaran

Desain Tangga Minimalis

Siapa sangka, Model tangga setengah lingkaran yang juga biasa disebut dengan tangga semi spiral. Tangga ini merupakan salah satu solusi untuk kamu yang memiliki jarak antar lantai yang cukup rendah yakni berkisar 2-2,5 m.

Tangga ini sangat pas untuk diletakkan pada sudut ruangan. Lekukannya yang telah disesuaikan dengan dinding ruangan untuk menuju ke lantai atas, tentu tidak akan menyita banyak ruang.

4. Desain Tangga dengan Konsep Storage

Desain Tangga Minimalis

Desain tangga kali ini menyungsung konsep storage/penyimpanan. Sesuai dengan Namanya, tangga ini memiliki ruang terbuka dibawahnya untuk difungsikan sebagai rak-rak penyimpanan barang-barang yang kamu miliki.

Model stacking/ menumpuk dari rak penyimpanan tersebut dapat membuat tangga semakin kokoh untuk ditapaki.

5. Desain Tangga dengan Konsep Secret Place

Desain Tangga Minimalis

Desain Tannga dengan Konsep Secret Place merupakan salah satu desain tangga yang bersifat multifungsi selanjutnya. Yap! Desain kali ini menggabungkan fungsi tangga untuk beranjak naik kelantai selanjutnya dan fungsi lemari untuk menyimpan barang-barang di ruangan yang tertutup.

Gabungan kedua fungsi tersebut tentu dapat memaksimalkan penggunaan ruangan pada rumah kamu yang memiliki keterbatasan luasan. Desain ini hampir mirip dengan desain sebelumnya.

Namun, desain ini lebih bersifat privat dengan memberikan konsep lemari yang tertutup dan tidak mengekposkan barang yang ada didalamnya. Inspirasi desain tangga tersebut juga dapat menampilkan ukuran serta bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera kalian.  

Baca Juga: Paduan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Minimalis

Tentunya kalian juga dapat mengatur modelling dari tempat penyimpanan tersebut, apakah kalian ingin menggunakan model pintu lemari terbuka ataukah model laci yang dapat mempermudah kalian dalam menemukan barang yang kalian perlukan.

6. Desain Tangga Model Spiral

Desain Tangga Minimalis

Solusi desain tangga untuk rumah kecil sederhana selanjutnya ialah desain tangga dengan model spiral. Desain tangga rumah yang berbentuk spiral merupakan salah satu alternatif desain yang paling digemari dan sangat sering dijumpai di berbagai rumah.

Hal ini dikarenakan tangga tersebut memiliki nilai estetika yang tinggi serta dapat mengemat ruang pada rumah kalian. Namun, desain tangga ini tidak direkomendasikan untuk dipijaki oleh mereka yang telah lansia. Karena dapat membuat mereka cepat mengalami kepusingan saat memijakinya.

7. Desain Tangga dengan Konsep Flying Bird Wings

Desain Tangga Minimalis
Sumber: trendir.com

Untuk kalian yang memiliki ruang yang cukup. Kalian dapat mengandalkan desain tangga berikut ini untuk menampilakn kesan yang elegant. Walaupun terlihat memakan tempat yang cukup banyak. Namun desain ini cukup efisien untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Kalian dapat memanfaatkan area di bawah tangga sebagai area ruang tamu atau bahkan ruang keluarga.

Sehingga tidak ada ruang yang akan terbuang sia-sia. Desain tangga ini disebut dengan penerapan dari konsep Flying Bird Wings dikarenakan modelnya yang menyerupai kepakan salah satu sayap burung yang sedang terbang.

8. Desain Tangga Model Zig-Zag

Desain Tangga Minimalis
Sumber: contemporist.com

Siapa bilang rumah sempit tidak dapat memiliki modelling tangga yang unik dan menarik? Desain satu ini merupakan pembuktian bahwa dengan lahan yang terbatas kamu tetap bisa kok memiliki tangga yang unik dan menarik seperti model diatas.

Sebenarnya desain tangga tersebut hampir sama dengan tangga dengan model lurus. Hanya saja desain tangga tangga ini mengalami berbagai modifikasi yang membuatnya tampil unik dengan susunanan anak tangganya yang dibuat menyerupai model zig-zag.

Tingkat keselamatan untuk penggunanya juga sangat terjamin, hal ini dikarenakan pada tiap sisinya ada dinding yang dapat  menjaganya. Sangat kreatif bukan?

9. Desain Tangga Model Siku-Siku Dalam Ukuran Mini

Desain Tangga Minimalis

Jika sebelumnya ada desain tangga yang berbentuk spiral dan zig-zag, berikut ini merupakan desain tangga dengan model siku-siku dengan sedikit aksen lengkungan.

Yang unik dari desain ini ialah anak tangganya yang terlihat seperti melayang, dikarenakan rangka yang mengikatnya di tanam pada dinding. desain ini dapat dijamin tingkat kekokohannya.

Hanya saja, dikarenakan ukuranya yang mini, maka 1 anak tangga hanya dapat dilalui oleh 1 orang saja disetiap kesempatannya.  

10. Desain Tangga dengan Model Lurus

Desain Tangga Minimalis
Sumber: contemporist.com

Desain tangga untuk rumah kecil sederhana yang terakhir ialah desain tangga dengan model lurus. Untuk kamu yang mudah pusing dengan tampilan tangga yang berkelok-kelok dan rumit. Desain simple satu ini dapat menjadi pilihan kamu.

Walaupun hanya berbentuk lurus, desain ini akan tetap terlihat elegant dan mewah. tips untuk pembuatan tangga ini agar tidak memakan banyak tempat ialah, jarak pemasangan antara 1 anak tangga dengan anak tangga selanjutnya harus kamu perhatikan dengan seksama.

Bila kamu memperhatikan gambar diatas, kamu dapat melihat bahwa anak tangga sebelum dan sesudahnya tidak menghasilkan sisi tegak lurus pada setiap sela-selanya. Sehingga trik tersebutlah yang dapat membuat tangga rumah dapat berdiri dengan kokoh walaupun di area yang memiliki keterbatasan luasan.

Nah, itulah 10 desain tangga minimalis untuk rumah kecil sederhana yang dapat kamu terapkan. Diantara desain-desain tersbeut, kira-kira yang mana nih desain yang paling kamu favoritkan? Jangan lupa tulis jawaban kamu di kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: 15 Inspirasi Kamar Tidur Kecil Yang Kekinian dan Terasa Luas

Dan untuk kamu yang memiliki requested article untuk kami posting di website Suryani Studio, kamu juga bisa menuliskan judul tersebut di kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *