15 Desain Rumah Murah dan Kecil

Rumah merupakan tempat untuk berlindung serta bernaung. Setiap orang tentu memiliki impian untuk memiliki rumah pribadi sesuai dengan desain rumah hunian yang mereka idamkan. Tidak sedikit yang menginginkan rumah dengan budget yang minim. Walaupun beberapa pihak mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah ekspektasi belaka yang sukar untuk diwujudkan, namun, kini dengan perkembangan teknologi. Kamu bisa memiliki rumah hunian dengan desain minimalis namun dengan budget yang ekonomis.

Kamu juga tidak perlu takut akan desainnya, budget yang minim tidak berarti bahwa bangunan kamu akan terbangun hanya apa adanya. Melalui tangan seorang arsitek, rumah impianmu dapat terwuujud dengan desain yang unik dan menarik, walaupun budget yang kamu miliki cukup minim dan terbatas dengan luasan lahan yang kamu punya.

Buat kamu, yang masih bingung serta penasaran dengan desain rumah ekonomis serta minimalis, kamu bisa menyimak beberapa referensi dari desain rumah murah dan kecil berikut ini, check it out !! 😉

Baca Juga : 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

1. Desain Rumah “Koda House”

Desain rumah Murah Koda House

Rumah berukuran mikro dengan luasan hanya sekitar 25 m² tersebut merupakan hasil karya kolaborasi dari berbagai desainer asal Estonia serta Kodasema. Desain tersebut merupakan jawaban dari permasalahan krisis ekonomi yang dialami oleh Inggris pada saat itu.

Dengan desain yang terbilang sederhana serta efektif untuk rumah hunian, desain rumah tersebut dapat menjadi refrensi desain untuk kamu yang sedang mencari desain rumah dengan budget yang minim. Koda House terdiri atas 1 ruang tidur dengan luas sekitar 5,2 m², serta terdapat kamar mandi dengan luasan 3,1 m² dan ruang keluarga dengan luas sekitar 16 m² dengan ketinggian plafon 3,5 m².

Selain itu, Koda House juga memiliki dapur yang terhubung langsung dengan ruang keluarga. Rumah ini juga dilengkapi dengan panel surya yang terpasang pada atap, hal tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik pada rumah sehingga dapat mengemat pemakaian listrik. Rumah ini juga menggunakan teknologi yakni berupa smart home yang memiliki fitur diantaranya yakni alarm, pengatur temperature ruangan, serta penerangan lampu LED.

Dengan teknologi arsitektural yang sudah dikembangkan oleh Kodasema, rumah tersebut dapat terbangun tanpa menggunakan pondasi. Selain itu, keunikan lainnya dari desain rumah ini ialah dapat dipindah lokasikan dengan menggunakan otomotif yang memadah.

2. Desain Rumah “Casa Prefabricada

rumah Casa Prefabricada

Rumah modular bisa menjadi salah satu referensi desain rumah minimalis dengan harga yang terjangkau. Material yang digunakan dalam membangun rumah dengan desain ini cukup terbilang ekonomis serta mudah ditemukan, seperti halnya bebatuan, besi, serta kayu.

Dari sisi penerangannya, rumah ini memiliki jendela lebar yang mampu memanfaatkan cahaya matahari secara maksimal pada siang hari. Rumah cantik ini juga dilengkapi dengan interior minimalis yang tidak kalah kerennya dengan rumah modern dengan budget yang tinggi.

3. Desain Rumah “Villa One

Villa one

Desain rumah kali ini yakni desain villa one. Desain ini merupakan karya dari EFFEKT yang berlokasi di Copenhagen, Denmark. Rumah ini disarankan untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki 1-2 anak. Rumah ini dapat juga dikatakan sebagai villa, yang memiliki luas sekitar 136 m2 dengan bentuk menyerupai kincir angin. Desain rumah ini terdiri atas ruang keluarga, dapur, ruang makan, 3 kamar tidur serta 2 kamar mandi. Rumah ini didesain tanpa menggunakan koridor. Hal ini sebagai upaya untuk memaksimalkan penggunaan ruang disamping untuk meminimalisir biaya yang terpakai. Walaupun tidak memiliki koridor, namun rumah ini tetap memiliki teras yang cukup luas. Desain rumah ini juga menerapkan bukaan yang cukup lebar untuk memaksimalkan pencahayaan matahari. Sehingga rumah akan tetap terang walaupun tiada lampu pada siang hari.

4. Desain Rumah “Lote 390

Lote 390

untuk kamu yang sedang mencari refernsi rumah dengan lahan yang sempit namun tetap berlantai dan ekonomis, referensi kali ini bisa menjadi alternativ desain pilihan kamu. Sebuah Firma Arsitektur asal Argentina, yakni Erb Santiago, mendesain sebuah rumah dengan konsep yang menarik dan sederhana, serta  efisien dari segi waktu pembangunan dan juga biayanya. Rumah ini dibangun dengan memanfaatkan framing kayu yang terletak di atas pondasi lempengan beton yang mencapai area dinding bangunan rumah serta garasi.

Lantai satu rumah terdiri dari dari ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi serta garasi. Sedangkan, pada lantai dua terdapat kamar tidur serta kamar mandi. Desain kali ini juga  dilengkapi dengan halaman belakang rumah yang berfungsi sebagai area untuk bersantai.

Konsep interior yang diterapkan juga mengaplikasikan gaya minimalis sehingga desain rumah ini tetap indah dan menawan walaupun dengan budget yang minim.

5. Desain Rumah “Mami House” – NOARQ

mami house

Mami house merupakan sebuah desain rumah dengan modelling menyerupai kubus. Rumah ini merupakan desain dari seorang arsitek asal Portugis, yakni José Carlos Nunes de Oliveira. Rumah ini memiliki luas sekitar 160 m2, dengan jumlah 2 lantai. Material dasar dari bangunan ini tentunya menggunakan beton. Rumah ini memiliki fasilitas 3 ruang tidur, 1 kamar mandi serta dapur dan juga ruang keluarga.

Untuk sisi interior, Dinding bagian dalam dari rumah ini tidak dicat melainkan mengaplikasikan kayu di beberapa area untuk memberikan kesan kenyamanan, kehangatan serta kelembutan. Lantai rumah juga tidak dilapisi dengan keramik maupun finyl. Lantai rumah hanya menggunakan lapisan beton saja. Dinding bagian luar bahkan dicat dengan satu warna. Namun, semua kehematan tersebut tidak hanya serta merta untuk menekan anggaran biaya pembangunan. Namun kalian juga akan menemukan nuansa industrial dalam ruamh tersebut saat memasukinya. Sehingga budget yang minim tidak akan membatasi keindahan rumah kamu, selama kamu dapat memanfaatkan dengan semaksimal mungkin segala hal yang kamu miliki.

6. Desain Rumah “MIMA House” – MIMA Architects

desain rumah mima house

Jika sebelumnya ada desain dengan nama MAMI HOUSE, berikutnya ialah desain dengan istilah MIMA House. Mima House merupakan rumah moduler karya arsitek asal Portugal, yakni MIMA Architects. Rumah tersebut memiliki tagline yang berkonotasikan ”High End Made Simple”, rumah dengan bentuk persegi yang hanya memiliki luasan 36 m² ini mampu kamu miliki hanya dengan mengeluarkan biaya yang setara dengan harga standar sebuah mobil keluarga saja.

Baca Juga : 10 Desain Rumah Tahan Gempa yang Inspiring

7. Desain Rumah “Low Cost House” – JYA Architects

desain rumah low cost house

Desain rumah berikutnya yakni rumah Low Cost House. Rumah ini merupakan karya dari arsitek asal Korea Selatan, yakni JYA Architects. Rumah ini dibangun dengan menggunakan material murah namun tetap terjamin akan kualitasnya, yakni seperti hanya kontainer bekas serta wrap bubble. Keduanya dimanfaatkan sebagai atap untuk alur masuknya pencahayaan di siang hari. Interior dari desain kali ini menggunakan lantai kayu yang berfungsi untuk menjaga temperatur dalam ruangan.

Ruangan kamar didesain dengan menggunakan material kontainer bekas yang telah dimodifikasi sehingga memiliki pintu dengan material kaca. Dinding bangunan juga memanfaatkan material plastik bekas yang kemudian didaur ulang. Bagian atas dari kontainer yang digunakan untuk kamar anak, bahkan dapat dijadikan sebagai area bermain untuk anak-anak.

8. Desain Rumah “Happy Cheap House” – Tommy Carlsson

desain rumah happy cheap house

Happy Cheap House, dari namanya tentu kamu sudah berfikiran bahwa rumah ini pasti amerupakan desain rumah yang kecil namun murah dan juga mneyenangkan. Desain kali ini merupakan ide pemikiran dari seorang arsitek asal Swedia, yakni Tommy Carlsson.

Bangunan ini memilik luas 110 m² yang terdiri atas dua lantai. Interior rumah terbuat dari material kayu lapis yang dilaminasi kemudian dimodelling menyerupaia bentuk geometris, yang dapat membuat kamu menonjolkan keunikan dan seni yang bernilai tinggi.

9. Desain Rumah “Casa Caja” – S-AR

desain rumah casa caja

Rumah dengan desain mayoritas beton batako ini merupakan karya dari firma arsitektur S-AR. Rumah ini Memiliki luas sekitar 110 m². sehingga untuk menekan anggaran, lantai ruangan tidak dilapisi dengan material kayu atau keramik, melainkan hanya lapisan beton bahkan dinding beton batako dibiarkan dengan warna natural saja, yakni abu-abu.

Casa Caja terdiri dari dua lantai. Lantai satu terdiri atas  dapur, ruang santai yang dilengkapi dengan kaca besar untuk pencahayaan dan pemandangan serta sebuah kamar tidur. Sedangka  pada Lantai 02, terdapat dua kamar tidur dan sebuah ruang keluarga.

10. Desain Rumah “Urban Housing

desain rumah urban housing

Sekilas, desain rumah mungil ini memang cukup sederhana, namun siapa sangka, interior dari ruamh tersebut cukup menakjubkan dan akan membuat kamu merasa nyaman untuk tinggal didalamnya. Dinding dari rumah ini hanya menggunakan cat sebagai eksisitingnya. Desain ini cocok untuk kamu yang telah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak.

11. Desain Rumah Minimalis Modern

desain rumah minimalis modern

Desain rumah minimalis merupakan gaya desain yang recomended untuk kamu yang ingin memiliki rumah mungil di lahan yang cukup terbatas. Kamu bisa menggunakan bentuk serta ornament yang simple untuk emmbuat rumah kamu menjadi lebih berestetika walaupun dengan budget yang minim.  

12. Desain Rumah Kecil Dengan Finishing Yang Cukup Sederhana

Desain Rumah Kecil Dengan Finishing Yang Cukup Sederhana

untuk memaksimalkan pengeluaran pada desain rumah kecil milikmu,  kamu bisa mengeksplorisasi material-material finishing yang ada pada rumah mungilmu. walaupun sudah banyak pilihan material finishing yang konvensional dengan biaya yang cukup murah, Namun kamu dapat membuat tampilan yang lebih anti-mainstream dengan eksplorasi material rumahmu, salah satunya yakni dengan kreasi material unfinished pada desain rumah mungil yang kamu miliki.

13. Desain Rumah Dengan Warna Sebagai Vocal Point

Desain Rumah Dengan Warna Sebagai Vocal Point

Jika tampilan unfinished terasa cukup monoton untuk kamu, sedikit permainan warna bisa menjadi solusi baru untukmu. Namun, usahakn komposisi skema warna menjadi pilihanmu, selaras dengan keseluruhan tampilan rumah. Penggunaan warna kontras juga dapat menjadikan desain rumahmu menjadi lebih menarik dengan budget yang terbatas. Namun ingat, jangan sampai salah dalam mengkombinasikan warna, karena kesalahan pemilihan warna dapat menjadikan rumah kamu terkesan tacky.

14. Desain Rumah dengan Sedikit Detail

Desain Rumah dengan Sedikit Detail

Salah satu trik desain rumah kecil dan ekonomis berikutnya ialah, meminimalisir dengan baik detail-detail yang kamu perlukan untuk desain kamu. Gambar diatas bisa menjadi salah satu contoh desain rumah dengan sedikit detail. Sehingga dapat mengurangi budget pengeluaran kamu. Namun, walaupun budget serta detail yang digunakan cukup minim, namun kamu bisa melihat bahwa desain ruamah diatas cukup unik dan menarik. Bahkan bisa menjadikan rumah kamu menjadi trend center disekitar perumahan kamu.

15. Desain Rumah dengan Komposisi Gubahan

Desain Rumah dengan Komposisi Gubahan

Jadi saat kamu mendesain rumah mungil, yang paling penting yang harus kamu perhatikan ialah memastikan agar pola gubahan massa desain rumah mampu mengakomodir sirkulasi udara serta dan yang terpenting ialah kenyamanan dari rumah mungil itu sendiri.

Jadi sudah terbuktikan, bahwa desain rumah dilahan yang sempit dengan budget yang minim, bukanlah sebuah hambatan untuk menjadikan rumah kamu tetap outstanding dan terlihat mewah. Dari berbagai desain rumah diatas, kira-kira yang mana nih yang menjadi desain pilihan kamu? Semoga bermanfaat yah 😊

Baca Juga : 10 Tips Ampuh Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efficient

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *