15 Desain Rumah Kecil Unik yang Bisa Buat Kamu Terinspirasi

Belakangan ini, desain rumah mini sedang menjadi tren di dunia termasuk di Indonesia, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Desain rumah kecil kerap menjadi favorit dikarenakan berkesan simple serta sederhana. Sayangnya masih banyak yang bingung dalam memilih desain rumah kecil, tentunya karena lahan yang terbatas serta masih minimnya referensi yang ada.

Namun, untuk kamu yang juga sedang ingin membangun sebuah rumah kecil namun tetap ingin terlihat unik, kamu tidak perlu khawatir! Berikut ini deretan desain rumah kecil yang unik yang bisa menjadi inspirasi desain untuk kamu, yuk kita simak bersama !

1. Desain Rumah Kecil dengan Tema Monokrom

Desain Rumah Kecil dengan Tema Monokrom
Sumber : Pinterest.com

Desain yang pertama ialah desain rumah kecil dengan tema monokrom, yakni mengaplikasikan 2 warna yang berbeda untuk menampilkan sebuah desain yang unik dan menarik. Dengan balutan warna hitam, putih serta abu-abu, rumah kecil impianmu dapat terlihat lebih show up serta menarik.

Baca Juga : 15 Desain Rumah Murah dan Kecil

2. Desain Rumah Kecil dengan Tema White House

Desain Rumah Kecil dengan Tema White House
Sumber : Pinterest.com

Warna serba putih dalam desain rumah mini memang dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih bersih, terang, sederhana serta penuh ketenangan. Warna putih sendiri sebenarnya dapat tampil sendirian dan bisa memperkuat karakteristik sebuah rumah kecil tanpa terlihat membosankan.

Namun, untuk kamu yang senang dengan tampilan rumah berwarna putih, sebaiknya menggunakan furniture interior yang lebih berwarna, agar nuansa rumah kamu akan tetap berwarna dan tidak terlihat hampa.

3. Desain dengan Tema Black House

Desain rumah Kecil dengan Tema Black House
Sumber : Pinterest.com

Tidak hanya warna putih, warna hitam juga sangat bisa kalian aplikasikan sebagai warna dominan pada eksterior rumah kecilmu. Dominasi warna hitam dapat membuat rumah tampak menjadi lebih modern serta elegan.

Jika kamu tidak ingin membuat rumahmu terlalu gelap serta monoton, kamu juga dapat mengombinasikannya dengan menggunakan warna yang agak cerah pada interiornya serta memberikan bukaan yang besar pada dindingnya, agar cahaya yang masuk dapat maksimal dan tampak dari luar akan terimbangi dengan tampilan interior yang memberikan warna terang. Seperti pada contoh gambar diatas.

4. Desain Rumah Kecil dengan Tema Natural

Desain Rumah Kecil dengan Tema Natural
Sumber : Pinterest.com

Desain rumah kali ini bisa dikatakan sebagai desain yang low budget, dikarenakan desain ini tidak membutuhkan finishing yang terlalu kompleks. Desain ini hanya mengandalkan kayu sebagai dinding yang kemudian diekspos sebagai tampilan eksteriornya tanpa adanya pelapis.

Dibandingkan dengan desain-desain sebelumnya, tentu rumah ini memiliki karakter tersendiri dengan nilai natural yang ditampilkannya. Ditambah dengan penempatannya yang berada pada area dengan lahan yang masih sangat natural.

5. Desain Rumah Kecil dengan Sentuhan Kayu

Desain Rumah Kecil dengan Sentuhan Kayu
Sumber : Pinterest.com

Sentuhan elemen kayu tentu akan memberikan kesan hangat serta nyaman pada desain rumah kecil interiormu. Tak hanya terlihat modern, desain rumah kecil seperti ini juga dapat menampilkan kesan yang natural.

Kamu juga bisa memilih model atap seperti gambar di atas agar semakin unik, namun ingat, sesuaikan dengan kondisi iklim di tempat kamu berada. Jika kamu berada di tempat dengan curah hujan yang tinggi, sebaiknya kamu menggunakan modelling atap mirip, sehingga air tidak akan tergenang pada atap rumahmu.

6. Desain Rumah Kecil dengan Nuansa Tropis

Desain Rumah Kecil dengan Nuansa Tropis
Sumber : Pinterest.com

Jika kamu ingin memiliki rumah kecil yang bergaya ala tropis, desain rumah mini dengan eksterior satu ini bisa kamu jadikan sebagai alternative desainmu. Tampilannya yang simple dan sederhana cocok untuk kamu yang senang dengan desain yang sederhana. Kombinasi antara desain eksterior rumah dengan tanaman-tanaman akan memberikan kesan asri, adem, serta fresh.

7. Desain Rumah Kecil dengan Elemen Kayu

Desain Rumah kecil dengan Elemen Kayu
Sumber : Pinterest.com

Rumah idamanmu akan terlihat semakin cantik dengan lapisan dinding kayu yang tentunya memiliki warna khas. Elemen kayu dapat memberikan karakter yang cukup hangat serta menarik dalam desain rumah kecilmu.

8. Desain Rumah Kecil dengan Nuansa Rumah Panggung

Desain Rumah Kecil dengan Nuansa Rumah Panggung
Sumber : Pinterest.com

Siapa bilang, rumah kecil akan membatasi kamu dalam mendesain? Desain rumah satu ini dapat kamu jadikan sebagai bukti bahwa tidak selamanya desain rumah kecil hanya akan bertapakkan langsung pada lahan. Dengan mengusung model rumah panggung kecil, rumahmu akan terlihat lebih modern dan elegant. Tentunya akan semakin unik walaupun berada dilahan yang cukup sempit.

Baca Juga: 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

9. Desain Rumah Kecil dengan Tema Grey Wood House

Desain Rumah Kecil dengan Tema Grey Wood House
Sumber : Pinterest.com

Ingin punya rumah kecil idaman dua lantai dengan karakteristik yang unik? Kamu dapat mencobanya dengan referensi tampilan seperti pada gambar diatas. Berbeda dari desain yang sudah ada, desain rumah kayu dengan aksen pintu dan jendela yang berwarna abu-abu menampilkan kesan modern sekaligus terlihat mewah.

10. Desain Rumah Kecil dengan Aksen Batu Bata

Desain Rumah Kecil dengan Aksen Batu Bata
Sumber : Pinterest.com

Jika kamu menginginkan desain rumah kecil namun tetap terlihat sederhana serta bernuansa natural, material batu bata bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu!

Warna merah dari batu bata yang kamu ekspos langsung akan memberikan kesan sederhana serta natural yang alami. Jika tidak ingin monoton, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan tampilan eksterior semen putih yang kamu bentuk untuk menemani tampilan batu bata sebelumnya.

11. Desain Rumah Kecil dengan Estetika Roster

Desain Rumah Kecil dengan Estetika Roster
Sumber : Pinterest.com

Tidak  hanya untuk menambah nilai estetika, pengaplikasian roster pada desain eksterior rumah kamu juga dapat memudahkan aliran udara serta masuknya cahaya pada rumah kecilmu. Hal tersebut tentu dapat membuat kamu hemat dalam pemakaian daya listrik.

Selain itu, kamu direkomendasikan untuk memasang lampu tembak pada beberapa sela roster, hal ini ditujukan untuk membuat kesan dramatis pada tampilan rumah saat malam hari.

12. Desain Rumah Kecil dengan Material Kaca

Desain Rumah Kecil dengan Material Kaca
Sumber : Pinterest.com

Untuk kamu yang bosan dengan desain rumah kecil yang tertutup, desain satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu desain rumah kecil paling unik di dunia. Desain ini menggunakan material kaca untuk seluruh dinding rumahnya, sehingga kita dapat melihat aktivitass langsung dari sipemilik rumah dari arah luar.

Biasanya kamu yang senang dengan dunia alam, akan sangat senang untuk memiliki rumah dengan desain seperti ini. Karena kamu dapat menikmati serta memandang luas alam sekitar walaupun kamu sedang berada di dalam rumah. Kamu juga dapat menikmati cahaya rembulan serta kerlap-kerlip bintang di malam hari tanpa ada sekat yang mengahalangi penglihatanmu.

13. Desain Rumah Kecil dengan Tema Geometris

Desain Rumah Kecil dengan Tema Geometris
Sumber : Pinterest.com

Desain rumah kecil tampak depan dengan gaya geometris ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan tampilan yang simple namun tetap modern. Dari tampilan eksteriornya saja, rumah kecil ini memiliki bentuk yang cukup unik dengan salah satu sisi menyerupai bentuk segitiga dengan alas bangunan berbentuk persegi.

14. Desain Rumah Kecil Split Level Mewah

Desain Rumah Kecil Split Level Mewah
Sumber : Pinterest.com

Desain rumah kecil tampak depan bergaya split level seperti ini sudah pasti dapat membuat rumahmu menjadi point of centre di wilayah kamu berada. Konsep ini memberikan tampilan yang dinamis serta apik.

Perbedaan ketinggian pada rumah memiliki konsep split level, yang menciptakan kesan lebih luas serta megah pada rumah walaupun berada dilahan yang sangat sempit.

15. Desain Rumah Kecil dengan Konsep Rustik Modern

Desain Rumah Kecil dengan Konsep Rustik Modern
Sumber : Pinterest.com

Saat ini memang gaya rustic menjadi trend untuk desain eksterior maupun interior. Desain rumah rustik merupakan desain yang menitikberatkan tampilan dengan eksposan material alami tanpa menggunakan finishing yang kompleks.

Walaupun terlahir dari abad ke-18, desain ini tetap pas untuk dikombinasikan dengan bangunan yang bergaya modern. Kombinasinya pun akan menghasilkan tampilan hunian yang unik serta bersahaja.

Baca Juga : 20 Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis

Nah, itulah 15 desain rumah kecil yang unik yang tentunya bisa kamu jadikan sebagai alternative desain rumah kecilmu, kira-kira yang mananih yang menjadi konsep desain terfavoritmu? Jangan lupa komentar dibawah yah.

Author : Ramadhani Haq al Badri, 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *