10 Desain Rooftop Garden Instragamable di Rumah Untuk Nongkrong Asyik

Taman memang merupakan sebuah area yang sangat digemari oleh banyak orang. Baik untuk bersantai maupun untuk mencari inspirasi dalam berkarya. Namun saat ini, sudah jarang kita jumpai taman di beberapa perumahan. Baik itu taman kompleks maupun taman rumah.

Hal ini diakibatkan oleh kebutuhan lahan untuk memenuhi segala kebutuhan ruang pelaku semakin meningkat, sehingga area untuk membuat sebuah taman sudah tidak memadahi.

Untuk kamu yang ingin memiliki taman namun kamu tidak memiliki area yang cukup pada halaman rumahmu, kamu tidak perlu khawatir guys. Saat ini sedang hangat diperbincangkan dalam dunia arsitektur mengenai desain rooftop garden. Rooftop garden sendiri merupakan sebuah taman yang didesain pada atap rumah/ bangunan.

Baca Juga: Rooftop Garden Adalah… Berikut Pengertian Hingga Serba Serbi Rooftop Garden

Jadi buat kamu yang tidak memiliki area untuk taman pada halaman rumah, kamu dapat membuat sebuah taman pada atap rumahmu.

Pertama yang harus kamu lakukan ialah mendesain atap rumahmu agar memiliki area dengan dak beton. Selanjutnya, area tersebutlah yang dapat kamu manfaatkan sebagai taman.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dengan desainnya, yuk intip 10 desain rooftop garden instagramable dirumah untuk nongkrong asyik berikut ini!

1. Desain Rooftop Garden dengan Konsep Berkebun

Desain Rooftop Garden
Sumber: sigitkusumawijaya.com

Desain satu ini memang sangat unik. Jadi untuk kamu yang suka berkebun, namun tidak memiliki lahan pekarangan yang memadahi. Kamu bisa menggunakan dak atap rumahmu sebagai area bercocok tanam.

Konsep dari ide ini yakni berfungsi untuk mengembangkan tanaman dengan menggunakan pengetahuan seputar urban farming untuk penanaman sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman lainnya yang dapat dikonsumsi.

2. Desain Rooftop Garden dengan Konsep Kolam Renang Pada Atap

Desain Rooftop Garden
Sumber: orchidlagoon.com

Untuk kamu yang senang dengan desain anti mainstream. Desain kali ini bisa kamu coba pada rumah milikmu jika kamu memiliki luasan atap yang cukup memadahi. Yap, desain atap dengan taman serta kolam renang merupakan sebuah perpaduan konsep yang dapat melahirkan sebuah area relaksasi yang kompleks bagi si pemilik.

3. Desain Rooftop Garden dengan Area Memasak

Desain Rooftop Garden
Sumber: czmcam.org

Kalau yang ini, merupakan desain yang sangat cocok untuk kamu yang gemar memasak ataupun mengadakan sebuah party barbeque di rumah milikmu. Gabungan konsep taman serta area untuk memasak tentu membuat bangunan milikmu semakin terlihat kekinian dan menarik. Kamu juga tidak perlu khawatir akan udara panas, karena tanaman pada taman dapat membuat kamu tetap merasa nyaman dan sejuk.

4. Desain Rooftop Garden dengan Vocal Point Pencahayaan

Desain Rooftop Garden
 Sumber: czmcam.org

Pencahayaan merupakan point yang sangat penting untuk menciptakan sebuah desain taman atap yang instagramable. Dengan adanya pencahayaan yang tepat, taman kamu akan semakin asyik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama di malam hari.

Selain itu, taman kamu dapat menampilkan suasana yang romance, berkat keindahan dari pencahayaan yang ada. Dan jangan lupa untuk menata tanaman kamu sebaik mungkin, agar tidak menghalan sumber dari pencahayaan yang ada.

5. Desain Taman Atap dengan Konsep Cinema

Desain Rooftop Garden
Sumber: habitusliving.com

Menikmati film di area terbuka seperti Rooftop garden yang asri dan sejuk tentu dapat memberikan sebuah kesan yang berbeda. Di akhir pekan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk berkumpul dengan menonton film bersama rekan maupun keluarga.

Karena kamu dapat berkumpul bersama dengan menonton film di taman atap rumah milikmu. Tentunya, hal tersebut akan sangat menyenangkan. Mengingat area tersebut hanya ada kamu dan rekan saja, tanpa perlu terganggu oleh orang lain. 

Kamu dapat mempertimbangkan desain dari taman atap ini, tentunya dengan menggunakan ide dan kreativitas kamu dalam mendesain untuk menciptakan area hiburan Bersama yang instagramable serta nyaman untuk berkumpul/ nongkrong bersama.

6. Taman Atap dengan Konsep Eat Together

Desain Rooftop Garden
 Sumber: architectureartdesigns.com

Taman dengan konsep eat together merupakan konsep desain sebuah taman atap yang menambahkan area tempat makan bersama di tengah-tengah tanaman taman pada atap. Tentunya area tersebut dapat menjadi area favorit untuk berkumpul bersama, baik diwaktu breakfast, lunch maupun dinner.

Kehadiran sebuah area makan ditengah-tengah taman, tentu akan memberikan kesan kenyamanan saat makan. Kehijauan serta kesejukan yang diberikan dari tanaman taman akan membuat kamu merasakan kesegaran untuk melanjutkan aktivitas setelah makan.

Menambahkan meja makan dengan pengaplikasian pencahayaan klasik, merupakan sebuah ide yang luar biasa untuk dapat mengembangkan tampilan taman di puncak bangunan/ rumah.

7. Desain Taman Atap dengan Konsep Musik

Desain Rooftop Garden
Sumber: designtrends.com

Untuk kamu penggemar musik, tentu akan sangat senang dengan desain taman atap kali ini. Yaps! Desain kali ini menggabungkan unsur musik dengan unsur kehijauan dari taman yang kemudian dibuat menjadi satu kesatuan yang utuh. Untuk kamu yang senang menyanyi dan karaoke, tentu akan sangat betah berada di taman tersebut.

Karena kamu dapat menyalurkan kreatifitas kamu dengan dikelilingi oleh kesejukan akan tanaman. Speaker serta peralatan musik lainnya dapat kamu pasang secara tersembunyi dibalik tanaman yang lebat ketika kamu ingin mengadakan sebuah pesta di taman atap rumahmu.

Baca Juga: 4 Cara Simple Mengatasi Atap Bocor pada Rumah, Beserta Penyebabnya!

8. Desain Taman Atap dengan Fasilitas Kursi Ayunan

Desain Rooftop Garden
Sumber: littlemiraclesdesigns.com

Taman tentu akan selalu menjadi sebuah area yang paling menyenangkan untuk bersantai serta mencari inspirasi. Selain gazebo, kamu juga dapat menikmati keindahan dari taman atap rumahmu dengan menambahkan fasilitas ayunan.

Kursi ayun yang biasanya kamu dapatkan ditaman kompleks atau disepinggiran pantai, tentu dapat menjadi sebuah alat yang ampuh untuk menemani kamu dalam menikmati keindahan taman atap rumah.

9. Desain Taman Atap dengan Fasilitas Kolam Ikan

Desain Rooftop Garden
Sumber: boxdesign.ca

Jika kamu termasuk kedalam kategori yang senang dalam merawat ikan, desian satu ini sangat cocok untuk kamu. Kamu dapat memasang sebuah kolam ikan di atap rumahmu.

Selain dapat menimbulkan efek kesejukan, jenis taman atap ini juga dapat menjadi area kamu untuk bersantai sekaligus area untuk mendapatkan sebuah inspirasi.

10. Desain Taman Atap dengan Air Mancur

Desain Rooftop Garden
Sumber: homebeautiful.com

Desain rooftop garden dengan menggunakan elemen air tentu membuat tampilan taman atap rumahmu semakin terlihat kece dan mempesona. Aura hijau dari tanaman taman dapat memberikan aura kesejukan di sekitar taman. Dan elemen air dari air mancur dapat memberikan perasaan damai dan tenang.

Sehingga, dua kombinasi dalam satu area tersebut dapat menjadi inspirasi desain untuk kamu yang sangat senang dengan ketenangan dan kenyamanan. Air mancur yang terpasang baik kecil maupun besar juga bisa membuat tampilan taman atap rumahmu semakin kreatif dan instagramable banget!

Nah itulah 10 desain rooftop garden yang instragamable dan asyik digunakan sebagai area untuk berkumpul bersama. Nah dari 10 desain tersebut, kira-kira yang mana nih yang kamu sukai? Yuks tulis jawaban kamu di kolom komentar dibawah ini!

Nah pesan untuk kamu yang senang dengan rooftop garden, jangan lupa untuk selalu merawat serta membersihkan area taman atap rumah, agar tanaman yang ada dapat tetap tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *