20 Desain Plafon Minimalis Rumah yang Menarik

Bagian langit dari sebuah interior ruangan ialah plafon. Keindahan suatu ruang akan terpengaruhi oleh desain plafon yang kamu pilih. Bagi kamu yang memiliki rumah minimalis ataupun rumah dengan konsep minimalis, tentunya kamu akan mengaplikasikan desain plafon minimalis pula.

Namun, agar tidak terkesan monoton, kamu bisa mengaplikasikan desain plafon yang unik dan menarik untuk rumah impianmu. Buat kamu yang masih bingung untuk menentukan desain plafon minimalis untuk rumah impianmu, berikut 20 desain plafon minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai referensi desainmu. Check it out !

Baca Juga : Trend Material! Material Lantai, Dinding, serta Plafond Modern Terkini 2020

1. Desain Plafon Futuristik

Desain Plafond futuristik

Desain yang pertama, menghadirkan desain yang futuristik. Kamu bisa menciptakan gaya futuristik pada plafon rumahmu. Kamu bisa menambahkan lampu pada sela-sela plafon untuk memberikan kesan futuristic dan dramatis pada desain plafon milikmu sehingga lebih menarik.

2. Desain Plafon Kaca

Morgan Harrison Home - Under a glass ceiling positioned over a dark stained wood floor, a white kitchen pantry boasts white shaker cabinets fited with polished nickel pulls and a white quartz countertop.

Desain berikutnya ialah plafon kaca. Penggunaan material kaca memberikan kesan keindahan tersendiri. Selain dapat memanfaatkan pencahayaan pada alami pada suatu ruangan. Pengaplikasian plafon kaca juga dapat menimbulkan kesan luas dan menyatu dengan alam.

Kamu dapat menikmati keindahan langit secara langsung baik di pagi, siang maupun malam hari pada ruangan tempat kamu berada.  Namun, jangan asal pilih jenis kaca yah readers, kamu harus berkonsultasi secara matang dengan pihak konsultan maupun kontraktor bila ingin menggunakan desain satu ini.

3. Desain Plafon Klasik

A Newport Coast Home Channels Its Italian Roots

Desain klasik bisa kamu aplikasikan pada ruang keluarga, ruang santai maupun ruang perpustakaan dirumah dengan konsep minimalismu. Jika kamu memilih warna yang cukup gelap pada plafonmu, Padukanlah dengan lebih banyak menggunakan material kaca untuk memberikan keseimbangan cahaya pada ruangan.

4. Desain Plafon Artistik

Tess Corley added a photo of their purchase

Untuk menampilkan plafon bergaya artistik, Kamu bisa menambahkan aksen ornamen lampu tempel yang dapat menarik perhatian, seperti halnya bentuk matahari maupun bentuk bunga yang terbuat dari fiber.

Dikarenakan ornamen dari fiber cukup ringan, mudah dipasang, serta dapat menambah daya tarik dari desain plafon rumah impianmu. Desain ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruang keluarga maupun ruang tamu di rumah minimalismu.

5. Desain Plafon Putih

59 Recommended Bedrooms That'll Inspire You to Redecorate #recommendedbedrooms #bedroomideas #redecoratebedroom ~ aacmm.com

Jika kamu mengaplikasikan lantai bermotif pada ruanganmu, seimbangkanlah dengan menggunakan plafon yang simpel, yang tidak memiliki banyak aksen, serta usahakanlah berwarna putih.

Plafon putih polos juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu jika sudah banyak warna, tekstur serta motif pada ruanganmu. Plafon yang simpel ini juga dapat memberikan kesan yang bersih serta luas pada ruangan milikmu.

6. Desain Plafon Bohemian

New stylish bohemian interior decoration / #Bohemian #Decoration #Housegoalsfamilies #Interior #Stylish

Untuk kamu para penggemar desain bohemian, referensi kali ini bisa menjadi pilihanmu. Penggunaan material kayu serta lampu gantung tumblr menambah aksen bohemian pada ruangan mu. Kamu tetap bisa menghasilkan konsep minimalis ditengah keramaian konsep bohemian dengan tetap mengontrol penggunaan furniture pada ruangan milikmu.

7. Desain Plafon Naturalis

wood beamed ceilings with bohemian hammock / sfgirlbybay

Berbeda dengan gaya plafon sebelumnya. Kali ini mengahadirkan plafond yang lebih sederhana dan bernuansa naturalis. Kamu bisa menggunakan material kayu sebagai modul pembagian pada plafon rumah minimalismu.

Gunakanlah material light wood pada plafonmu untuk membedakannya dengan gaya plafon bohemian. Serta pilihlah kayu yang bersifat anti rayap untuk menjaga kekuatan dari plafon agar dapat bertahan lama. 

8. Desain Plafon Musik

Popular Music Themed Bedroom Ideas 12

Buat kamu penggemar musik dan tertarik untuk mengubah nuansa ruangan kamu menjadi bergaya musical. Kamu bisa menjadikan desain kali ini menjadi alternative desain ruanganmu. Menggunakan motif piano sebagai modelling dari palfon ruanganmu bukanlah ide yang mustahil untuk kamu terapkan.

Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan material gypsum dan memberikan pencahayaan yang tepat untuk menghasilkan tuts piano pada plafon ruangan milikmu.

9. Desain Plafon Cermin

[ad] Partnering with @visitsweden to share some of the cool design events going on right now for Stockholm Design Week! The highlight so far has been the Spatial Sensibilities exhibit by @framacph + @amlamlaml. The floor, the mirrored ceiling, that VIEW. Photos can’t capture how beautiful the space is but I tried in my stories 👋 Check over there for more on #StockholmDesignWeek #visitsweden #visitstockholm

Pengaplikasian Cermin pada dinding rumah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, sedangkan plafon yang berlapis dengan cermin mampu menciptakan sebuah ilusi ruangan yang terlihat lebih tinggi.

Kamu bisa memasang lapisan cermin pada bagian plafon rumahmu atau dapat membentuk lapisan cermin tersbeut menjadi sebuah bentuk bermodul segitiga, kotak, maupun bulat. Namun, kamu perlu ketelitian tingkat khusus pada proses pemasangannya.

10. Desain Plafon Motif Lantai

Tin Ceiling Tiles. Available in over 30 decorative patterns and 50 colors. Also offering, matching tin crown molding and installation accessories.

Buat kamu yang mulai bosan dengan desain plafon polos, kayu dan sebagainya. Desain kali ini bisa menjadi pilihan kamu. Ruang makanmu yang mungkin cukup simple bisa menjadi tampilan yang lebih menarik dengan mengaplikasikan jenis plafon kali ini.

Kamu bisa membuat desainnya dari gypsum dengan meminta bantuan orang profesional untuk membantu kamu dalam membuat desainnya.  

11. Desain Plafon Balok

Faux Wood Beams: Heights House | Jenna Sue Design Blog

Bujet yang minim bukanlah suatu penghalang untuk kamu memiliki sebuah plafon yang menarik. Untuk kamu yang memiliki plafon putih, kamu bisa menambahkan aksen balok yang dipasang secara memanjang seperti pada gambar.

Sebaiknya kamu menggunakan warna putih pada cat dinding serta perabot, sehingga desain plafon balok rumahmu dapat menjadi pusat perhatian. Kamu juga bisa menggunakan warna favoritmu pada plafon balok tersebut.

12. Desain Plafon Bondek

Jika pilihan untuk menambahkan plafon akan membuat ruangan kamu terlihat lebih pendek, Maka kamu bisa saja menggunakan bondek sebagai alternative plafon ruanganmu. Bondek pada umumnya didesain sebagai lapisan dasar untuk beton ataupun alas cor pada rumah yang bertingkat. Namun kamu bisa mengubahnya menjadi alternative plafon rumah minimalismu.

Dengan cara, memberikan cat khusus pelapis bondek pada plafon mu, kemudian menambahkan ornament lampu plafon gantung. Jenis Plafon ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan rumah dengan tema minimalis industrial.

13. Desain Plafon Berlapis

Rectangular LED Flush Light Minimalist Acrylic Ultrathin Ceiling Lamp in Warm/White for Dining Room - Beautifulhalo.com

Desain kali ini menerapkan konsep berlapis. Kamu bisa mengkombinasikan antara palfond serta lampu pada ruanganmu, sehingga kamu tidak memerlukan lagi lampu pada plafon ruangan mu.

14. Desain Plafon Gold Metal

DIY gold leaf ceiling / so fun for a little girls room

Kamu tidak perlu ragu dalam menggunakan plafon  bermaterialkan metal gold. Dikarenakan kamu dapat menyesuaikannya dengan dinding berwarna apapun. Jika Kamu ingin ruangan kamu terkesan hangat, kamu dapat mengkombinasikannya dengan dinding berwarna putih, ataupun warna pastel lainnya.

Namun jika kamu menginginkan ruangan kamu terkesan lebih ceria, kamu bisa menjadikan warna hijau emerald menjadi pilihan cat dinding rumahmu kamu untuk membuat ruanganmu menjadi lebih hidup. Plafon ini akan sangat cocok digunakan pada ruang tamu dan ruang keluarga.  

15. Desain Plafon Geometris

Geometrically Textured Ceiling Tiles

Plafond inovatif satu ini memang masih jarang dijumpai, namun kamu bisa menjadi orang pertama dilingkunganmu yang menerapkan gaya plafon gepometris ini. Plafon geometris ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang keluarga, ataupun ruang berkumpul lainnya. Desain ini terbilang unik dan menarik untuk kamu yang menyukai desain dengan hal yang baru.

16. Desain Plafond Gantung

Polyester acoustic panel / for false ceilings / design / for public buildings CLASS Soundtect                                                                                                                                                     More

Bukan cuman lampu saja yang digantung, namun kini juga ada plafon gantung yang bisa kamu terapkan pada rumah minimalis milikmu. Desain ini sangat recomended untuk kamu yang memiliki rumah dengan plafond yang cukup tinggi. Selain menarik, tampilan plafon ini akan membuat ruanganmu menjadi lebih artistic.

17. Desain Plafon Bermotif Bintang

Untuk kamu penggemar langit malam. Kamu bisa menggunakan star wall decor pada plafond ruanganmu. Hal tersebut akan membuat ruanganmu menjadi terang dimalam hari tanpa adanya pencahayaan lampu. Dan kamu akan merasa seperti berada di alam bebas.

18. Desain Plafon Gypsum Melingkar

recessed circle with LED lights

Dengan menggunakan gypsum melingkar pada plafon akan memberikan kesan simple dan elegant pada ruangan milikmu. Dengan perpaduan lampu led diselah nya akan menambah kesan menawan dan manarik pada interior ruanganmu.

19. Plafon Monokrom

Bagi kamu penggemar monokrom, desain ini akan sangat cocok untuk karaktermu. Tidak perlu menambahkan lampu gantung yang besar untuk menampilkan kesan minimalis untuk rumah idamanmu. Disarankan untuk menggunakan material yang berwarna polos pada furnituremu agar ruanganmu tidak terlihat sesak walaupun dengan dimensi yang cukup sempit.

20. Desain Plafond Pop

Untuk kamu yang memiliki karakter ceria dan periang, desain satu ini sangat cocok untukmu. Plafon dengan tema pop ini menampilkan kesan friendly pada ruanganmu. Plafon ini sangat cocok kamu kombinasikan dengan warna-warna cerah lainnya pada dinding serta furniture yang berada pada ruangan kamu tanpa takut terlihat tacky.

Baca Juga : Biaya Jasa Arsitek Mahal? Segini Harga Jasa Arsitek Indonesia, 3 Digit!

Dengan berbagai referensi desain plafon minimalis diatas, kira-kira yang mana nih yang menjadi desain favorit kamu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *