20 Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis yang Keren

Author : Ramadhani Haq al Badri, 2020.

Salah satu bagian rumah yang tentunya berperan cukup penting sebagai akses kita untuk menuju ke setiap ruangan, tidak lain adalah pintu. Bagian terpenting ini tentu selalu dan akan selalu ada disetiap rumah. Selain fungsinya untuk menghubungkan ruang antar ruang, pintu juga berfungsi sebagai bagian rumah yang dapat memberikan perlindungan privasi terhadap suatu ruangan.

Akan tetapi, modelling dari sebuah pintu tentu tidak dapat dipandang sebelah mata, modelling dari setiap pintu tentu memiliki kesan yang berbeda yang akan mempengaruhi sebuah desain interior maupun eksterior rumah yang kamu miliki.

Tidak semua rumah memiliki desain pintu yang cukup menarik dan juga minimalis, baik itu dari budget maupun desainnya. Terlepas dari semua itu,  tentu ini menjadi tugas bagi kamu untuk memilih desain pintu yang pas dan sesuai dengan rumah minimalis yang kamu miliki.

Saat ini, desain dari pintu sudah sangat beragam, Mulai dari bentuk, penggunaan teknologi hingga material yang digunakan kini sudah sangat beragam. Dan tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan serta selera yang kamu inginkan.

Nah, banyaknya jenis desain pintu mungkin akan membuat kalian bingung untuk menentukan pilihan, maka dari itu, imp Yuk simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

1. Pintu yang Senada dengan Dinding Rumah

desain pintu yang Senada Dengan Dinding Rumah
Sumber : Pinterest.com

Desain yang pertama ialah desain pintu dengan dinding yang serupa dengan fasad rumah. Pintu depan yang memiliki warna yang senada dengan warna dinding dapat menciptakan kesan seragam. Di sinilah para tamu dapat terpana setelah mengetahui apa yang ada di balik pintu abu-abu tersebut. 

2. Desain Dua Pintu

Desain Desain Dua Pintu
Sumber : Pinterest.com

Pintu ganda memang sangat ideal untuk dijadikan sebagai pintu depan rumah,  dikarenakan bersifat lebih formal serta memberikan kesan luas untuk ruangan yang berada didalalmnya. 

3. Pintu dengan Tekstur yang Berbeda dari Fasad Rumah

Desain Pintu dengan Tekstur yang Berbeda dari Fasad Rumah
Sumber : Pinterest.com

Perpaduan berbagai material sebagai sentuhan finishing fasad, tentu akan memperkaya komposisi area depan rumah. Namun, kamu juga perlu memperhatikan kombinasi material apa yang akan kamu gunakan, agar material yang kamu kombinasikan tetap selaras dan mengahsilkan sebuah hal yang aestetik.

Dinding batu dengan perpaduan pintu kayu tentu menjadikannya sebagai pusat perhatian yang akan mencerminkan kekuatan serta kehangatan. 

4. Pintu dengan Kombinasi Jendela Kaca

Desain Pintu dengan Kombinasi Jendela Kaca
Sumber : Pinterest.com

Fasad rumah yang didominasi oleh dinding tertutup merupakan tampilan yang akan membuat cahaya yang masuk kedalam rumah tidak maksimal. Maka dari itu, pemilihan pintu dengan kombinasi jendela kaca merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memaksimalkan cahaya yang bias masuk ke dalam rumah dengan tampilan yang tetap elegant dan berestetika. 

5. Pintu Hitam dengan Aksen Aluminium

Desain Pintu Hitam dengan Aksen Aluminium
Sumber : Pinterest.com

Warna hitam merupakan warna yang dapat mencerminkan nilai kekuatan, keanggunan, serta misteri. Pintu depan yang berwarna hitam tentu akan terlihat lebih elok dengan aksen aluminium yang dimilikinya, persis seperti contoh di atas.

6. Pintu Kayu

Desain Pintu Kayu
Sumber : Pinterest.com

Pintu kayu sangat cocok diaplikasikan untuk interior serta eksterior rumah. Pintu kayu dapat mengisolasi hawa panas maupun dingin serta dapat mengurangi kebisingan. Selain itu, tampilan kayu semakin menunjukkan nilai natural dalam desain.

7. Pintu dengan Kombinasi Kayu dan Kaca

Desain Pintu dengan Kombinasi Kayu dan Kaca
Sumber : Pinterest.com

Pintu berbahan kayu tentu sempurna untuk segala gaya rumah, termasuk minimalis. Sedangkan kaca akan memudahkan sinar matahari untuk masuk kedalam rumah rumah. Secara keseluruhan, desain pintu ini akan membuat rumahmu menjadi lebih unik dan berkarakter.

8. Pintu dengan Kombinasi Jendela Kaca Diatasnya

Desain Pintu dengan Kombinasi Jendela Kaca Diatasnya
Sumber : Pinterest.com

Paduan pintu serta jendela akan menonjolkan dimensi dan keunikan bahan yang digunakan. Dalam referensi kali ini, sebuah jendela kaca diletakkan tepat di atas pintu kayu. Desain ini akan membuat rumahmu menjadi lebih memukau. 

9. Desain Pintu Putih

Desain Desain Pintu Putih
Sumber : Pinterest.com

Untuk kamu yang suka dengan hal-hal polos namun tetap aestetik. Desain satu ini bias menjadi pilihan kamu. Walaupun warna nya putih, desain ini tidak akan membuat rumahmu terlihat pucat, caranya yakni dengan memadukannya dengan tembok berwarna pastel dan lantai yang senada, guna untuk menjadikan desain rumah minimalismu semakin manis dan menawan.

10. Pintu Putar

Desain Pintu Putar
Sumber : Pinterest.com

Beberapa dari kalian mungkin mengira pintu ini hanya dapat diaplikasikan pada supermarket ataupun office. Namunsebenarnya, desain pintu ini juga bisa kamu aplikasikan pada rumah yang kamu miliki. Dengan mengaplikasikan desain pintu ini, tentu akan membuat rumahmu menjadi unik dan millennial.

Baca Juga : 15 Desain Rumah Murah dan Kecil

11. Pintu dengan Warna yang Cerah

Desain Pintu dengan Warna yang Cerah
Sumber : Pinterest.com

Buat kamu yang bosan dengan material kayu serta hpl, kamu juga bisa menggunakan pintu dengan finishing cat. Kamu bisa memilih cat berwarna cerah untuk membuat rumahmu semakin berwarna.

Namun, untuk kamu yang menggunakan desain ini, sebaiknya untuk memilih material dinding yang menunjukkan warna putih ataupun warna pastel lainnya yang tentunya seirama dengan warna pintu yang kamu pilih.

12. Pintu Kayu dengan Aksen Garis

Desain Pintu Kayu dengan Aksen Garis
Sumber : Pinterest.com

Pintu ini merupakan modifikasi dari pintu tradisional. Desainnya cukup sederhana: kayu sederhana yang kemudian digabung dengan menyisihkan nut nut yang memberikan nilai estetika pada desain pintu rumahmu.

13. Pintu dari Dua Bahan yang Berbeda

Desain Pintu dari Dua Bahan yang Berbeda
Sumber : Pinterest.com

Jenis desain kali ini menggunakan gabungan dari material hpl dan juga kayu. Untuk kamu yang memiliki rumah minimalis namun tetap ingin terlihat hangat dan elegant, desain pintu ini bisa kamu jadikan sebagai alternative pilihanmu. Warna hpl yang soft serta material light wood menjadikan pintu ini memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.

14. Pintu Geser

Desain Pintu Geser
Sumber : Pinterest.com

Bosan dengan pintu engsel dan pintu putar ? pintu geser satu ini bisa jadi pilihan kamu. Desainnya yang cukup sederhana  dipadukan dengan handle berwarna gold menjadikan desain ini tetap terlihat sederhana namun tetap mewah.

15. Pintu dengan Tema Pop Art

Desain Pintu dengan Tema Pop Art
Sumber : Pinterest.com

Yang perlu kamu ingat bahwa, pintu tidak selamanya monoton hanya menggunakan 1 atau 2 warna saja. Kamu juga dapat menggunakan pintu dengan perpaduan berbagai warna yang dapat menciptakan desain bernuansa pop. Sehingga pintu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki tema ruangan pop art/colourfull.

16. Pintu dengan Aksen Cermin

Desain Pintu dengan Aksen Cermin
Sumber : Pinterest.com

Cermin dapat membantu kamu untuk memberikan aura elegan serta modern untuk rumah minimalistmu. Desain ini bisa kamu aplikasikan pada fasad rumah dan interior rumah. Tentunya ini akan membuat desain rumahmu terlihat semakin luas dan unik.

17. Pintu dengan Gaya Vintage

Desain Pintu dengan Gaya Vintage
Sumber : Pinterest.com

Rumah minimalis dengan tema vintage bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Kamu bisa memadukan desain rumah minimalis dengan menggunakan pintu yang bertema vintage untuk rumah hunianmu, tentu hal ini akan membuat desain rumah yang kamu miliki akan memiliki karakter yang berbeda dengan rumah lainnya.

18. Pintu Kaca Forsted

Desain Pintu Kaca Forsted
Sumber : Pinterest.com

Pengaplikasian Kaca buram, merupakan material yang sempurna untuk menjaga ruang tetap bergaya dan memiliki sifat semi privat. Selain itu, desain pintu ini akan lebih mengontrol bagian sinar matahari yang masuk, sehingga ruangan kamu akan tetap dalam kondisi yang sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

19. Pintu dengan Tema Rustic

Desain Pintu dengan Tema Rustic
Sumber : Pinterest.com

Desain kali ini ialah pintu dengan tema rustic. Desain ini akan menampilkan kesan hangat sekaligus elegant yang formal untuk tampilan fasad rumah minimalismu.

20. Desain Pintu Kaca

Desain Pintu Kaca
Sumber : Pinterest.com

Desain yang terakhir ialah desain pintu dengan menggunakan material kaca. Desain ini cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang tidak bersifat privat. Selain itu, desain ini akan membantu memaksimalkan cahaya yang masuk kedalam ruangan.

Nah, Itulah berbagai desain pintu untuk rumah minimalis yang dapat kamu gunakan sebagai alternative desainmu. Tentunya kamu bisa dengan bebas mengombinasikan antara material, desain, serta bukaan untuk menemukan desain pintu yang sesuai dengan harapanmu.

Tapi ingat ! Memasang pintu rumah tidak hanya soal memilih desain. Dalam pemasangan pintu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal, seperti halnya space yang tersedia, modelling pintu yang akan kamu pilih serta  konsep apa yang akan kamu terapkan pada rumah minimalismu. Semoga Bermanfaat !

Baca Juga : 15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *