15 Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

Rumah huniah yang indah dan menawan tentu menjadi impian semua orang, namun kadang sebagian orang cepat merasakan bosan dengan tampilan rumahnya yang begitu saja. Setiap waktu beberapa orang melakukan pengecatan ulang pada rumahnya untuk memberikan kesan baru dalam rumah. Namun tentunya, kadang hal tersebut memerlukan budget yang tidak sedikit, karena kamu membutuhkan jasa seorang tukang dalam menyelesaikannya. Lalu bagaimana cara mengecat rumah?

Jangan cemas. Buat kamu para readers yang ingin memiliki suasana rumah dengan tampilan cat yang sesuai dengan idamanmu, kamu bisa mencoba mengecat sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan jasa tukang lagi. Penasaran bagaimana cara mengecat rumah secara mandiri?

Baca Juga : 20 Contoh Desain Rumah Sederhana dan Minimalis

Cara Mengecat Rumah Dengan Hasil Memuaskan Tanpa Tukang

Bersihkan Serta Haluskan Tembok Menggunakan Skrap/ Amplas

Pastikan tembok kamu sudah bersih dan halus. Apabila belum, kamu bisa menggunakan amplas untuk menghaluskan. Mengamplas bertujuan agar permukaan tembok kamu rata dan halus. Pada tahap ini, apabila terdapat dinding yang berlubang, kamu bisa menutupinya dengan sealer.

Pengecatan Dasar

Kamu mungkin belum mengetahui secara detail cara mengecat rumah untuk tembok yang baik dan benar. Kadang sebagian orang langsung mengecat dinding mereka dengan warna yang diinginkannya. Itulah yang membuat hasilnya kadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kamu harus ingat, sebelum mengaplikasikan cat yang kamu inginkan, kamu harus melapisi dinding kamu dulu dengan cat dasar.

Cat dasar memiliki fungsi untuk meratakan permukaan dari dindingmu. Selain itu juga untuk menutup retakan kecil yang terdapat pada permukaan dinding, serta membuat warna cat yang akan kamu aplikasikan menjadi lebih cerah dan sesuai dengan warna ekspektasimu. Namun, kamu harus menunggu cat dinding dasar kamu kering terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cat dinding warna impianmu.

Cat Bagian Lis Menggunakan Kuas Berukuran Lebih Kecil

Bagian yang paling sukar untuk dicat pada dasarnya ialah pada bagian lis. Untuk bagian lis, kamu bisa menggunakan kuas lukis atau kuas lainnya yang berukuran kecil untuk mengecatnya. Teknik pengecatan menggunakan teknik satu arah. Disarankan untuk mengecat dengan arah horizontal. Jika warna dari cat lis yang kamu inginkan sama dengan warna untuk tembok kamu, makan kamu dapat melebihkannya ke bagian tembok.

Cara Mengecat Rumah untuk Dinding Menggunakan Roller

Jika sebelumnya kamu menggunakan kuas untuk mengecat, saat ini kamu bisa menggunakan roller untuk memudahkanmu dalam pengecatan. Untuk hasil warna cat yang lebih baik, sebaiknya kamu menyediakan campuran cat dan air dalam jumlah yang besar. Hal ini untuk menghindari pencampuran cat berikutnya dikarenakan perbedaan takaran air dan cat yang dapat mempengaruhi warna dinding yang akan dihasilkan.

Menyediakan Peralatan yang Berkualitas

Sediakan peralatan yang memadahi dan berkualitas untuk melakukan pengecatan. Jangan ragu untuk mengeluarkan budget dalam menyediakan alat. Karena hal tersebut akan dapat kamu gunakan di kemudian hari, serta hasil dari cat dindingmu juga akan jauh lebih baik. Berikut alat yang sering digunakan saat ingin mengecat dinding rumah:

  1. Kuas
  2. Roller cat
  3. Ember untuk mencampur cat dan air
  4. Screen (jaring yang terbuat material metal)

Aduk Cat dan Air Hingga Tercampur Rata

Campurkan cat dan air sesuai takaran pada petunjuk produk yang ada pada kaleng/ ember cat. Aduk hingga campuran cat dan air menyatu dengan sempurnya, sehingga warna cat yang dihasilkan akan sempurna.

Baca Juga : Mengenal 2 Jenis Batako Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pasang Screen pada Ember Cat

Memasang screen pada ember cat. Jadi sebelum kamu melepaskan roller cat ke tembok, rollermu harus kamu gerakkan terlebih dahulu ke screen. Just for your information, screen memiliki banyak keuntungan, diantaranya:

  1. Kamu dapat mengecat tembok tanpa harus khawatir banyak ceceran cat
  2. Cat dapat terserap dengan baik
  3. Kamu dapat terhindar dari bekas roller pada dinding
  4. Kamu bahkan tidak perlu lagi membuat adukan cat pada pan

Cara Menggunakan Roller Cat yang Baik

Untuk hasil yang sesuai harapan, kamu perlu untuk memasukkan roller ke dalam campuran cat, namun jangan hanya sekali saja. Lakukan secara berulang, sebanyak 4 hingga 6 kali untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah itu, gerakkan roller mu pada screen sebelum mengaplikasikannya ke dinding.

Cat Secara Vertikal

Cat dinding dengan gerakan vertikal. Hal ini dimaksudkan agar hasil cat dapat terlihat lebih rapi dan dapat lebih efisien dalam menyelesaikan proses pengecatan. Gunakan tekanan lembut dalam pengecatan, dan hindari bekas roller pada dinding saat pengecatan. Pelankan cara mengecat rumah kamu saat sudah mengahmpiri lis plafond maupun plin lantai. Jangan sampai kamu menodai bagian plafond maupun lantai, karena nanti akan semakin rumit.

Selesaikan Per Sisi

Untuk hasil yang memuaskan, usahakan kamu menyelesaikan satu sisi dinding dalam satu waktu pengecatan. Ini biasanya digunakan oleh para ahli khusunya mereka yang bergerak dibidang interior, untuk menghasilkan warna dinding yang lebih memuaskan. Dikarenakan, jika pada satu sisi dinding kamu membiarkan catnya mengering kemudian melanjutkan kembali pengecatannya, maka dinding kamu akan menghasilkan 2 warna yang berbeda walaupun dengan 1 jenis adonan cat.

Gunakan Roller Secara Lembut

Gunakan tekanan lembut saat menggunakan roller, agar tidak tertinggal bekas pada dinding kamu. Selain tekanan, kekentalan cat juga perlu untuk kamu perhatikan. Umumnya cat yang terlalu kental, dapat mengakibatkan bekas pada dinding.

Warna Cat Rumah

Bersihkan Roller

Selama pengecatan, kadang terdapat pasir atau semacamnya yang melekat pada roller. Kotoran semacam itu dapat mengakibatkan hasil pengecatan yang kurang sempurna sehingga kamu perlu membersihkan roller mu sebelum melanjutkan pengecatan agar hasil pengecatan kamu dapat lebih maksimal dan memuaskan.

Pengecatan Bagian Tepi

Dinding rumah akan semakin menawan dengan cara mengecat rumah yang baik dan benar. Untuk pengecatan di bagian tepi, cobalah kamu mengecatnya dalam jarak yang cukup dekat. Dikarenakan bagian tersebut adalah bagian yang memerlukan perhatian khusus.

Bersihkan Noda Cat Selagi Masih Basah

Jangan hanya memperhatikan cara untuk mengecat tembok. Akan tetapi, kamu juga perlu untuk memperhatikan noda dan ceceran cat. Terutama noda ceceran cat pada lantai. Usahakan untuk membersihkannya selagi masih basah, dikarenakan noda yang kering akan sukar untuk dibersihkan. Untuk pengecatan yang lebih muda dan terhindar dari ceceran noda pada lantai, kamu bisa menggunakan bantuan koran atau plastik untuk melapisi lantai kamu, sehingga ceceran cat tidak lagi mengenai lantai rumahmu.

Berikan Motif Bila Diperlukan

Nah buat kamu yang bosan dengan dinding polos, kamu juga bisa membuat dinding rumahmu menjadi bermotif tanpa menggunakan wallpaper dinding. Caranya simple, kamu bisa menggunakan selotip kertas untuk membuat pola pada dinding rumahmu. Kemudian melepaskannya setelah proses pengecatan. Kamu juga bisa menggunakan spons untuk memberikan jejak bentuk unik sesuai seleramu pada dinding rumah kamu.

Jika kamu bingung bagaimana memadupadankan warna cat rumah sesuai nuansa yang kamu inginkan, atau ingin agar desain warna dan tema rumah kamu jadi lebih bagus dan berkelas, kamu bisa menghubungi kami disini (Chat Whatsapp Only) untuk mendapatkan jasa desain rumah baik itu eksterior maupun interior. Dijamin dengan harga sangat terjangkau, kamu akan puas dengan desain yang kami berikan.

Nah itulah cara mengecat rumah dengan hasil memuaskan tanpa memerlukan jasa tukang lagi, selain kamu bisa mengurangi budget pengeluaranmu, kamu juga bisa mengkreasikan dinding rumah kamu sesuai selerah kamu readers! Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *