Rumah Banyak Semut Merah Pertanda Apa? Berikut 8 Cara Mengusir Semut!

Hama rumah menjadi salah satu hal yang meresahkan bagi penghuni. Banyak sekali jenis hama yang biasa ditemukan keberadaannya di beberapa ruangan dalam rumah. Salah satu hama yang meresahkan adalah ketika di dalam rumah banyak semut. Di mana ada satu semut, di sana ada ribuan semut. Semut-semut yang berdatangan sangatlah meresahkan apalagi jika dihadapkan dengan makanan yang ada di meja makan. Semut memiliki banyak jenis di antaranya semut hitam besar, semut merah, semut bau, semut firaun, semut gula dan lainnya. Walaupun ukurannya kecil tapi semut tak boleh diremehkan. Nah, yang berbahaya jika salah satu jenis semut seperti semut merah berkerumun dan memiliki efek gigitan yang lumayan sakit apalagi menimbulkan bengkak juga kulit menjadi merah.

rumah banyak semut
unsplash.com

Rumah banyak semut merah yang banyak ditemukan di beberapa ruangan memiliki mitos tersendiri yang telah menyebar di kalangan masyarakat. Jika rumah banyak semut diyakini merupakan sebuah pertanda bahwa penghuni rumah akan mendapat rezeki.

Ada beberapa ruangan di dalam rumah banyak semut yang biasa menampakkan diri di antaranya kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Di antara banyaknya ruangan di dalam rumah, ketiga ruangan inilah yang menjadi spot favorit para semut. Terutama di dapur yang merupakan tempat penuh dengan berbagai jenis makanan dan sampah, hal inilah yang sangat disukai oleh semut tersebut. Kemudian di kamar mandi, dikarenakan semut tertarik dengan tempat yang lembab sehingga kadang kamar mandi rentan dikerumuni semut. Sedangkan untuk di kamar mandi, semut yang berkerumun ini tergantung dengan kebiasaan dari pemilik kamar itu sendiri, apalagi jika kebiasaannya adalah makan di tempat tidur.

Solusi mengatasi rumah banyak semut

Jika semut-semut di dalam rumah kamu sudah sangat meresahkan, berikut ini ada 8 cara mengusir semut. Solusi-solusi di bawah ini ada beberapa solusi yang mudah didapatkan.

Kapur

Rumah banyak semut

Salah satu solusi yang perlu dilakukan dalam membasmi semut yaitu dengan menggunakan kapur. Hal ini sudah biasa dilakukan dengan membeli kapur khusus pembasmi semut, dijamin ampuh. Cara penggunaannya yaitu tinggal taburkan kapur pada area yang menjadi tempat berkerumun semut dan buatlah garis dari kapur tersebut. Agar lebih efektif, buatlah garis kapur di area pintu masuk sehingga bisa mencegah semut untuk masuk ke ruangan.

Boraks (Asam Borat)

Semut dapat dicegah dengan boraks yang dicampurkan dengan gula. Tujuan dicampurkannya gula pada boraks yaitu untuk mengundang perhatian para semut. Selain gula sebagai umpan semut, bisa juga dicampurkan dengan sirup, madu ataupun selai kacang. Nah, perlu diingatkan jika boraks terlalu banyak akan membuat semut tidak mendekat dan jika terlalu sedikit pun tidak akan bisa membunuh si semut. Maka dari itu, penting meyesuaikan komposisi boraks supaya semut bisa perlahan keracunan dan tidak langsung mati ketika memakan umpannya.

Lemon

Jeruk lemon pun juga terbukti ampuh mengusir semut dari rumah nih guys. Adanya kandungan asam sitrat dan juga aromanya membuat semut tidak tahan, sehingga dapat dipakai untuk mencegah masuknya semut di dalam rumah. Mengusir semut dengan memakai jeruk lemon terbilang murah meriah dan tidak ribet, kamu sisa mencampurkan perasan lemon dengan air. Kemudian semprot pada area yang dikerumuni oleh semut.

Kopi

Bahan dapur selain jeruk lemon yang bisa kamu terapkan adalah kopi. Nah beruntunglah kalian para peminum kopi. Ternyata semut tidak tahan dengan aroma dari kopi, hal ini pun efektif dalam mengusir semut sebab aroma kopi tidak mereka sukai. Caranya pun sangat gampang, ambil bubuk kopi secukupnya dan taburkan pada area yang kerap dikerumuni oleh semut. Selain mengusir semut, kopi memberikan manfaat lain yaitu menghilangkan bau pada ruangan.

Baca Juga: 11 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second

Lada

Semut juga tidak menyukai bubuk lada karena memiliki aroma yang kuat, sehingga lada bisa menjadi cara efektif mengusir semut. Kamu hanya perlu menyemprotkan larutan bubuk lada atau menaburkan lada bubuk ke area yang menjadi titik berkerumun semut. Lada tidak akan membuat semut-semut mati tetapi setidaknya taburan lada membuat semut tidak kembali lagi ke dalam ruangan.

Tepung

Salah satu bahan dapur lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah tepung. Berbagai macam tepung bisa kamu pakai untuk mencegah semut masuk dalam rumah di antaranya adalah tepung terigu, maizena dan tepung jagung. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menaburkan tepung terigu ke area yang biasa dilewati dan menjadi sarang semut. Terkhusus untuk bahan tepung jagung, semut akan mati jika memakannya, hal ini disebabkan tepung jagung ini tidak bisa dicerna oleh semut sehingga membuat perutnya mengembang.

Bedak Bayi

Ternyata selain bahan dapur, bedak pun juga digunakan untuk mengusir semut. Pengaplikasiannya sangat gampang dan hampir sama dengan kebanyakan bahan yaitu ditaburkan di area yang dilewati semut. Agar lebih efektif taburkan di sarang semut tersebut. Bedak bayi terbukti ampuh mengusir semut, hal ini disebabkan bedak bayi mengandung talcum yang merupakan bahan anti semut.

Garam Meja

Garam adalah salah satu bahan dapur yang terbilang sangat gampang dan sering dijumpai di rumah terkhusus di area dapur. Cara pengaplikasian garam meja untuk mengusir semut yaitu rebuslah air dan campurkan dengan garam. Setelah itu tuang dalam botol spray untuk lebih mudah disemprotkan pada area yang sering dikerumuni oleh semut. Menyebarkan garam di sekitar rumah banyak semut sering berkeliaran akan membantu menjauhkan semut tersebut dari rumah.

Nah, delapan bahan di atas merupakan rekomendasi bahan yang mudah ditemui dan didapatkan dalam mengusir semut di rumah. Ada beberaoa tips dan trik nih untuk kalian yang merasa resah dan jengkel akibat rumah banyak semut. Targetkan cara di atas pada si ratu semut, jangan hanya pada semut pekerja yang sering keluar masuk sarang. Jika kamu menargetkan bahan-bahan di atas kepada ratu semut dijamin semut pekerja yang selalu mengganggu tidak akan datang lagi.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Plafon Triplek Rusak dan Bernoda

Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian mengusir semut yang menjengkelkan dan membuat rumah banyak semut menjadi berkurang dan tidak mengganggu lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *