8 Cara Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir Dalam Waktu Singkat

Hai sobat Suryani Studio Lovers ! Artikel kali ini akan membahas mengenai tips untuk kamu menghilangkan bau rumah setelah banjir dalam waktu singkat.

Banjir merupakan peristiwa yang disebabkan oleh aliran air yang berlebihan yang kemudian merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa sendiri menjelaskan bahwa banjir merupakan situasi perendaman sementara akibat air yang menggenang pada daratan yang biasanya tidak terendam oleh air.

Hasil gambar untuk Cara Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir Dalam Waktu Singkat
Sumber: rumah123.com

Jenis banjir pun ada beragam macam, dan yang paling dahsyat serta merugikan masyarakat ialah banjir bandang. Banjir bandang merupakan banjir dalam skala besar yang datang dengan cara tiba-tiba, kemudian meluap lalu menggenangi daratan. Serta dapat mengalir dengan deras, yang dapat menghanyutkan benda-benda yang berukuran besar seperti mobil dan pepohonan.

Selain merugikan dalam segi materi. Banjir juga dapat meninggalkan bekas berupa lumpur serta noda yang tentunya akan menimbulkan bau yang tidak sedap disekitar lingkungan tempat kamu berada, terutama pada rumah hunian kamu.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Membersihkan Rumah dengan Cepat

Menghilangkan bau lembap yang timbul akibat banjir tentu tidak mudah, dan kadang meresahkan beberapa pihak. Namun, kamu tidak perlu cemas. Karena Suryani Studio sudah merangkumnya dalam 8 cara menghilangkan bau rumah setelah banjir dalam waktu singkat, yuks disimak Bersama artikelnya berikut ini :

1. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Menjemur Barang yang Terendam

Cara pertama yang bias kamu lakukan untuk menghilangkan bau rumah setelah banjir ialah dengan cara membersihkan terlebih dahulu barang-barang yang telah terendam oleh banjir.

Dikarenakan barang-barang tersebut bisa jadi pemicu timbulnya bau apek didalam rumah. Barang-barang tersebut dapat kamu bersihkan dengan menggunakan kain lap ataupun menggunakan detergen jika memang kamu perlukan.

Namun, ingat ! jangan sekali-kali membersihkannya dengan menggunakan kaporit. Meskipun dapat sangat melelahkan, kamu yang rumahnya terendam banjir perlu untuk mengeluarkan semua barang yang terendam tanpa terkecuali.

Kamu perlu memfilternya sebaik mungkin, yakni membuang barang yang tidak bisa diselamatkan atau rusak. Kemudian mencuci, dan menjemur perabotan serta barang-barang yang tersisa yang dapat digunakan kembali. Jemurlah hingga benar-benar kering agar tidak timbul jamur serta karat pada barang tersebut.

Untuk Barang-barang dengan bahan kain, seperti pakaian ataupun karpet rumah, kamu bisa membersihkannya dengan menambahkan cairan pewangi.

Kemudian, semua barang yang telah kamu bersihkan, kamu keringkan dan jemur dibawah panas terik matahari. Dikarenakan panas matahari dapat membantu untuk membunuh bakteri serta jamur yang menjadi penyebab bau tidak sedap (lembap).

2. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Membersihkan Lantai Rumah

Hasil gambar untuk Cara Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir Dalam Waktu Singkat
Sumber: hellosehat.com

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau rumah setelah banjir ialah membersihkan lantai rumahmu. Selain barang-barang, bau lembap juga dapat berasal dari lantai rumah yang telah tergenang banjir.

Bersihkan lantai rumah dengan menyikatnya menggunakan air bersih hingga ke tiap sudut ruangan, pastikan juga lantai kamu benar-benar bersih dari lumpur serta sisa tanah dan kotoran yang terbawa oleh banjir.

Setelah itu, kamu dapat mengepel lantai dengan menggunakan cairan pembersih anti kuman serta cairan pewangi lantai rumah.

3. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Bersihkan Tempat Pembuangan, Baik Sampah Maupun Limbah

Selanjutnya, kamu juga perlu untuk membersihkan tempat pembuangan yang ada pada rumah kamu, baik itu tempat sampah ataupun tempat yang dilalui oleh limbah rumah tangga. Sepertihalnya, saluran pembuangan air pada wastafel, saluran pembuangan air pada kamar mandi, dan saluran pembuangan selokan yang berada di depan rumah kamu. Saluran air yang kotor serta tersumbat selepas banjir, tentu dapat menjadi sumber penyebab timbulnya bau yang tidak sedap yang dapat menyebar ke seluruh ruangan dalam rumah. Jadi, kamu perlu untuk mengecek serta membersihkannya, cukup merepotkan namun hasilnya tentu dapat membuat kamu nyaman berada dalam rumah.

4. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Menggunakan Essential Oil

Gunakanlah minyak esensial untuk membantu mengharumkan rumah kamu. Essential oil merupakan cairan yang dapat memberikan wangi serta aroma yang segar pada rumahmu pascabanjir.

Selain itu, minyak esensial juga memiliki beragam aroma yang dapat menjadi aromaterapi bagi penghuni rumah. Tersedia banyak sekali pilihan aroma dari Essential oil yang dapat kamu pilih. Wangi yang paling favorit digunakan ialah aroma lavender, lemon, dan mawar. sehingga bau rumah setelah banjir dapat menjadi wangi dan menyegarkan.

5. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Membuka Semua Jendela

Sumber: klikdokter.com

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau lembap pascabanjir ialah dengan membuka seluruh jendela yang ada pada rumah kamu. Cukup buka jendela selama bau didalam rumah masih ada yah  ! jika baunya sudah hilang, kamu bisa menutupnya kembali untuk menjaga keamanan rumah kamu.

Membuka semua jendela merupakan upaya untuk memastikan udara didalam ruangan bisa keluar dan melaukan sirkulasi yang baik. Sehingga udara segar diluar rumah dapat masuk kedalam rumah.

Membuka jendela juga dapat membantu mengurangi kadar kelembapan yang ada didalam rumah pasca banjir.

6. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Menyalakan Kipas Exhaust

Bila kamu memiliki ruangan dengan fasilitas exhaust fan, hal tersebut tentu sangat membantu. Kamu bisa menyalakannya untuk membantu mengeluarkan udara dari dalam ruangan ke luar rumah. Lakukan hal tersebut selama beberapa jam di setiap harinya untuk memaksimalkan proses sirkulasi udara menjadi lebih baik.

7. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Menggunakan Taburan Serbuk atau Biji Kopi

Sumber: pikiran-rakyat.com


Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ualah menggunakan taburan biji maupun serbuk dari kopi. Bau lembap serta bau akibat sisa lumpur pasca banjir seringkali membuat kamu tidak nyaman untuk berada didalam rumah.

Menyemprotkan cairan pewangi ruangan biasanya dapat membuat bau dalam ruangan semakin ambur adul dan membuat sakit kepala. Cara efisien yang dapat kamu lakukan ialah bukan menyemprotkan pewangi pada ruangan, melainkan meletakkan wadah yang berisikan biji kopi atau serbuk kopi di ebberapa titik dalam ruangan.

Aroma kopi dapat membuat ruangan kamu lebih menyegarkan disbanding dengan aroma sintetis dari cairan pewangi ruangan.

Sekedar tips, untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan yang jauh dan meninggalkan rumah dalam kurang waktu yang lama. Kamu bisa meletakkan wadah berisikan biji ataupun serbuk kopi di beberapa sudut ruangan didalam rumah kamu.

Untuk menghindarkan bau tidak sedap didalam rumah selama kamu meninggalkannya.

8. Menghilangkan Bau Rumah Setelah Banjir dengan Menyalakan Lilin

 
Cara yang satu ini terbilang masih menimbulkan pro serta kontra, masih banyak orang yang menganggap hal ini hanya sia-sia saja. Namun tidak sedikit orang juga yang menganggap hal ini dapat membantu mengatasi bau tidak sedap pasca banjir pada rumahmu.

Namun tidak ada salahnya jugakan untuk kamu mencobanya. Kamu hanya perlu menyalakan lilin di tengah ruangan. Kamu bisa menggunakan lilin biasa maupun lilin aromaterapi. Pembakaran dari lilin dipercaya dapat membantu proses penyerapan bau tidak sedap yang ada di dalam ruangan. 

Lakukan secara bergantian, cukup nyalakan lilin di setiap ruangan selama kurang lebih 1-2 jam di setiap harinya selama beberapa hari. Pastikan kamu mengawasi lilin yang menyala agar dapat mencegah terjadinya kebakaran. 

Baca Juga: 10 Kesalahan Membeli Barang Rumah Tangga Yang Sering Dilakukan !

Nah, itulah 8 cara yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bau pada rumahmu pascabanjir. Kira-kira yang mananih cara yang paling efisien menurut kamu ? atau kamu punya cara lain untuk menghilangkannya ? yuks tulis jawaban kamu di kolom komentar di bawah ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *