10 Kesalahan Membeli Barang Rumah Tangga Yang Sering Dilakukan !

membeli barang rumah tangga

Baca Juga : 2 Cara Menghitung Daya Listrik untuk Keperluan Rumah Tangga

Nah, terkait judul kali ini. Pasti banyak diantara kita yang sering melakukan kesalahan saat membeli barang keperluan Rumah Tangga. Apalagi saat kita kita berjalan di mall ataupun tempat perbelanjaan yang menawarkan diskon untuk pembelian produknya.

Kadang kita akan tergiur dan langsung membelinya tanpa berfikir Panjang. Padahal sebenarnya kita tidak membutuhkan barang tersebut. Dan bisa jadi material dari barang tersebut dapat dengan mudah mengalami kerusakan sehingga dijual dengan penawaran diskon yang cukup fantastis.

Maka dari itu, berikut ini penjelasan terkait kesalahan-kesalahan saat membeli barang rumah tangga yang perlu kamu simak untuk kedepannya dapat berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Yuks kita simak Bersama.

1. Membeli Barang Rumah Tangga yang Tidak Kamu Perlukan

Kesalahan pertama yang sangat sering dilakukan saat membeli barang rumah tangga ialah kamu memutuskan untuk membeli sebuah barang yang sebenarnya kamu tidak membutuhkan barang itu sama sekali.

Contohnya kamu membeli sebuah Freezer Box untuk menyimpan beberapa potongan daging untuk keperluan dapur keluarga kecilmu. Tentu hal ini termasuk kedalam pemborosan. Dikarenakan hal tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan fasilitas freezer  yang terdapat di dalam kulkas yang kamu miliki.

2. Tidak Memperhatikan Material dari Barang yang Kamu Beli

Penawaran harga dari penjual barang rumah tangga sering sekali membuat kamu terlena dan terpaku untuk meneliti lebih lanjut akan material serta bahan dasar dari peralatan yang akan kamu beli. Misalnya saja kamu ingin membeli sebuah lemari pakaian.

Saat berada di tempat perbelanjaan, kamu ditawari sebuah lemari dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan lemari di toko lainnya, lantas kamu langsung membeli lemari tersebut.

Padahal lemari tersebut terbuat dari material tripleks yang sangat mudah mengalami kerusakan sehingga sangat wajar dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan lemari lainnya yang memang menggunakan material yang lebih kuat dan kokoh.

3. Tidak Sesuai dengan Konsep Interior Ruangan

Sering sekali nih, kamu terkadang melupakan konsep dari ruangan yang akan kamu belikan barang rumah tangga. Sehingga tidak heran biasanya kita melihat beberapa ruangan yang tidak estetis dikarenakan menggunakan berbagai gaya yang bertabrakan dalam satu ruangan.

Contohnya, kamu ingin membelikan si baby kecil sebuah tempat tidur baru, kamar baby kecil kamu mungkin saja bernuansa girls yakni pink putih. Lalu kamu datang dengan membawa tempat tidur dengan nuansa biru dengan tampilan cover superman. Tentu hal tersebut akan mengurangi nilai estetika dari interior ruangan yang kamu miliki.

kesalahan saat membeli barang rumah tangga

4. Membeli Barang Rumah Tangga yang Sulit Digunakan

Berbagai inovasi terkait peralatan rumah tangga ditujukan untuk mempermudah kegiatan penggunanya. Meski demikian, hal tersebut kadang menjadi pemicu kesalahan untuk kamu dalam menentukan barang rumah tangga. Alih-alih ingin mendapat kemudahan, kamu malah mendapatkan kesulitan dari inovasi alat rumah tangga tersebut.

Biasanya kesalahan ini sering terjadi saat kamu hanya fokus pada fungsinya saja, tanpa memikirkan lebih Panjang, apakah pemakaiannya dapat digunakan dengan mudah atau sebaliknya.

Tidak sedikit diantara kita yang mengalami kesulitan saat akan merakit peralatan rumah tangga yang baru saja kita beli. Sehingga kita perlu membaca buku petunjuk berulang kali untuk menyatukannya, atau bahkan harus menelpon pihak customer saat kamu sudah merasa resah untuk menyelesaikannya.

Jadi, pandai-pandailah dalam memilih peralatan rumah tangga yang akan kamu beli.

Baca Juga : 15 Desain Rumah Kecil Unik yang Bisa Buat Kamu Terinspirasi

5. Membeli Dua Alat yang Memiliki Fungsi yang Sama

Kesalahan saat membeli barang rumah tangga selanjutnya ialah membeli dua barang dengan fungsi yang sama. Dikarenakan saat itu terdapat diskon besar-besaran, kamu mengambil keputusan untuk membeli sebuah alat pemanggan roti.

Padahal kamu sendiri belum mengetahui lebih jelas apakah barang tersebut kamu butuhkan atau tidak. Sementara, sebelumnya kamu telah memiliki sebuah oven yang bisa kamu gunakan untuk memanggang.

Alhasil, alat pemanggang roti yang kamu beli hanya akan menjadi pajangan dapur.

6. Membeli barang dalam jumlah yang sedikit

Maksudnya bukan untuk menghimbau kamu untuk membeli barang rumah tangga dalam jumlah yang banyak untuk segala jenis. Namun, biasanya diantara kita sering sekali membeli peralatan secara 1 per satu, yang padahal kita membutuhkannya dalam jumlah yang banyak.

Seperti halnya piring serta mangkok untuk persiapan makan. Padahal, bila kamu membelinya dalam jumlah yang banyak seperti 1 Lusin, kamu tentu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membelinya secara 1 per satu.

kesalahan saat membeli barang rumah tangga

7. Tidak Sesuai dengan Skala dan Ukuran Ruangan

Guys, Pernahkah kamu memperhatikan sebuah dapur yang ukuranya ruangannya hanya berkisar 4 m x 2 m saja, lalu diisi dengan sebuah lemari es yang dapat kamu buka dari empat arah, atau mungkin sebuah dapur yang luas kemudian hanya dilengkapi oleh sebuah kompor tungku yang berukuran kecil?

Kedua contoh tersebut merupakan bentuk dari kesalahan saat kamu memilih barang rumah tangga. Terlalu sedikit atau terlalu banyak furniture dapat membuat interior ruanganmu terlihat kurang menarik.

Jadi sebaiknya kamu mengecek dan mengukur terlebih dahulu ukuran dari ruangan yang akan kamu belikan perabot. Agar perabot yang kamu beli dapat sesuai dengan luasan layout ruangan yang kamu miliki.

8. Melebihi Perkiraan Anggaran Dana

Sebelum kamu mencari barang rumah tangga di pusat perbelanjaan ataupun online shop. Tentu kamu telah menyediakan perkiraan budget yang akan kamu keluarkan.

Namun, saat kamu telah berada di sebuah took ataun online shope , kamu malah memilih peralatan rumah tangga yang harganya melampuai dari perkiraan dana yang telah kamu sediakan.

Sehingga kamu perlu mengeluarkan uang ekstra yang sebenarnya kamu ingin tabung untuk keperluan penting kedepannya.

9. Tidak mengecek keutuhan barang secara teliti sebelum membelinya

Kesalahan yang paling umum terjadi ialah, barang yang kamu beli tidak kamu teliti lebih dulu keutuhannya. Banyak kejadian dimana diantara kita membeli sebuah barang secara terburu-buru.

Sehingga saat tiba dirumah, kamu baru menyadari bahwa barang belanjaan kamu tidak dalam keadaan utuh 100%, dalam artian barang tersebut memiliki kecacatan atau bahkan tidak dapat difungsikan sebagaimana semestinya. Jadi be patient and careful dalam membeli yah guys !

10.  Membeli Barang Yang Tidak Dapat Digunakan Untuk Jangka Panjang

Beberapa diantara kita sering sekali membeli barang yang hanya dapat digunakan dalam jangka pendek, padahal sebenarnya kita membutuhkan barang tersebut untuk jangka waktu yang lama. Sehingga kita harus membelinya kembali yang tentunya akan mengucek uang untuk transportasinya.

Nah, itulah 10 point kesalahan-kesalahan yang sering sekali dilakukan saat membeli peralatan rumah tangga. Semoga kesalahan-kesalahan tersebut tidak kalian lakukan di hari selanjutnya yah..

Dan jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan dengan matang setiap peralatan yang akan kamu beli, agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi yang telah kamu tetapkan.

Jadi kira-kira yang mana nih kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan dalam membeli peralatan rumah tangga ? jangan lupa jawab di kolom komentar yah guys ! See you in the next article !

Author : Ramadhani Haq al Badri

Baca Juga : 20 Inspirasi Desain Pintu Rumah Minimalis dan Juga Impressive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *