4 Cara Simpel Mengatasi Atap Bocor pada Rumah, Beserta Penyebabnya!

Musim hujan memang kadang menimbulkan beberapa masalah akibat perawatan lingkungan yang kurang baik, seperti halnya masalah banjir. Namun, bukan banjir saja yang sering meresahkan masyarakat, beberapa diantara kamu mungkin pernah juga merasakan keresahan akan atap yang bocor.

Masalah kebocoran atap memang bukan sebuah masalah yang terlalu berat, jika kamu tidak segera menanganinya, maka kamu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menghadapinya saat hujan turun.

Tentu kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk penampungan air akibat atap bocor pada rumahmu, bahkan kamu harus memindahkan kembali barang-barang yang berada disekitarnya agar tidak basah terkena cipratan air hujan yang masuk kedalam rumahmu.

atap bocor

Maka dari itu, kamu perlu memperbaiki atap rumah yang bocor sesegera mungkin, karena kamu akan mendapat banyak kerugian jika membiarkan atapmu dalam keadaan bocor.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Penyebab Atap Bocor

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi atap bocor pada rumahmu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebocoran.

atap bocor

1. Penanaman Pohon Tinggi di Dekat Rumah

Hal ini kadang sering disepelekan oleh banyak orang. Namun pada faktanya, menanam pohon yang terlalu dekat dengan atap rumah, tentu dapat memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah. Penyebab atap bocor tidak lain ialah pohon yang telah tumbuh besar serta memiliki buah yang banyak, tentu akan merusak atap rumah jika kamu menanamnya terlalu dekat dengan rumahmu.

Jika angin tertiup kencang, maka ranting yang tumbuh akan menjuntai ke atap rumah dan akan bergerak-gerak, sehingga membuat atap bergeser dari tempat semula. Bahkan buahnya pun dapat jatuh ke bagian atap rumah sehingga dapat memicu terjadinya retakan-retakan pada area atap rumah.

Itulah mengapa sebaiknya kamu tidak menanam pohon terlalu dekat dengan bagian atap, agar dapat menghindari serta mengatasi permasalahan terkait atap bocor pada rumahmu.

2. Sampah yang Berada di Atap Rumah

Coba deh kamu mengecek  area atap rumahmu, pasti kamu akan menemukan berbagai sampah dan kotoran yang menyangkut pada bagian yang seharusnya di aliri oleh air hujan. Jika memang hal tersebut benar terjadi pada atap rumahmu, maka itulah salah satu penyebab yang dapat memicu atap bocor pada rumahmu.

Tentunya hal ini disebabkan oleh daun kering yang menumpuk di bagian atap dan kemudian akan menghambat aliran air pada atap, sehingga air hujan akan menggenang. Genangan air tersebutlah yang kemudian akan menimbulkan terjadinya kebocoran pada atap. Maka dari itu, kamu perlu untuk rutin membersihkan area atap rumahmu.

 3. Atap yang Telah Rapuh

Tips selanjutnya ialah kamu perlu untuk mengecek atap yang sudah terlihat agak rapuh. Dikarenakan atap yang sudah rapuh memiliki kemungkinan besar untuk memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah. Karena atap yang mulai rapuh tentu akan sangat mudah untuk membuat air menjadi merembes yang pada akhirnya memicu terjadinya kebocoran.

Mengganti atap yang telah rapuh dengan yang baru tentunya menjadi solusi terbaik sebelum atap bocor pada rumahmu di kala musim hujan. Ingatlah! Lebih baik mencegah daripada mengobati yah sobat!

4. Atap dengan Sudut Kemiringan yang Tidak Sesuai

Kamu perlu untuk memperhatikan sudut kemiringan pada atap rumahmu, hal ini dilakukan agar air hujan yang mengalir dapat terus mengalir dengan sempurna tanpa melakukan penyinggahan akibat kemiringan atap yang kurang tepat.

Bila hal ini terjadinya, tentu akan ada titik pada area atap yang menjadi tempat bergenangnya air, yang tentunya lambat laun akan menjadi titik kebocoran atap pada rumahmu.

Sebaiknya kamu menggunakan sudut kemiringan atap sebesar 30° hingga 40°.  Tentunya agar bisa segera mengalir ke bawah menuju ke saluran pembuangan.

5. Lapisan di Bawah Atap

Atap bocor juga biasanya terjadi akibat tidak adanya lapisan pelindung di bawah atap kamu. Sebelum kamu memasang atap kamu secara keseluruhan, ada baiknya kamu memasang atap dengan menggunakan lapisan plastik terlebih dahulu.

Setelah kamu selesai untuk memasang baja ringan sebagai keperluan rangka atap, maka kamu dapat memasangkan plastik yang kemudian akan ditutup dengan lapisan akhir yakni atap spandek atau sebagainya. Tips untuk memasang plastik pada lapisan atap merupakan salah satu cara yang lebih baik untuk mencegah terjadinya atap bocor.

Baca Juga: 7 Cara Plamir Tembok Rumah Sendiri dengan Rapi

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

atap bocor

Nah, setelah mengetahui cara untuk mencegah terjadinya kebocoran pada atap, selanjutnya ialah penjelasan terkait cara untuk mengatasi atap rumah yang bocor, yuk simak Bersama penjelasan berikut ini!

1. Gunakan Cat Water Proofing

Perubahan iklim setiap tahunnya dapat menyebabkan atap bocor pada rumahmu terjadi dengan mudahnya. Jika atap rumahmu telah mengalami kebocoran, sebaiknya kamu melapisinya dengan menggunakan water proofing.

Untuk kamu yang belum tahu, water proofing merupakan cat yang berguna untuk menambal kebocoran pada atap sehingga rumahmu tidak mengalami masalah kebocoran lagi. Water Proofing mengandung cairan yang anti air sehingga kecil kemungkinan untuk air merembes pada atap rumahmu.

2. Perbaiki Genting yang Melorot

Secara tidak sengaja, kadang genting maupun seng atap rumahmu melorot, akibat tertiup oleh angin kencang. Jika kasusnya seperti ini, maka kamu perlu untuk memposisikan genting ke tempat yang tepat.

Langkah ini memang tidak dapat dilakukan dengan serta merta saja, melainkan perlu dilakukan dalam waktu berkala. Ingat, tidak ada salahnya untuk kamu rutin memeriksa atap rumahmu, toh menjaga lebih baik daripada mengobati.

3. Bersihkan Talang Air

Talang air yang dipenuhi oleh sampa serta dedaunan, tentu akan menghambat aliran air hujan. Inilah yang sering menjadi permasalahan yang memicu terjadinya atap bocor.

Tentunya untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu untuk membersihkan kembali saluran air tersebut agar air hujan dapat mengalir secara lancar dan tidak lagi menggenang pada area atap. Setelah itu, kamu bisa kembali menggunakan lapisan waterproofing untuk mengatasi kebocoran pada atap tersebut.

Baca Juga: 2 Cara Menghitung Daya Listrik untuk Keperluan Rumah Tangga

4. Ganti Genting Retak atau Hancur

Nah, bila atap rumahmu memang sudah retak ataupun mulai hancur, jalan terakhir untuk mengatasi hal tersebut adalah menggantinya dengan yang baru karena jika kamu hanya melapisinya dengan cat waterproofing, hal tersebut tentu tidak akan bertahan lama apabila air hujan terus menerus mengguyur rumahmu. Jadi, alangkah baiknya untuk menggantinya dengan yang baru lalu memberikan lapisan cat waterproofing.

Jika diperkirakan, uang yang kamu keluarkan terbilang cukup banyak, namun hal tersbeut lebih baik daripada kamu harus menambalnya dengan cat waterproofing yang kemudian pada akhirnya akan membeli yang baru juga karena kekuatannya yang tidak dapat bertahan lebih lama lagi dengan kondisi atap yang telah mengalami keretakan, dan memicu kehancuran.

Nah itulah beberapa cara untuk kamu gunakan dalam mengatasi atap rumah yang bocor akibat curah hujan yang tinggi, sampah yang berserakan sehingga memicu air bergenang pada atap, hingga kemiringan atap yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Author : Ramadhani Haq al Badri, 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *