10 Alasan Perlu Jasa Arsitek. Jangan Dilewatkan, Penting!

Pembangunan yang kian hari semakin meningkat, tentu membutuhkan goresan tangan seorang arsitek dalam desainnya. Tidak sedikit masyarakat umum yang menganggap bahwa jasa arsitek itu tidaklah penting. Bahkan tidak sedikit jumlah rumah hunian yang terbangun tanpa jasa arsitek. Lantas, apa alasan perlu jasa arsitek?

Sadarkah kamu bahwa sebenarnya jasa arsitek sangatlah penting dalam merancang sebuah bangunan? Ketika kamu berniat membangun sebuah bangunan, seperti halnya rumah hunian untuk keluarga tercinta, tentu akan ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan bagi kamu.

Bagaimana mendesain denah rumah? Bagaimana struktur bangunan yang diperlukan? Berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan? Dan sebagainya. Permasalahan-permasalahan tersebutlah yang kerap kali muncul saat membangun suatu bangunan.

Alasan Mengapa Perlu Jasa Arsitek

Disinilah fungsi seorang arsitek lahir, yakni tidak lain ialah untuk membantu kamu dalam memecahkan masalah yang kamu hadapi saat membangun suatu bangunan. Untuk lebih jelasnya,

Berikut 10 Alasan Perlu Jasa Arsitek untuk Kamu Ketahui:

Arsitek Adalah Profesional yang Berlisensi

Arsitek adalah seseorang yang memiliki pelatihan (skill) dan pengalaman (experience) yang paling tepat dalam merancang, mengordinasi dan mengelola proyek bangunan yang kamu miliki. Arsitek memiliki Sertifikasi Keahlian Arsitek (SKA) yang dikeluarkan oleh asosiasi keprofesian Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). SKA ini secara resmi telah menjamin kompetensi seorang arsitek untuk ber-praktik.

Hal ini tentu didukung oleh background pendidikan seorang arsitek yang dididik, dilatih, dan diuji di berbagai bidang termasuk bidang desain estetika, ergonomi, ekologi, sosiologi, hukum, kode etik, bahan konstruksi, teknologi dan sebagainya. Luasnya pengetahuan tersebut memungkinkan tinjauan ke masa depan saat mengevaluasi persyaratan dan batasan yang bersaing.

Baca Juga : 10 Arsitek Indonesia Terkenal dan Mendunia

Arsitek yang mengantongi Sertifikat Keahlian (SKA), memiliki 13 butir kompetensi standar, yaitu:

  1. Perancangan Arsitektur
  2. Pengetahuan Arsitektur
  3. Pengetahuan Seni
  4. Perencanaan dan Perancangan Kota
  5. Hubungan antara Manusia, Bangunan dan Lingkungan
  6. Pengetahuan Daya Dukung Lingkungan
  7. Peran Arsitek di Masyarakat
  8. Persiapan Pekerjaan Perancangan
  9. Pengertian Masalah Antar-Disiplin
  10. Pengetahuan Fisik dan Fisika Bangunan
  11. Penerapan Batasan Anggaran dan Peraturan Bangunan
  12. Pengetahuan Industri Kontruksi dalam Perencanaan
  13. Pengetahuan Manajemen Proyek

Melalui 13 butir kompetensi tersebut, maka kemampuan seorang arsitek tentu tidak perlu lagi diragukan, karena desain yang akan diberikan kepada kamu tentu memiliki standar mutu desain yang sesuai kaidah pembangunan.

Arsitek Memiliki Daya Konseptualisasi Diluar Nalar Kamu

Biaya Jasa Arsitek

Seorang arsitek memiliki kemampuan untuk mengumpulkan seluruh aspirasi abstrak yang kamu miliki dan menerjemahkannya ke dalam bentuk yang dapat kamu visualisasikan.

Dan yang terpenting, konsep tersebut dapat dengan mudah dimengerti oleh kontraktor yang akan mengawasi proses pembangunan proyek bangunan kamu. Sehingga tidak perlu lagi repot untuk menjelaskan berulang kali secara detail mengenai maksud dan tujuan kamu terhadap konsep bangunan yang kamu inginkan. Inilah pentingnya untuk kamu ketahui alasan perlu jasa arsitek sesungguhnya.

Arsitek Dapat Menyelesaikan Masalah Dengan Berbagai Solusi yang Kreatif dan Inovatif

Arsitek yang berbakat dapat membuat proyek yang melampaui fungsional murni. Dalam artian, arsitek dilatih untuk menggunakan imajinasi dan nalarnya dalam menyelesaikan masalah dan menciptakan solusi yang indah dalam setiap rancangannya. Sehingga bangunan kamu akan memiliki sisi fungsional, kreatif serta inovatif.

Arsitek Dapat Mendesain Bangunan yang Unik dan Menarik Namun Tetap Memprioritaskan Kebutuhan Kamu

Seorang arsitek akan memprioritaskan kebutuhan kamu dengan melihat “gambaran besar”. Arsitek yang terampil dapat membantu kamu mengembangkan dan mengintegrasikan daftar persyaratan kamu dengan faktor-faktor kompleks lainnya untuk menciptakan bangunan yang unik hanya untuk kamu, tentunya sesuai dengan kebutuhan yang kamu butuhkan.

Arsitek Dapat Memberikan Solusi Bangunan yang Ekonomis

Seorang arsitek tentu akan membantu kamu dalam mengehamat anggaran biaya yang anda butuhkan saat membangun. Bangunan yang dirancang dengan baik dan berkelanjutan akan lebih efisien dan akan memiliki biaya perawatan yang jauh lebih rendah.

Arsitek yang terampil akan dapat membantu kamu menghindari titik-titik masalah dan memberikan saran terbaik untuk menekan anggaran biaya yang kamu butuhkan.

Arsitek Akan Selalu Mempertimbangkan Berbagai Aspek yang Mungkin Tidak Kamu Pertimbangkan

Bangunan yang dirancang oleh arsitek tentu akan berkontribusi pada kualitas hidup, baik kualitas hidup penghuninya maupun lingkungannya. Lingkungan yang baik dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih harmonis, di mana warga merasa terhubung dan kreativitas dapat direkonsiliasi.

Selain itu, untuk membangun suatu bangunan, tentu harus mempertimbangkan aturan-aturan dalam mendirikan sebuah bangunan. Yang tentunya hal tersebut hanya diketahui oleh orang-orang yang bergelut dibidang pembangunan, dan yang paham secara terperinci dalam sisi perancangannya ialah seorang arsitek.

Arsitek Memiliki Keterampilan yang Dapat Membuat Hidup Kamu Lebih Mudah

Seorang arsitek akan membantu kamu menjelajahi semua opsi yang memungkinkan untuk proyek kamu. Desain pilihan kamu akan didasarkan pada gaya hidup kamu dengan cara yang kamu inginkan untuk menjalani kehidupan. Serta seorang arsitek akan membimbing kamu dalam menentukan setiap langkah dalam proses pembangunan sehingga dapat memudahkan kamu untuk menyelesaikannya.

Arsitek Dapat Membantu Merancang Bangunan yang Ramah Lingkungan

Arsitek yang terampil akan membantu kamu mencapai bangunan yang ramah lingkungan. Desain yang ramah lingkungan tentu akan berkontribusi dalam menjaga kualitas lingkungan. Selain menjaga kualitas lingkungan, kesadaran lingkungan juga dapat menciptakan rancangan bangunan yang bersifat sustainable.

Cek Hal Ini Sebelum Gunakan Jasa Arsitek

Arsitek Memiliki Kecakapan yang Baik Dalam Berkomunikasi

Seorang arsitek memiliki pengalaman berkomunikasi yang efektif melalui kata-kata baik secara lisan maupun tulisan. Sehingga dapat menerjemahkan maksud dan tujuan kamu dengan baik dan lugas kepada kontraktor/ pengawas yang akan membangun proyek yang kamu miliki.

Kamu harus ingat, bahwa kamu akan selalu berada dalam lingkup proses penerjemahan gambar dua dimensi menuju bentuk tiga dimensi selama proyek pembangunan berlangsung, sehingga kamu tentu perlu seorang arsitek untuk menerjemahkannya. Inilah alasan perlu jasa arsitek.

Baca Juga: Apa Benar Biaya Jasa Arsitek Mahal?

Jasa Arsitek Adalah Investasi yang Baik

Menyewa jasa arsitek memang relatif tidak murah. Sama seperti kamu, tidak ada orang yang ingin dihargai rendah untuk kemampuan dan keahliannya. Namun biaya yang dikeluarkan tentu berbanding lurus dengan desain yang akan dihasilkan.

Mengeluarkan biaya sekian persen untuk jasa seorang arsitek tidak akan merugikan bagi kamu. Karena pada dasarnya, seorang arsitek memiliki nalar merancang yang berbeda dari masyarakat biasa pada umumnya.

Segala aspek tentu akan dipertimbangkan secara matang oleh seorang arsitek agar bangunan tersebut dapat nyaman dihuni oleh kamu sekaligus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama yang mungkin tidak anda pertimbangkan. Sehingga secara tidak langsung, arsitek adalah investasi yang baik bagi kamu tanpa anda sadari.


Itulah 10 alasan perlu jasa arsitek untuk kamu ketahui. Walaupun terkadang jasa arsitek tersebut kerap kali terabaikan, namun hal yang kamu abaikan tersebutlah yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pembangunan.

Semuanya kembali ke diri kamu, karena yang perlu kamu ingat bahwa masa depan bangunan kamu, berada ditangan kamu. Alasan perlu jasa arsitek pada akhirnya nanti sepenuhnya sesuai keputusan kamu.

Jika kamu sedang mencari jasa seorang arsitek untuk membangun bangunan impian kamu, bisa hubungi kami disini (Chat Whatsapp Only) untuk mendapatkan jasa desain yang diinginkan. Untuk harga bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki, dan dijamin kamu akan puas dengan desain yang kami berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *