50+ Desain dan Dekorasi Kamar Tidur Sempit yang Estetis

Kamar tidur sempit menjadi suatu ruangan yang kurang nyaman dan pada umumnya tida cocok dijadikan ruangan beristirahat. Kamar tidur adalah ruangan yang paling utama dan harus ada dalam rumah. Kamar tidur menjadi ruang tempat istirahat dan tempat melakukan banyak hal bagi penghuninya.

kamar tidur sempit
sidekix media / unsplash.com

Maka dari itu, penting sekali memiliki kamar dengan penataan yang bagus dan tentunya nyaman. Bagaimana jika kamar kamu memiliki kamar tidur sempit? Kamu perlu memikirkan bagaimana agar ukurannya bisa muat untuk furnitur pribadi. Ada beberapa tips yang perlu diterapkan saat mendekorasi kamar tidur sempit agar hasilnya nyaman.

Utamakan Furnitur yang Penting

    Tips pertama yaitu jangan memasukkan furnitur tidak penting ke dalam kamar tidur sempit, seperti barang elektronik. Utamakan furnitur yang memang dibutuhkan dalam ruangan itu. Karena terlalu banyak barang di dalam kamar yang sempit akan membuat ruangan menjadi pengap dan panas. Maka dari itu, pilihlah barang yang paling kamu butuhkan ya. Agar kamar terasa nyaman dan kamu betah menempatinya.

Memanfaatkan Dinding Kamar

Dinding kamar bisa digunakan untuk menyimpan barang lho. Saat ini ruangan gaya minimalis sangat digemari masyarakat urban. Salah satu desain ruangan yaitu dinding kamar yang juga berfungsi menyimpan barang sehingga ruangan terasa luas. Beberapa contohnya yaitu floating shelf seperti rak buku, aksesoris, dan barang riasan.

Manfaatkan Ruang Kosong

Ruangan yang kosong di dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa barang yang tidak terlalu sering digunakan. Misalnya ruangan di bawah tanah, ini bisa dimanfaatkan sebagai gudang. Sehingga barang tersebut tidak perlu lagi menumpuk di dalam kamar tidur sempit kamu.

Gunakan Sudut Kamar

Sudut kamar bisa juga difungsikan untuk menyimpan barang / furnitur seperti lemari, meja dan lainnya. Sesuaikan sesuai ukuran sudut kamar dengan barang yang cocok ditempatkan di sana.

Rekomendasi Desain Kamar Tidur Sempit

Jika kamu saat ini mencari inspirasi untuk mendekor kamar mungil, berikut ini adalah kumpulan rekomendasi desain kamar tidur sempit yang estetis dan minimalis.

1. Kamar Tidur Sempit Earth Tone

Warna earth tone saat ini menjadi hal trendy dalam dunia interior, nuansa earthy dan kehangatan yang tercipta dari warna tersebut menjadi ciri khas ruangan. Kamar sempit bisa lebih kece dengan background tekstur kayu dan bata ekspos. Paduan warna coklat dan hitam menambah kesan yang hangat dan lebih tegas.

kamar tidur sempit
renoguide.com

Jika kamu menyukai alam dan tanaman hijau, bisa menggunakan furnitur kamar berwarna hijau tua dan coklat kayu. Kemudian menambahkan tanaman-tanaman indoor agar kamar lebih earthy dan segar.

kamar tidur sempit
olivia / pinteres.com

Warna-warna earthy dan putih pun dapat dikombinasikan. Kombinasi ini membuat ruangan kamar terasa bersih, luas dan nyaman.

kamar tidur sempit
natalie bazar / pinterest.com

Kamar yang sempit dapat memberi kesan luas dan lapang karena dominan mengaplikasikan warna putih.

kamar tidur sempit
elledecor.com

2. Kamar dengan Dinding Cermin

Agar tidak terasa sempit dan tetap nyaman, kamar tidur sempit juga bisa mengaplikasikan kaca pada setiap dinding.

kamar tidur sempit
decorfacil.com

Selain itu, ruang penyimpanan seperti lemari berukuran besa bisa juga menggunakan full kaca, sehingga kesan kamar sempit berkurang dan terasa luas.

kamar tidur sempit
bocadolobo.com

Jika tidak terlalu nyaman menggunakan kaca dinding pada seluruh ruangan, kamu bisa mengaplikasikannya pada bagian belakang kasur kamu.

kamar tidur sempit
houseandgarden.co.uk

Full kaca tidak selamanya menjadi favorit semua orang, bisa juga menggunakan kusen agar terlihat rapi. Kamar yang memiliki pemandangan luar sangat baik untuk menggunakan kaca agar ruangan tersebut terasa lapang.

kamar tidur sempit
houzz.com

3. Kamar Tidur Sempit Putih Modern

Bagi kamu yang menyukai warna putih dan minimalis, berikut ini beberapa rekomendasi desain putih modern untuk kamar tidur sempit. Kamu bisa mengkombinasikan warna putih dengan kayu dan warna hitam agar terlihat segar dan nyaman.

kamar tidur sempit
tinyliving.com

Kamar tidur dengan nuansa putih menyeluruh membuat kamar terasa lapang, bersih dan bikin betah.

kamar tidur sempit
schoolhouse.com

Kombinasi antara warna putih dan hitam membuat nuansa kamar lebih tegas dan bergaya instagramable.

kamar tidur sempit
apartmentthertaphy.com

Begitupun kombinasi antara putih dan abu-abu yang menciptakan kesan lembut dan hangat untuk ruang istirahat yang nyaman.

kamar tidur sempit
pbteen.com

4. Konsep Industrial Vintage

Bukan hanya diperuntukkan sebagai konsep interior sebuah cafe, konsep industrial vintage pun juga berlaku pada interior kamar tidur. Pemanfaatan kayu dan pipa hitam yang dikombinasi putih memberi kesan industrial yang minimalis dan lembut.

kamar tidur sempit
apartmenttheraphy.com

Konsep yang satu ini sangat terlihat konsep industrial vintagenya mulai dari penggunaan setengah bata ekspos dan semen, tangga kayu, hollow, dan warna-warna earthy.

kamar tidur sempit
decoratedlife.com

Kamar sempit kamu juga bisa keren dengan kombinasi furnitur industrial dengan warna-warna vintage, membuatnya lebih klasik dan mewah. Ditambah dengan lampu yang elegan.

kamar tidur sempit
amazon.com

Cukup menggunakan furnitu berkonsep industrial pada kamar serba putih memberi kesan yang minimalis dan nyaman untuk dihuni.

kamar tidur sempit
azuro-republik.com

5. Kamar berkonsep Floathing Shelves

Memanfaatkan ruang pada bagian atas sebagai rak penyimpanan khusus perabot di kamar tidur, bisa dilakukan dengan floathing shelves atau ambalan.

kamar tidur sempit
brit.co

Kombinasi antara ambalan dan tempat tidur berada di atas menambah kesan minimalis, dan tentunya menyimpan space untuk perabot yang lain.

kamar tidur sempit
homestolove.com.au

Ambalan pada sudut kamar juga merupakan salah satu ide yang keren dan membuat kamar sempit lebih lapang.

kamar tidur sempit
countryliving.com

6. Penyimpanan Bawah Tempat Tidur

Kamar tidur sempit membuat kita kewalahan memikirkan cara agar barang-barang tetap tertata rapi. Maka dari itu, salah satu solusi adalah menggunakan rak penyimpanan di bawah kasur.

kamar tidur sempit
etsy.com

Rak penyimpanan pada bawah kasur bisa menyimpan berbagai jenis barang dan kebutuhan kamu, seperti sepatu, baju, dan aksesoris lainnya. Berbagai jenis rak bisa kamu gunakan seperti rak berwarna putih, sehingga kamar terlihat lebih bersih.

kamar tidur sempit
planete-deco.fr

Rak bawah kasur yang di desain dengan banyak kotak, bisa untuk menyimpan berbagai jenis barang di kamar sempit kamu.

kamar tidur sempit
netluxury.com

Kotak penyimpanan di bawah kasur memiliki banyak jenis, seperti kotak bergaya klasik, bisa juga berwarna hitam, putih dan lainnya sesuai selera kamu.

kamar tidur sempit
dailysia.com

Baca Juga: 15 Inspirasi Kamar Tidur Kecil yang Kekinian dan Terasa Luas

7. Kamar berkonsep Pull-Out Closets

Ada banyak solusi agar kamar tidur sempit terasa lapang, yaitu dengan menerapkan ide penyimpanan berkonsep pull-out closets. Tempat penyimpanan baju dengan bukaan yang ditarik, hal ini membuat ruangan lebih minimalis.

kamar tidur sempit
apartment.selbermachendeko.com

Mengaplikasikan gaya bukaan tarik membuat ruangan kamar terasa lebih nyaman tanpa adanya pemandangan baju atau aksesoris yang berserakan.

kamar tidur sempit
homedit.com

Model penyimpanan berbahan kayu saat ini masih digemari oleh beberapa kalangan masyarakat. Terlihat lebih elegan dan hangat.

kamar tidur sempit
smallhousebliss.com

Untuk mendapatkan furnitur pull-out closet, kamu bisa mengatur kecocokan ukuran dan modelnya di toko-toko furnitur andalan kamu. Desainer dapat membantumu membuatnya lebih bagus dan pas untuk kamar sempit.

kamar tidur sempit
architizer.com

8. Penyimpanan di Belakang Pintu

Pintu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan loh. Mungkin cara ini sudah umum di kalangan masyarakat, belakang pintu dijadikan tempat gantungan baju. Nah untuk yang satu ini, kamu bisa menaruh tas dan dompet.

kamar tidur sempit
countryliving.com
kamar tidur sempit
wayfair.com

Selain itu, bagi para pecinta buku atau nerdy, ini bisa jadi inspirasi kamu. Memanfaatkan belakang pintu menjadi rak simpanan buku kamu. Keren kan.

kamar tidur sempit
westerndesigarchitects.com

Membuat rak belakang pintu pun juga bisa, sebagai tempat menyimpan aksesoris, bingaki foto dan lainnya.

kamar tidur sempit
rosana almeida / pinterest.com

9. Rak Atas Tempat Tidur

Opsi lain untuk membuat kamar sempit kamu lebih lapang yaitu dengan menerapkan rak penyimpanan aksesoris di atas kasur.

kamar tidur sempit
casa.abril.com.br

Rak atas kasur seperti ini biasanya diisi dengan buku=buku, tanaman, pengharum ruangan, foto, dan aksesori lain.

kamar tidur sempit
freshideen.com

Jika ingin membuat size penyimpanan yang besar bisa menerapkan gaya seperti gambar di bawah ini. Terlihat lebih elegan dan tegas dengan background hitamnya.

kamar tidur sempit
emilyaclark.com

10. Rak Sudut Kamar

Selain rak atas kasur, kamu juga bisa menerapkan rak di sudut kamar. Sudut kamar pada umumnya kosong atau hanya dijadikan tempat untuk meletakkan pot tanaman. Tetapi, kali ini kamu bisa memafaatkannya menjadi rak untuk menyimpan barang.

kamar tidur sempit
homebnc.com

Model rak sudut kamar seperti ini sangat unik dan bisa dipakai untuk menaruh buku, kamera ataupun benda lain sesuai selera kamu.

kamar tidur sempit
madamedecore.com

Selain rak, sudut kamar bisa juga loh dimanfaatkan sebagai letak meja belajar.

kamar tidur sempit
homestolove.com.au

Meja belajar model memanjang juga efektif untuk kamar yang sempit, model ini dangat cocok diaplikasikan pada kamar anak kost.

kamar tidur sempit
casadevalentina.com.br

11. Tempat Tidur Sudut Kamar

Sudut kamar yang bisa menjadi tempat yang serbaguna, selain rak penyimpanan dan meja belajar, bisa juga meletakkan tempat tidur pada sudut kamar. Model segitiga seperti di bawah ini juga sangat efektif dan elegan untuk dijadikan inspirasi kamar tidur sempit.

kamar tidur sempit
lindsaybottos.tumblr.com
kamar tidur sempit
society19.com

Model seperti di bawah ini juga sangat menarik, level tempat tidur yang berbeda dengan dinding utama. Sehingga kamar memiliki banyak tempat lapang yang bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain.

kamar tidur sempit
clemaroundthecorner.com
kamar tidur sempit
contemporist.com

12. Tempat tidur tersembunyi

Tempat tidur adalah furnitur utama yang tentunya harus ada dalam kamar tidur, dan juga menempati ruang paling banyak di kamar. Ada beberapa desain tempat tidur yang cocok untuk kamar tidur sempit kamu.

kamar tidur sempit
yahoo.com

Tempat tidur lipat sangat efektif untuk ruangan dengan ukuran yang sempit. Kamu bisa memilih berbagai jenis dan desain tempat tidur lipat yang sesuai degan selera.

kamar tidur sempit
hgtv.com

Selain berwarna putih, abu-abu, tempat tidur bergaya vintage juga sangat trendy untuk kamar mungil. Memakai tempat tidur lipat bisa membuat penataan kamar menjadi rapi dan terasa lebih lapang.

kamar tidur sempit
decoist.com

Selain tempat tidur lipat, kamu bisa menyembunyikan tempat tidur pada bagian atas. Model ini terbilang unik, tempat tidurnya yang terlihat mengambang membuat kamar lebih lapang dan juga sangat menantang untuk di terapkan.

kamar tidur sempit
livinginashoebox.com

13. Kamar Sempit di Loteng

Bagi kamu yang memiliki ruang kosong di loteng, bisa kok di desain menjadi kamar tidur yang keren, elegan dan nyaman. Loteng biasanya berukuran kecil, sehingga perlu menatanya dengan baik dan minimalis. Berikut ini beberapa model desain interior kamar tidur sempit khusus loteng.

kamar tidur sempit
homestratosphere.com
kamar tidur sempit
marthastewart.com
kamar tidur sempit
dwell.com
kamar tidur sempit
flickr.com

Baca Juga: 50+ Desain Kamar Ibu dan Bayi Minimalis dan Clean. Yuk Intip Dekorasinya!

Demikianlah beberapa inspirasi desain dan solusi untuk kamu yang memiliki kamar tidur sempit. Semoga rekomendasi ini bisa menjadi indpirasi dan ide baru untuk kamu terapkan di kamar tidur agar terasa lapang dan tentunya nyaman dihuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *