15 Model Keramik Lantai Rumah yang Elegan

Percaya atau tidak, keramik lantai dapat dikatakan sebagai salah satu elemen paling penting pada desain rumah.

Walaupun sudah sering digunakan, bukan berarti keramik lantai menjadi pilihan yang sudah mainstream serta membosankan lho. Dengan pemilihan yang tepat akan pola, jenis, dan kreativitas, keramik lantai dapat memberikan nilai estetis yang tidak kalah kerennya dari material flooring lainnya.

Nah berikut ini, berbagai alternatif model keramik lantai rumah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi desain kamu.

Keramik Lantai Printed

Keramik Lantai Printed
Keramik Lantai Printed

Teknologi dalam pembuatan keramik lantai rumah saat ini sudah semakin maju. Salah satunya ialah keramik lantai printed yang dapat memungkinkanmu dalam mengaplikasikan berbagai motif apapun pada permukaan keramik lantai. Artinya, kamu dapat menghadirkan berbagai pola modern maupun pola gambar tertentu di permukaan lantai ruanganmu.

Mulai dari motif geometrik hingga dengan berbagai motif floral bisa kamu realisasikan pada permukaan lantai melalui keramik lantai. Dengan teknologi ini, kamu dengan mudah menciptakan dekorasi rumah yang elegan serta kreatif sesuai idamanmu.

Dalam memilih pola keramik lantai rumah memang terbilang susah, namun yang terpenting ialah kamu dapat menyesuaikan pola pilihanmu dengan dimensi ruang yang kamu miliki sehingga terlihat presisi dan proporsi.

Tips untuk kamu, khusus untuk ruangan dalam rumah kamu yang berdimensi cukup besar, hindari penggunaan keramik dengan ukuran kecil. Sedangkan untuk kamu yang memiliki ruangan sempit, hindari penggunaan keramik lantai yang bermotif terlalu ramai dan padat, dikarenakan hal tersebut dapat membuat ruangan terasa lebih sesak.

Pemasangan keramik tidak selamanya dilakukan dengan pemasangan sejajar secara vertikal, horizontal ataupun cara konvensional lainnya. Kamu dapat mengkreasikan keramik lantai rumah kamu dengan berbagai ukuran diluar persegi, kemudian menatanya dengan pola-pola yang menarik, mulai dengan pola diagonal maupun subway.

Namun kamu juga perlu ingat, hati-hati dalam memilih dekorasi rumah, jangan sampai kamu salah dalam pemilihan, karena pemilihan perabot rumah yang kurang tepat dalam membuat keramik lantai kamu mengalami kerusakan.

Motif Keramik Lantai Rumah Grayscale

Keramik Lantai Rumah Greyscale
Keramik Lantai Greyscale

Model Keramik lantai rumah kali ini, kini semakin populer seiring meningkatnya jumlah peminat konsep industrial. Bermotif abu-abu seperti halnay semen dan permukaan beton, menjadikan keramik lantai grayscale ini menjadi sangat popular.

Warnanya yang gelap namun kalem, membuat lantai ini sangat cocok digunakan di area dapur maupun ruang tamu yang menerapkan konsep industrial yang terlihat elegant. Untuk penggunaan keramik lantai grayscale yang lebih maksimal, hindari penggunaan material ataupun furniture yang menggunakan warna kontras. Sehingga nuansa grayscale dapat ter-show up

Keramik Lantai Motif Batu Alam

Lantai Batu Alam
Keramik lantai Motif Batu Alam

Batu alam seperti halnya marmer dan granit, memang tidak pernah gagal dalam menghadirkan kemewahan pada lantai rumah hunian. Namun, untuk mengaplikasikannya, kamu harus mmepersiapkan budget yang tidak sedikit. Selain harganya yang cukup mahal, kamu harus mengeluarkan biaya khusus untuk perawatannya.

Namun, kamu tidak perlu cemas, dikarenakan motif batu alam bisa kamu dapatkan pada keramik lantai. Tips untuk kamu, agar penampilan lantai lebih maksimal,usahakan untuk menggunakan keramik lantai bermotif batu alam yang lebih besar dimensinya, agar dapat menjaga kesan elegantnya.

Selain harganya yang lebih terjangkau, keramik lantai ini juga lebih mudah dalam pemasangannya berbeda dengan pemasangan batu alam. 

Baca Juga : 10 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Desain Rumah

Keramik Lantai Lantai Monokrom

Lantai Monokrom
Keramik Lantai Monokrom

Bila keramik lantai rumah dengan pilihan satu warna terasa membosankan untuk kamu, kombinasi warna menjadi solusi terbaik untuk kamu. Perpaduan antara warna hitam dan putih contohnya.

Kamu dapat menata keramik lantai dengan motif chess board seperti halnya papan bidak catur. Untuk keramik lantai dengan pola monokrom, pilih armatur yang sesuai. Dikarenakan apabila kamu salah dalam pemilihan warna pencahayaan,  kamu bisa membuat nuansa monokrom rumah kamu terasa kurang atractive.

Selain memadukan pola dengan ukuran keramik lantai sejenis, kamu juga bisa menghadirkan kesan monokrom dengan memadukan tile berukuran mini pada setiap pertemuan keramik lantai berwarna putih. Lantai berpola monokrom sangat cocok kamu gunakan pada dapur, ruang ganti serta kamar mandi.

Keramik Lantai Mozaik

Lantai Mozaik
Keramik Lantai Motif Mozaik

Keramik lantai rumah bermotif mozaik termasuk kedalam motif keramik lantai bertema klasik yang tetap terlihat elegant. Saat kamu bosan dengan penataan motif mozaik dengan tile berukuran mini kotak, kamu bisa menggantinya dengan berbagai motif mozaik lainnya yang lebih menarik tentunya.

Umumnya model keramik lantai ini digunakan pada eksterior bangunan yakni pada teras dan halaman rumah, juga kadang digunakan pada kamar mandi, dikarenakan dapat memberikan tekstur sedikit kasar (anti-licin) ketika berpapasan dengan eleemen air.

Keramik Lantai Berpola Etnik

Lantai Berpola Etnik
Keramik Lantai Berpola Etnik

Buat kamu yang senang dengan gaya tradisional dan klasik. Namun tetap ingin tampil dengan elegant, kamu bisa menjadikan referensi model diatas sebagai alternative pilihan desain kamu. Walaupun bermotifkan etnik, namun sangat cocok untuk kamu gunakan pada ruangan favoritmu, namun tetap kombinasikan dengan tile bermotif polos untuk hasil yang lebih maksimal.

Gunakan furniture yang memiliki warna seirama dengan tile motif pilihanmu agar tidak terlihat padat nantinya. Ada berbagai macam motif yang bisa menjadi pilihan referensimu, dimulai dari motif ukir simetrikal ala maroko sampai dengan motif kawung yang biasanya terdapat pada batik. Apapun pilihanmu, kamu harus tetap memperhatikan kesesusainnya dengan fungsi ruangan kamu

Keramik Lantai Bermotif Geometrik

Lantai Geometrik
Keramik Lantai Bermotif Geometrik

Kali ini, motif geometrik menjadi referensi paling recommended untuk kamu yang sudah bosan dengan model square tile. Motif ini selain berkonsep modern, juga menampilkan kesan yang sangat elegant.  Susunan pola geometrik pada keramik lantai kamu kali ini akan membuat lantai rumah idamanmu menjadi anti-mainstream.

Keramik Lantai Berpola Abstrak

Lantai Berpola Abstrak
Keramik Lantai Berpola Abstrak

Buat kamu yang bosan dengan desian keraamik lantai dengan warna solid itu saja. Kamu bisa mengkreasikan warna keramik lantai kamu dengan dimensi yang berbeda-beda untuk menampilkan tampilan menarik dan elegant. Desain lantai yang menarik dapat memberikan pengaruh besar untuk hasil interior ruangan kamu.

Percaya maupun tidak, keramik lantai dengan pemasangan yang abstrak dapat membuat interior kamu jauh lebih artistic dan elegant. Dan dapat membuat ruangan kamu jauh lebih hidup dan berwarna. Untuk hunian minimalis, kamu bisa mengaplikasikan keramik lantai kamu dengan variasi tone warna sederhana. Misalnya memadukan antara warna hitam, putih dan abu-abu. Juga dapat memadukan warna putih, abu-abu, dan orange.

Keramik Lantai Bata

Lantai Bata
Keramik Lantai Bata

Alternatif kali ini merekomendasikan keramik lantai dengan motif Lantai bata. Mungkin motif tersebut masih cukup asing untuk kamu. Namun alternative ini bisa kamu aplikasikan pada teras depan rumah untuk menampilkan konsep rustic yang lebih elegant.

Namun, jika kamu memiliki gaya yang berani untuk mencoba hal baru, kamu bisa mengaplikasikan keramik lantai bata pada interior kamu selama penataan elemen furniture dapat kamu hendle agar terlihat selaras dengan konsep interior yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga perawakannya agar tidak mudah rusak.

Keramik lantai bata mempunyai dua jenis pilihan, yakni berbentuk persegi dan persegi Panjang. Seperti halnya ukuran batu bata. Kamu dapat mengkombinasikan penyusunan keramik untuk memberikan kesan kehidupan pada interior bangunan. Diagonal dan selang seling merupakan pola penyusunan keramik yang dapat kamu aplikasikan di interior kamu.

Keramik Lantai Kayu

Lantai Kayu
Keramik Lantai Kayu

Bosan dengan tampilan keramik lantai bata, granit dan marmer? Keramik lantai kayu dapat hadir menjadi solusi baru buat kamu. Bermotif kayu tentu akan memberikan kesan natural dan alamiah pada ruangan kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa keramik lantai kayu memerlukan perawatan yang rutin, agar esensinya tetap terjaga. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan keramik lantai pada umumnya.

Keramik Lantai Granit

Lantai Granit
Keramik Lantai Granit

Lantai keramik granit mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu. Lantai jenis ini sudah umum digunakan, selain dikarenakan memiliki motif yang mewah karena glossy (mengkilap), Lantai granit juga memiliki tekstur yang jauh lebih padat dibandingkan dengan marmer.

Sehingga, sangat cocok diaplikasikan pada daerah yang sering terkontaminasi dengan air. Seperti halnya kamar mandi. Salah satu kelebihan dari keramik lantai granit, ialah lantai ini lebih mudah untuk dibersihkan. Dan keunggulan lainnya ialah, jenis keramik ini sukar untuk mengalami goresan.

Baca Juga : Mengenal Lantai Granit Termasuk Kelebihan dan Kekurangannya

Keramik Lantai Travertine

Lantai Travertine
Keramik Lantai Travertine

Mungkin buat kamu yang awam dengan desain interior, masih asing dengan kata Travertine. Model travertine ini memiliki motif pasir dengan estetika alami dan tekstur sedikit pecah. Garis pecahan yang tidak beraturan membuat model keramik lantai ini semakin unik.

Model keramik lantai travatine sangat cocok digunakan pada ruang tamu, karena keindahan dan kemewahannya. Yang harus kamu ingat, ketika kamu memilih model keramik lantai ini, kamu harus rajin untuk membersihkannya, karena keramik  ini memiliki pori-pori yang sering terendap kotoran seperti debu rumahan.

Keramik Lantai PVC

Lantai PVC
Keramik Lantai PVC

Keramik Lantai PVC Terbuat dari adonan stone salt, kapur, serta batu gamping, ini dapat tampil dengan berbagai warna dan corak.

Kelebihan dari lantai PVC ialah mudah untuk diaplikasikan, harga relatif murah, bahkan tahan terhadap air. Desain lantai PVC juga dapat meredam getaran, sehingga tidak akan berisik saat diinjak.

Keramik Lantai Linoleum

Lantai Linoleum
Keramik Lantai Linoleum

Desain keramik lantai linoleum berasal dari bahan-bahan yangs alami sehingga sangat cocok diaplikasikan di ruang keluarga, dikarenakan tidak dapat menimbulkan alergi. Desain lantai linoleum sudah tersedia dalam beragam warna serta tidak licin sehingga tidak membahayakan bagi anak-anak dan ibu hamil.

Desain keramik lantai linoleum juga gampang untuk dibersihkan, agar penggunaan dapat bertahan lama, gunakan cairan pelapis anti abrasi. Pelapis ini dapat mencegah lantai linoleum mengalami keropos akbiat terkontaminasi dengan air.

Keramik Lantai Beton

Lantai Beton
Keramik Lantai Beton

Jika kamu ingin desain lantai yang berkonsep maskulin serta tegas, maka desain lantai motif beton ini bisa menjadi pilihanmu. Desain keramik lantai beton juga sangat cocok diaplikasikan pada rumah dengan konsep kotemporer. Kamu bisa memilih hasil desain yang matte atau pun glossy sesuai dengan selera dan kesan yang kamu ingin tunjukkan.

Selain itu, kamu juga sdapat menuangkan seluruh kreativitas kamu dengan memilih sendiri perpaduan warna dan motif pada desain lantai beton. Selain kokoh, keramik lantai beton juga terbilang mudah dalam perawatannya.

Itulah beberapa model keramik lantai yang dapat membuat rumah kamu terlihat semakin elegan, semoga bermanfaat and see u in the next article !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *