Kenapa Rumah Banyak Cicak? Berikut 13 Cara Menghilangkan Cicak yang Ampuh!

Memiliki kesamaan dengan semut dan kecoak, rumah banyak cicak juga membuat penghuni resah dan jengkel. Cicak merupakan salah satu hama rumah yang sangat umum ditemukan di setiap rumah-rumah di Indonesia. Walaupun cicak tidak berbahaya, tetapi kemunculan dan kelakuannya membuat penghuni rumah merasa jijik. Cicak seringkali menyebarkan kotorannya di setiap tempat, baik itu di ruang tamu, kamar bahkan di dapur. Nah, di dapur tentu sangat jengkel jika melihat banyak cicak berkerumum dan membiarkan kotorannya jatuh di mana saja, bahkan pada makanan! Ew!

rumah banyak cicak
unsplash.com

Kotoran cicak inilah yang memiliki kandungan bakteri E.coli dan bisa menyebabkan sakit perut jika cicak menyentuh makanan maupun gelas dan piring. Begitu juga dengan air liur dan kulit cicak yang mengandung bakteri.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan beberapa cara bagi kamu yang memiliki rumah banyak cicak. Berikut ini 13 cara mengusir cicak dari rumah bagi kamu yang mempunya rumah banyak cicak.

Tetap Menjaga Kebersihan

Rumah banyak cicak biasa disebabkan karena kebersihan yang tidak terjaga. Tempat yang paling disukai oleh cicak adalah ruangan yang hangat dan lembab, ruangan seperti inilah kita bisa melihat banyak cicak berkeliaran dan bahkan bertelur. Maka dari itu, perlu sekali untuk menjaga setiap bagian rumah agar tetap bersih, khususnya pada bagian dapur dan ruang makan.

Spot favorit cicak yaitu lemari yang berada di bawah westafel, karena itu tempat tersebut perlu diperiksa secara rutin. Selalu periksa agar tetap kering, disarankan gunakan surat kabar sebagai lapisannya. Jangan lupa sering-sering mengganti koran tersebut untuk menghindari terjadinya pembusukan kayu pada lemari tersebut agar tidak rusak.

Cairan Pengusir Nyamuk

Jika kamu memiliki penyemprot nyamuk, itu merupakan hal yang bagus. Apa hubungannya penyemprot nyamuk dengan cicak? Cicak tidak menyukai aroma dari bahan kimia, karena itu cairan pengusir nyamuk pun bisa juga digunakan untuk membasmi cicak dari ruangan. Hal ini merupakan salah satu cara yang efektif karena penggunaannya sangatlah mudah. Cairan pengusir nyamuk tersebut hanya perlu disemprot pada area yang sering dilalui cicak.

Setelah disemprot, cicak akan mabuk akibat menghirup aroma dari bahan kimia pengusir nyamuk tersebut.

Jangan biarkan makanan terbuka

Membiarkan makanan terbuka tanpa menutupnya sama sekali, hal inilah yang menjadi sasaran cicak. Perlu hati-hati saat menyimpan makanan, maka dari itu tudung saji sangat bermanfaat melindungi makanan dari gangguan cicak. Selain itu memanfaatkan tudung saji, bisa juga disimpan di dalam kulkas.

Air liur cicak mengandung bakteri. Jika cicak menyentuh makanan tanpa sepengetahuanmu, kemudian tanpa sadar kamu memakannya. Jangan sampai hal ini terjadi. Sebab akan membuatmu sakit perut akibat makanan terkontaminasi dengan air liur dari cicak.

Selain makanan yang masih bagus untuk dikonsumsi, makanan sisa pun membuat tertarik cicak untuk bersarang di ruangan tersebut. Contohnya saja di dapur, makanan sisa atau basi biasanya dikumpulkan di dekat tempat cuci piring terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan khusus. Jika makanan basi disimpan terlalu lama, hal ini bisa memicu cicak bersarang, sering berkeliaran dan membuat rumah banyak cicak. Jadi ingat guys, kebersihan yang utama.

Memanfaatkan Pendingin Ruangan

Ternyata pendingin ruangan juga bisa mengusir cicak loh. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan cicak merupakan spesies binatang yang berdarah panas. Itu artinya cicak tidak suka dengan tempat yang memiliki temperatur dingin. Pendingin ruangan seperti AC bisa berpengaruh untuk mengusir cicak dan juga menjauh di dalam ruangan yang ber-AC tersebut. Jadi, jangan heran jika rumah yang memiliki AC tidak membuat rumah banyak cicak.

Manfaat Memelihara Kucing

Cara yang satu ini sangat menguntungkan bagi mereka yang memelihara kucing di rumah guys. Kucing di rumah bisa mengusir cicak, hal ini disebabkan karena kucing menyukai hewan berukuran kecil. Apalagi hewan kecil seperti kecoa dan cicak yang memiliki gerakan lincah. Memanfaatkan peliharaan kucing di rumah merupakan salah satu cara yang efektif dan menguntungkan dalam mengurangi gangguan cicak. Jika kucing menemukan cicak, cicak tersebut akan dimainkan dan ditangkap hingga mati. Jika kamu mempunya rumah banyak cicak dan menyukai kucing, cara ini cocok untuk masalah cicak di rumahmu.

Baca Juga: Rumah Banyak Semut Merah Pertanda Apa? Berikut 8 Cara Mengusir Semut!

Cangkang Telur

Jika memiliki telur di rumah, kulitnya jangan dibuang yah. Cara yang satu ini merupakan cara alami bagi penghuni dengan rumah banyak cicak yaitu dengan menggunakan kulit atau cangkang telur. Kulit telur memiliki kandungan sulfur yang bisa menyebabkan perut cicak terasa terbakar. Selain itu, aroma dari kulit telur memiliki persamaan persis dengan bau paruh burung yang merupakan predator alami cicak. Maka dari itu, cara alami ini efektif dalam mencegah cicak berkeliaran pada area yang telah diberikan kulit telur di sekitarnya. Disarankan untuk mengganti kulit telur setiap tiga minggu dengan rutin agar hasilnya bagus.

Kopi

Bahan alami selain cangkang telur yaitu kopi. Bagi kalian yang selalu sedia kopi di rumah sangat beruntung, kopi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Aroma dari kopi dibenci oleh cicak, cicak akan menjauhi ruangan jika tercium aroma bubuk kopi.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bahan dapur yang sering ditemui di dapur seperti bawang merah dan bawang putih bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Aromanya yang menyengat membuat cicak tidak tahan dan akan menjauh jika terdapat bawang merah atau bawang putih di dalam ruangan. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menggantungkan bawang putih ataupun bawang merah di sekitar rumah atau simpan dekat pintu dan jendela. Dengan cara itu, cicak akan menjauh dan tidak sering berkeliaran lagi.

Bola Naftalena

Bola naftalena atau biasa disebut dengan kapur baru ini dapat mengusir cicak. Cicak membenci bau dari bola naftalena tersebut sehingga cicak akan menjauh. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa bola naftalena pada tempat yang sering didatangi cicak. Perlu diingatkan bahwa harus hati-hati jika membeli dan menggunakan bola naftalena yang berwarna menyerupai permen tersebut. Letakkan di tempat yang tidak dijangkau oleh anak-anak. Kemiripannya dengan permen bisa berbahaya pada anak-anak, jangan sampai mereka tanpa sengaja menelannya.

Bubuk Cabai, Lemon, Cuka

Cicak juga tidak menyukai bau lemon dan cukai, sedangkan bubuk cabai bisa menyebabkan iritasi pada tubuh cicak khususnya bagian mata, kulit, dan hidung. Ketiga bahan alami ini sekaligus dicampurkan dan dimasukkan pada botol semprot. Kemudian semprotkan pada area berkumpulnya cicak.

Serai

Serai efektif mengusir nyamuk. Nyamuk merupakan makanan kesukaan cicak. Jika serai digunakan untuk mengurangi populasi nyamuk, cicak bakal kelaparan. Cicak kelaparan setelah sumber makanannya berkurang dan hal ini menyebabkan cicak kesulitan berkembang biak. Maka dari itu, selain mengurangi populasi nyamuk serai juga bermanfaat untuk mengurangi populasi cicak. Letakkan serai di sekitar rumah.

Air Dingin

Tubuh cicak tidak mampu beradaptasi dengan suhu dingin, karena itu kamu bisa membuat pengusir cicak dengan air dingin. Memanfaatkan air dingin dengan menyimpannya pada botol semprot agar lebih mudah untuk digunakan.

Cairan Pembasmi Cicak

Rekomendasi cara yang terakhir untuk mengatasi rumah banyak cicak adalah membeli cairan pembasmi cicak. Meggunakan racun cicak merupakan cara efektif dan mudah. Pembasmi cicak akan membuat cicak mati dan membuat rumah banyak cicak menjadi berkurang dan tidak mengganggu penghuni.

Baca Juga: 11 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second

Demikianlah 13 cara mengusir dan menghilangkan cicak dari rumah. Beberapa rekomendasi cara di atas ada yang alami ada juga yang memakai bahan kimia. Tentukan dan pilihlah cara yang sesuai keinginan dan kemampuan kamu. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian para penghuni rumah banyak cicak. Awalnya yang memiliki rumah banyak cicak bisa terhindar dari gangguan cicak setelah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *